Program Magister Manajemen FEB Unpad Memberikan Solusi terhadap Tantangan Bisnis Global

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, sudah mampu mensejajarkan diri dengan Sekolah-sekolah Bisnis terkemuka di dunia dengan diraihnya Akreditasi Internasional dari ABEST21 (Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization). Yang lebih membanggakan lagi, Program MM FEB Unpad juga mendapat anugerah penghargaan Excellence in Teaching for Collaborative Based Learning dari ABEST21, yaitu pengakuan keunggulan dalam pengajaran berbasis kolaborasi melibatkan industri (pengguna lulusan).

Popy Rufaidah, SE, MBA, Ph.D, Ketua Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran Popy Rufaidah, SE, MBA, Ph.D, Ketua Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran

“Peraihan akreditasi internasional adalah bentuk pengakuan dan penghargaan internasional untuk proses pembelajaran, kurikulum, kemahasiswaan, dosen, infrastruktur dan staf pendukung; serta praktik baik dalam pendidikan manajemen (Good Practice in Management and Business Education),” kata Popy Rufaidah SE, MBA, Ph.D., Ketua Program MM FEB Unpad. Melalui akreditasi internasional, Program MM FEB Unpad, membentuk kemampuan kerja peserta didiknya agar tidak saja berorientasi nasional dan internasional namun juga memahami perbedaan budaya sebagai kesuksesan kerja.

Kemampuan kerja tersebut tercapai melalui pelaksanaan program unggulan yang telah berjalan sampai dengan Batch-5, yaitu pada mata kuliah International Joint Seminar and Company Visit yang dilaksanakan di Tokyo, Jepang. Peserta didik mempelajari sejumlah praktik terbaik strategi bisnis pada perusahaan di Jepang yang dikunjungi, serta mempelajari budaya dan pop culture sebagai bagian dari perkembangan bisnis. Pada acara tersebut, peserta mempresentasikan makalah usulan penelitian di depan para Profesor Pembina matakuliah ini di Rikkyo University, Tokyo, Jepang.

Program MM FEB Unpad telah mampu menerapkan metode pembelajaran unggul melalui pembelajaranStrategic Management Simulation. Peserta didik dimasukkan ke dalam kelompok dan ditugaskan menyusunan suatu “Manstra” atau manajemen strategik bagi suatu perusahaan yang berbeda-beda berdasarkan format yang biasa digunakan industri. Simulasi tersebut melibatkan peserta dengan latar belakang konsentrasi yang diminatinya, mulai dari pemasaran, keuangan, SDM, risiko, aset dan penilaian, dan Rumah Sakit.

MM FEB Unpad di Jepang. MM FEB Unpad di Jepang.

Program MM FEB Unpad adalah bagian dari FEB Unpad yang pada tahun ini memasuki usia 60 tahun. Kiprahnya membentuk jejaring alumni yang telah menempati posisi manajerial dan strategikal di perusahaan dan instansi untuk menjadi dosen pengajar pada program ini. Kombinasi pengajar yang berkualifikasi Academic Qualification dan Professional Qualification menjadi salah satu keunggulan Program MM FEB Unpad.Serta telah mampu mengantarkan lulusannya menempati jabatan strategis sebagai CEO dan Direksi pada BUMN dan perusahaan swasta serta instansi pemerintahan.

Dua alumni Program MM FEB Unpad memberikan testimoni terhadap keunggulan pembelajaran di kampusnya, seingga mampu memberikan solusi terhadap permasalahan bisnis yang dihadapi, termasuk tantangan bisnis global. Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose menyebutkan bahwa tantangan pimpinan organisasi bisnis dan nonbisnis di Indonesia semakin meningkat seiring dengan perubahan cepat yang terjadi di tingkat nasional, internasional dan global. Abraham Mose menekankan: “Suatu keniscayaan bagi para pemimpin di tingkat strategikal dan manajerial memiliki kemampuan kerja untuk mengidentifikasi masalah manajerial dan organisasional dengan akurat; mampu merancang dan menerapkan strategi andal (seperti strategi pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan) dan mampu merancang serta menerapkan pengendalian organisasi di tingkat induk, unit, dan fungsional. Hal tersebut diperoleh melalui pendidikan Magister Manajemen, kata alumni Program MM FEB Unpad ini.

