Business Update

KAIPay, Solusi Cepat Bayar Tiket Kereta Tanpa Ribet

KAIPay, Solusi Cepat Bayar Tiket Kereta Tanpa Ribet

Perkembangan teknologi di era digital menghasilkan berbagai produk inovasi yang berusaha mengedepankan keamanan, kemudahan, dan kecepatan dalam membantu masyarakat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Kemajuan teknologi tentu bisa memberikan kemudahan bagi siapa saja.

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dari kemajuan teknologi adalah kemudahan untuk melakukan berbagai jenis transaksi secara online. Salah satu pendukung transaksi online adalah dengan tersedianya dompet digital yang bisa digunakan dengan mudah.

Dompet Digital merupakan alat pembayaran yang terhubung pada suatu aplikasi dimana untuk melakukan transaksi menggunakan Dompet Digital, penggunanya harus terlebih dahulu mentransfer sejumlah uang elektronik ke akun Dompet Digital milik mereka. Nantinya, uang elektronik tersebut akan berubah menjadi saldo yang dapat digunakan oleh pemilik Dompet Digital kapan saja dan dimana saja.

Melihat kesempatan baik ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga turut menggencarkan transformasi digital untuk mengakselerasi kemajuan perusahaan dengan meluncurkan KAIPay. Peluncuran KAIPay ini dilaksanakan pada Kamis (18/11), di Stasiun Gambir.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengungkapkan, KAIPay merupakan wujud inovasi KAI untuk meningkatkan layanan yang telah tersedia dalam aplikasi KAI Access.

“Kami berkomitmen untuk selalu merespon permintaan pasar dan perkembangan zaman , adaptif untuk selalu menghadirkan inovasi berupa transformasi digital guna memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan , KAIPay dihadirkan untuk memberikan keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat bertransaksi di aplikasi KAI Access,” ujar Joni.

Melalui KAIPay, transaksi pembayaran akan semakin praktis karena pelanggan tidak perlu berpindah aplikasi mulai dari pemesanan tiket hingga pembayaran. Selain digunakan untuk membayar tiket, KAIPay juga dapat digunakan untuk membayar layanan first mile dan last mile, serta berbagai produk yang tersedia di aplikasi KAI Access.

Pembayaran yang dilakukan menggunakan KAIPay dipastikan aman, karena setiap transaksi memerlukan PIN sebagai verifikasi pembayaran pelanggan. Setiap pembayaran menggunakan KAIPay juga bebas biaya tambahan lainnya, sehingga pelanggan hanya perlu membayar sesuai tarif yang tertera saja.

Untuk dapat menggunakan KAIPay, pelanggan harus mengupdate aplikasi KAI Access-nya minimal ke versi aplikasi 4.7.4 pengembangan versi 104. Pada halaman beranda, klik ikon KAIPay untuk melakukan aktivasi dengan melengkapi identitas dan melakukan verifikasi OTP yang dikirim via Whatsapp, apabila nomor HP belum terdaftar Whatsapp, OTP akan dikirimkan melalui SMS. Terakhir, pelanggan diarahkan membuat PIN untuk keamanan transaksi. KAIPay akan muncul menjadi salah satu opsi pada menu metode pembayaran yang dapat pelanggan gunakan untuk menyelesaikan transaksi.

KAIPay sendiri merupakan hasil kerjasama cobranding antara KAI dengan KasPro yang telah disetujui oleh Bank Indonesia. Sementara itu, PT.Pulau Media juga menjadi mitra bisnis KAI sekaligus pihak yang berperan melakukan pengembangan aplikasi KAI Access termasuk KAIPay, penyediaan produk asuransi, Payment Point Online Banking, dan lainnya yang dapat mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi digital pada KAI Access.

Selain KAIPay, KAI juga telah melakukan inovasi di bidang digital lainnya dengan menghadirkan Program Loyalitas Railpoint dan sistem pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), LinkAja, direct debit, dan beragam metode pembayaran lainnya di KAI Access.

Dengan diluncurkannya KAIPay, tentunya menambah list manfaat yang diberikan oleh KAI sebagai langkah dalam menyediakan layanan transportasi yang dapat terus berkembang, memenuhi kebutuhan pelanggan, dan membentuk ekosistem transportasi terbaik bagi masyarakat. KAI berupaya untuk memberikan solusi pembayaran yang dapat memudahkan sekaligus membantu para pengguna jasanya dalam melakukan perjalanan menggunakan kereta api secara praktis dan efisien dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggannya, KAI akan terus berupaya memaksimalkan peningkatan yang dapat dilakukan dengan KAIPay. Kedepannya, KAIPay akan terus dikembangkan untuk dapat melakukan berbagai transaksi yang dapat memberikan manfaat bagi penggunanya,” tutup Joni.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved