Business Update

Dari Perusahaan Telekomunikasi Menjadi Digital Telco Company

Dari Perusahaan Telekomunikasi Menjadi Digital Telco Company

Tahun 2020 telah ditutup dengan manis oleh PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Di penghujung tahun lalu, perusahaan telekomunikasi ini meraih predikat terbaik pada 2020 Cloudera Data Impact Awards. Sebuah ajang kompetisi yang diikuti 1.400 perusahaan dari berbagai belahan dunia.

Telkomsel dinilai mampu melakukan transformasi digital secara menyeluruh untuk mengembangkan pengalaman digital pelanggan dan meng­identifikasi model bisnis baru yang berkelanjutan. Transformasi digital yang dilakukan Telkomsel dalam beberapa tahun terakhir menyentuh seluruh aspek dalam perusahaan, mulai dari SDM, kultur kerja, hingga produk dan layanan yang diciptakan.

Pencapaian ini tentu tak semudah membalikkan tangan. Selama lebih dari 26 tahun, Telkomsel selalu berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik bagi pelanggan melalui jajaran produk dan layanannya. Telkomsel selalu berkomitmen menemani setiap langkah dan aspek kehidupan masyarakat Indonesia melalui penyediaan akses dan teknologi jaringan tercanggih dan terluas.

Telkomsel terus bergerak maju memberikan lebih banyak peluang melalui pengembangan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan untuk bangsa, serta memberikan manfaat teknologi digital untuk mendukung kehidupan masyarakat dalam membuka lebih banyak peluang bagi semua.

Sebagai connectivity ena­bler, Telkomsel secara konsisten mendampingi negeri melalui jaringan mobile broadband de­ngan teknologi terkini, mulai dari 1G, 2G, 3G, 4G, dan sebagai the first 5G operator di Indonesia.

Rachel Goh, Direktur Marketing Telkomsel

Namun, dengan memahami kebutuhan seluruh pemangku kepentingan dan pelanggan akan konektivitas yang lebih baik seiring dengan perkembang­an waktu dan teknologi, serta untuk menja­wab tantangan industri yang lebih terintegrasi, Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital (digital telco company) terkemuka memahami pentingnya membawa semangat baru yang transformatif dan brand rejuvenation dalam menjawab berbagaikebutuhan masyarakat dan industri yang muncul.

“Menjadi perusahaan Telekomunikasi saja tidak lagi cukup dalam menghadirkan perubahan-perubahan transformatif yang lebih bermakna untuk generasi saat ini dan yang akan datang. Teknologi digital yang terus berkembang pesat dari waktu ke waktu membuat Telkomsel dan masyarakat Indonesia harus menggali lebih dalam berbagai potensi dari adopsi gaya hidup digital yang menyeluruh,” kata Rachel Goh, Direktur Marketing Telkomsel.

Untuk itu, pada 18 Juni 2021, Telkomsel memperkenalkan identitas yang baru sebagai simbol perubahan, yang juga menandakan sebuah awal perjalanan guna membuka lebih banyak peluang bagi setiap lapisan masyarakat dan mewujudkan komitmen menjadi perusahaan digital terdepan di Indonesia. Semangat pembaruan tersebut juga didorong dengan penggunaan slogan citra #BukaSemuaPeluang.

Transformasi yang dilakukan Telkomsel juga dilengkapi dengan serangkaian nilai-nilai baru yang diaktualisasikan ke dalam bentuk integrasi produk dan layanan berbasis digital yang lebih menyeluruh.

Pertama, Integrity. Se­bagai salah satu perusahaan paling terpercaya di negara ini, Telkomsel identik dengan keandalan, kualitas, dan aksesibilitas. Telkomsel telah mendapatkan platform kepercayaan ini de­ngan selalu menindaklanjuti komitmen perusahaan dan secara konsisten selalu transparan dan jujur ​​dalam semua interaksi dengan pelanggan, mitra, dan pemangku kepentingan.

Kedua, Purposeful. Sebagai flag carrier Indonesia dan perusahaan yang fokus pada pelanggan, Telkomsel dipandu oleh pelanggan dan ambisi mereka dalam hidup. Telkomsel memiliki tujuan untuk selalu melakukan apa yang terbaik bagi pelanggan dan masyarakat, dan bukan hanya untuk kemajuan Telkomsel.

Ketiga, Empowering. Telkomsel berupaya menyediakan produk dan layanan terbaik yang memungkinkan pelanggan dan masyarakat tidak memiliki batasan pada apa yang dapat mereka capai. Telkomsel akan selalu berinisiatif, terbuka dengan energi yang mereka miliki untuk dibagikan bersama kepada mas­yarakat.

Keempat, Exciting. Telkomsel adalah perusahaan yang dinamis di sektor yang terus bergerak, dengan selalu mengha­dirkan ragam inovasi solusi layanan yang menarik, terus bergerak cepat, dan bahkan menyenangkan. Hal tersebut berasal dari hasrat Telkomsel untuk menghadirkan produk dan layanan yang menarik dan menginspirasi, dengan semang­at antusiasme dan keyakinan yang tinggi.