Sedangkan Dr. Gagan Sugandi, MM, Foounder dan CEO PT Trimitra Garmedindo (Trimed) produsenEmergency Medical Bags dan Tensimeter yang berorientasi global, mengatakan, konsentrasi Inovasi dan Manajemen Kewirausahaan pada Program MM FEB Unpad mampu memberikan pengajaran kepada saya sebagai entrepreneur yang lebih kreatif dan inovatif dalam persaingan bisnis global.

Perpustakaan Universitas Padjadjaran Perpustakaan Universitas Padjadjaran

Berikut wawancara SWA dengan Popy Rufaidah, SE, MBA, Ph.D., Ketua Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, yang juga menjabat sebagai Sekjen AFEBI (Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia):

Kapan Program Studi Magister Manajemen berdiri? Apa saja program studinya?

Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran (Program MM FEB Unpad) mulai berdiri pada tanggal 19 Juni 1992. Terakreditasi BAN-PT dan Akreditasi Internasional ABEST21 (The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization) dari Jepang.

Program MM FEB Unpad menawarkan lima Jalur: Kelas Double Degree, Kelas Sandwich Program, Kelas Regular Pagi, Kelas Eksekutif dan Kelas Top Manajemen.

Konsentrasi yang ditawarkan adalah berdasarkan fungsional (Manajemen: Pemasaran, Keuangan, SDM, Operasi, Strategik) dan berdasarkan sektor (Manajemen: Rumah Sakit, Risiko, Aset dan Penilaian, Perbankan, Bisnis dan Keuangan Syariah)

60 th FEB Unpad

Apa keunggulan dari Program MM FEB Unpad? Apakah ada dual degree dengan luar negeri?

Keunggulan Program MM FEB Unpad adalah dalam metode pembelajaran menggabungkan

antara pengajar yang berkualifikasi Academic Qualification dan Professional Qualification, serta International Direct Exposure(mengikuti International Joint Seminar and Company Visit) di Jepang.

Program MM FEB Unpad adalah satu-satunya Program MM di Indonesia yang menawarkan konsentrasi Manajemen Aset dan Penilaian kerjasama dengan MAPPI (Masyarakat Profesi Penilai Indonesia). Pengajar adalah para profesional penilai tersertifikasi dari MAPPI.

Program Dual Degree dilaksanakan Program MM FEB Unpad dengan:

Pertama, Rikkyo University di Tokyo, Jepanguntuk Program Master of Public Management and Administration (MPMA); dan kedua, Groupe ESC Troyes Group ESC Troyes, Champagne School of Management, di Champagne, Perancis dengan Program Master of Science in Management konsentrasi dalam bidang Marketing & Strategy, HRM, Finance, Innovation & Entrepreneurship.

Apakah mahasiswa peserta S-2 pada umumnya lulusan segar dr S-1 atau kebanyakan karyawan PNS/dosen atau swasta? Jalur kelas apa yg paling banyak lulusan S-1 langsung? Apa alasannya?

Ada lima jalur di Program MM FEB Unpad:

-Jalur kelas Double Degree dengan Rikkyo University, di Tokyo, Jepang dan Groupe ESC Troyes Group ESC Troyes, Champagne School of Management, di Champagne, Perancis

-Jalur kelas sandwich program di Rikkyo University, di Tokyo, Jepang.

-Jalur kelas Reguler Pagi (total 44 SKS) diperuntukan bagi lulusan segar dari S-1 dan bagi karyawan perusahaan maupun instansi yang ditugaskan untuk tugas studi.

-Jalur Kelas Eksekutif (total 44 SKS) diikuti oleh karyawan yang secara proporsional berasal dari BUMN, BUMS dan instansi pemerintahanan serta wirausahawan.

Jalur kelas Pagi dan Kelas Eksekutif memiliki jumlah mahasiswa yang proporsional, di mana sejak penerimaan mahasiswa baru sudah diorientasikan berdasarkan pilihan calon mahasiswa.

Mulai Tahun Akademik 2017/2018, Program MM FEB Unpad menawarkan Kelas Top Manajemen (total 38 SKS) diperuntukan bagi profesional yang telah memiliki pengalaman kerja minimal 10 tahun dan memiliki jabatan managerial di perusahaan atau instansi.

Apakah para pengajarnya hanya dosen Unpad ataukah ada visiting professor dari luar negeri?

Dosen pengajar pada Program MM FEB Unpad tidak hanya Dosen Tetap Unpad, namun juga visiting professor dari luar negeri. Seperti, matakuliah International Seminar and Company Visit, ditangani oleh Professor dari Rikkyo University dan Takushoku University (Jepang). Matakuliah ini dilaksanakan 7 (tujuh) sesi tatap muka perkuliahan di Indonesia dan senilai 7 (tujuh) sesi lainnya adalah dengan mengikuti International Joint Seminar di perguruan tinggi mitra di Tokyo, Jepang; serta company visit ke perusahaan di Jepang. MatakuliahInternational Joint Seminar dan Company Visit ke Jepang wajib diikuti seluruh mahasiswa. Saat ini telah terlaksana sampai dengan batch ke-5.

Visiting scholars dari University of Leiden, Belanda mengajar setiap semester pada konsentrasi Manajemen Kewirausahaan dan Inovasi bekerja sama dengan Program Studi Integrated Microfinance Management (Manajemen Keuangan Mikro Terpadu) dan FEB Unpad.

Bagaimana cara menempuh dual degree? Di Program studi apa saja tersedia program itu?

Dual Degree ditempuh dengan mengikuti satu tahun atau dua semester pada Program MM FEB Unpad, untuk menyelesaikan 38 SKS matakuliah. Pada tahun kedua atau semester ketiga mahasiswa mengikuti program perkuliahan di perguruan mitra di luar negeri. Saat ini ada dua jenis program Dual Degree dari Rikkyo University untuk Master of Public Management and Administration (MPMA); dan Groupe ESC Troyes Group ESC Troyes, Champagne School of Management, di Champagne, Prancis dengan Program Master of Science in Management konsentrasi dalam bidang Marketing & Strategy, HRM, Finance, Innovation & Entrepreneurship.

Berapa besarnya uang kuliah per semester? Jalur apa yang paling mahal? Bagaimana dengan ketersediaan beasiswa?

Biaya uang kuliah per semester untuk setiap jalur (Reguler Pagi, Eksekutif, dan Top Manajemen) adalah Rp 13,5 juta. Dana Pengembangan satu kali dibayarkan untuk setiap jalur adalah:

-Kelas Reguler Pagi: Rp 13,5 juta

-Kelas Eksekutif: Rp 19,5 juta

-Kelas Top Manajemen: Rp 35,5 juta

-Biaya Pra-MM (matrikulasi) bagi yang jalur S1-nya berasal dari Non-Manajemen: Rp 5.000.000

Mayoritas mahasiswa Program MM FEB Unpad dapat menyelesaikan studi selama secepat-cepatnya: Kelas Reguler Pagi (3 semester, total biaya Rp 59 juta), Kelas Eksekutif (4 semester, total biaya Rp78,5 juta), Kelas Top Manajemen (4 semester, total biaya Rp 94,5 juta).

Seluruh jalur wajib mengikuti matakuliah International Joint Seminar and Company Visit ke Jepang senilai USD $ 1.900. Biaya sudah meng-cover untuk seminar fees, tiket, akomodasi dan transportasi.

-Kelas Double Degree: Rp 59 Juta (bagi kelas Reguler Pagi biaya total selama 3 semester di MM FEB Unpad) dan 1.500.000 Yen (tuition fees 1 tahun dibayarkan ke Rikkyo University).
-Kelas Sandwich: Rp 59 Juta (bagi kelas Reguler Pagi biaya total selama 3 semester di MM FEB Unpad) dan 350.000 Yen (tuition fees 1 semester dibayarkan ke Rikkyo University).

Program MM FEB Unpad menerima mahasiswa yang menggunakan dana pendidikan melalui Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Kementerian Keuangan, Beasiswa STAR BPKP, dan Beasiswa dari instansi pemerintah.***

Magister Management Universitas Padjadjaran Magister Management Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)