Inovasi LG Kuasai Pasar AC Berteknologi Inverter di Indonesia

AC Inverter dari LG Electronics sebagai produk hemat listrik.

Komitmen PT LG Electronics Indonesia fokus pada Air Conditioner (AC) inverter di tahun 2017 membuahkan hasil. Berdasarkan data Growth from Knowledge (GfK) sebagai lembaga riset independen, pabrikan asal Korea Selatan berhasil menduduki peringkat pertama pada kategori AC inverter di Indonesia. Data GfK berdasarkan penguasaan LG pada 54% sebaran total AC inverter di Indonesia. Presentase ini naik pesat dari tahun lalu yang jumlahnya hanya mencapai 11%.

LG tidak hanya berhasil menjadi pemimpin pasar, keberhasilan yang diraihnya sekaligus menjadi kesuksesan yang mendorong pertumbuhan penggunaan AC inverter di Indonesia. Menurut Head of Product Marketing RAC LG Electronics Indonesia, Arief Sasono Aji, pertumbuhan total pasar AC inverter di Indonesia mencapai kisaran dua kali lipat di tahun 2017, sebelumnya hanya mencapai 36.000 unit dan hingga bulan Agustus 2017 jumlahnya telah mencapai 71.000.

Inverter bukanlah teknologi pertama yang diterapkan untuk membuat AC hemat listrik. Berbagai pabrikan AC telah memperkenalkan AC low watt yang lebih menekankan pada pembatasan asupan listrik pada pengoperasian. Kekurangannya, teknologi ini membutuhkan waktu tiga kali lebih lama dalam proses pendinginan untuk mencapai suhu yang diinginkan. Teknologi inverter teruji lebih hemat listrik dan memiliki waktu proses pendinginan yang lebih cepat. Sayangnya, AC berteknologi inverter biasanya tersedia pada kapasitas pendinginan bagi ruangan besar.

Inovasipun dilakukan oleh LG dengan melansir produk andalannya, AC LG Inverter Dual Cool. Resmi dilansir pada kuartal pertama 2017, AC inverter terbaru LG hadir dengan berbagai inovasi yang mendobrak pasar AC inverter di Indonesia. “AC LG Inverter Dual Cool tersedia dalam kapasitas pendinginan paling lengkap, mulai dari ½ PK, ¾ PK, 1 PK, 1 ½ PK hingga 2 PK. Pilihan luas dan hemat listrik inilah yang mendorong pertumbuhan pengguna AC inverter di Indonesia,” ujar Arief.

Penyejuk ruangan ini juga punya teknologi antikarat, filter antibakteri, filter microdust, fitur ionizer hingga skincare yang memanfaatkan ion untuk memberikan kelembaban pada kulit pengguna. Terdapat juga fitur pendeteksi yang akan memberikan peringatan bertuliskan “CH 36” di layar bila terjadi kebocoran freon pada sistem. AC LG Inverter Dual Cool Series lebih “sunyi” dibandingkan AC biasa dan dijual dalam tiga seri, yakni Eco, Smart dan Deluxe.

LG tak sekadar menawarkan teknologi AC inverter, namun melengkapinya dengan dua fitur utama yang sesuai dengan karakter pengguna di Indonesia, yaitu Jet Cool dan Active Energy Saving. Iklim tropis dengan cuaca cenderung panas, fitur Jet Cool mampu mempersingkat proses pendinginan hingga suhu 18°C sepanjang 30 menit sebelum mempertahankannya pada suhu yang diinginkan. “Fitur Active Energy Saving juga menjadi terobosan LG untuk mengoptimalkan kerja hemat listrik LG Inverter Dual Cool dengan empat pengaturan konsumsi daya listrik yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Fitur ini disesuaikan sesuai karakter Indonesia yang mengalami perubahan suhu nyata sepanjang harinya,” ungkapnya.

LG Inverter Dual Cool berkapasitas 1 PK dengan daya listrik 810 Watt mampu mengatur konsumsi daya listrik 80% yang akan menghemat daya 160 Watt pada suhu lingkungan yang sejuk dengan beberapa orang. Sementara saat suhu cenderung lebih dingin seperti malam menjelang tidur, pilihan pengaturan daya listrik 40% memberikan penghematan listrik 480 Watt. LG ingin memantapkan posisinya menjadi pemimpin pasar AC inverter di Indonesia dengan mengedukasi masyarakat dengan berbagai aktivitas untuk memilih AC inverter. "Inovasi yang mampu mengoptimalkan hemat listrik di tangan penggunanya inilah yang menjadikan LG Dual Cool Series menjadi terobosan pada kategori AC inverter,” ujarnya.

LG ingin memantapkan posisinya menjadi pemimpin pasar AC Inverter di Indonesia dengan mengedukasi masyarakat dengan berbagai aktivitas untuk memilih AC inverter. Jaminan garansi hingga 10 tahun bagi kompresor AC inverter diberikan LG dan garansi terpisah untuk unit PCB (pusat listrik AC) sepanjang dua tahun. Hemat listrik dengan berbagai fitur terkini dihadirkan LG Inverter Dual Cool Series. “Dunia sedang beralih pada teknologi yang lebih baik dan ramah lingkungan. LG berperan aktif dalam perubahan ini melalui penyediaan AC berteknologi inverter yang dapat memenuhi kebutuhan lebih banyak orang,” tambah Arief.

 

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)