Langkah transformasi ini ditandai dengan ha­dirnya logo baru Telkomsel. Terinspirasi dari warisan unik Indonesia, yaitu motif batik, logo baru Telkomsel menyadur berbagai motif batik khas Indonesia, yang kemudian dirangkai menjadi sebuah font type khusus milik Telkomsel, yakni Telkomsel Batik Sans. Font type ini merupakan karya anak bangsadari Degarism Studio, Bandung.

“Selain itu, logo baru Telkomsel juga memadukan huruf kapital dan huruf kecil yang merepresentasikan semangat Telkomsel untuk lebih ramah dan dekat dengan pelanggan,” kata Rachel, profesional di industri telekomunikasi dan teknologi dengan pengalaman selama hampir 20 tahun ini.

Dengan adanya identitas baru Telkomsel yang lebih terintegrasi, nama brand la­yanan prabayar Telkomsel yang tadinya terdiri dari simPATI, Kartu As, dan LOOP sekarang menjadi Telkomsel PraBayar. Adapun Kartu HALO berubah menjadi Telkomsel HALO.

Penggabungan nama brand layanan prabayar Telkomsel (simPATI, Kartu As, dan LOOP) menjadi Telkomsel PraBayar, dengan desain starter pack baru, akan segera hadir.

*Informasi lebih lanjut untuk layanan Telkomsel Prabayar dapat diakses melalui https://www.telkomsel.com/prabayar.

Lalu, nama brand layanan pascabayar kartuHALO berubah menjadi Telkomsel HALO yang ditandai dengan perubahan nama dan logo, tapi tetap dengan layanan terbaik postpaid Telkomsel.

*Informasi lebih lanjut untuk layanan Telkomsel Halo dapat diakses melalui https://www.telkomsel.com/halo

Telkomsel memastikan kenyamanan pelanggannya, dan memastikan bahwa pelanggan setia produk Prabayar dan HALO yang sudah menggunakan produk tersebut sebelum adanya perubahan nama dan logo brand menjadi Telkomsel Prabayar dan Telkomsel Halo akan dapat terus menikmati seluruh layanan, paket produk, dan aturan yang berlaku tanpa harus mengganti nomor maupun kartu SIM.

Kemudian, desain logo brand home internet Telkomsel Orbit juga berubah, dengan keunggulan produk dan layanan yang senantiasa mendampingi pengguna setianya.

Untuk layanan aplikasi informasi dan pembelian produk MyTelkomsel, tidak ada perubahan nama, hanya perubahan desain logonya.

Nama dan logo brand la­yanan solusi bisnis korporasi Telkomsel MyBusiness berubah menjadi Telkomsel Enterprise, dengan produk dan layanan yang senantiasa mendampingi para penggunanya.

Desain logo brand layanan Telkomsel IoT juga berubah, dengan produk dan layanan yang senantiasa mendampingi para penggunanya.

Perubahan nama dan logo produk layanan digital Telkomsel menjadi Telkomsel Video, Telkomsel Music, dan Telkomsel Games. Untuk informasi selengkapnya dari ketiga produk tersebut dapat diakses melalui https://www.telkomsel.com/video, https://www.telkomsel.com/games, dan https://www.telkomsel.com/musik.

Untuk pelayanan customer touch point (layanan pascajual) Telkomsel, baik walk-in (GraPARI) maupun layanan Call Center, Virtual Assistant, dan layanan digital lainnya, tetap mengha­dirkan layanan seperti biasa dan akan semakin dikembangkan untuk lebih memberikan kemudahan kepada pelanggan. Khusus untuk layanan walk-in GraPARI, secara bertahap tata ruang dan desain ruang pela­yanan akan mengikuti penggunaan desain logo terbaru.

Kemudian, akun media so­sial dari masing-masing produk prabayar (@simpati, @kartu_as, @loop_id) akan diintegrasikan ke @telkomsel. Konsumen bisa mendapatkan informasi promosi dan produk serta layanan terbaru dalam satu sumber terintegrasi.

Lalu, untuk mewujudkan ekosistem digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan, Telkomsel berinovasi dengan menghadirkan platform Kuncie yang bertujuan meningkatkan keterampilan talenta-talenta di Indonesia dengan belajar langsung dari para praktisi dan ahli di bidangnya. Kehadiran Kuncie diharapkan dapat membuka peluang bagi entrepreneur baru yang akan menciptakan berbagai macam inovasi dan kesempatan baru bagi masyarakat.

Telkomsel juga berupaya meningkatkan pemerataan jaringan 4G/LTE serta pengembangan jaringan dan teknologi 5G melalui berbagai macam use case, seperti AR, VR, dan Automated Guided Vehicle (AGV) di berbagai sektor industri untuk membuka lebih banyak peluang bagi masyarakat.

“Ke depannya, Telkomsel akan menghadirkan lebih banyak lagi produk dan la­yanan yang sesuai dengan kebutuhan seiring dengan adanya perkembangan, dan memperkuat posisi sebagai digital telco company yang membantu masyarakat untuk #BukaSemuaPeluang,” kata Rachel yang pernah menjadi Chief Marketing Officer Niometrics (2017-2019) ini.§

Transformasi dan Brand Rejuvenation Telkomsel


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved