Libur Lebaran Hemat di 5 Tempat Wisata Ini

Foto: shutterstock

 

Jauh sebelum diumumkannya ketetapan hari raya Idul Fitri, mayoritas masyarakat sudah membuat rencana liburan di musim lebaran. Selain untuk mudik, sudah menjadi tradisi juga untuk melakukan perjalanan liburan bersama keluarga usai bersilaturahmi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat sebuah rencana perjalanan yang matang agar bisa menyiapkan dana dan mengantisipasi kemacetan di sejumlah ruas jalan.

 

Rencanakan liburan hemat dari sekarang

Jika Anda punya rencana libur lebaran, berarti perlu mengetahui di mana saja tempat wisata yang murah tapi tetap menyenangkan keluarga.

Sebelum berangkat, ada baiknya memutuskan terlebih dahulu destinasi liburan agar menghindari tempat wisata yang ramai dan membuat liburan kurang dinikmati. Akan lebih rugi apabila sudah terlanjur membayar tiket dengan harga yang mahal seperti beberapa tempat wisata mainstream.

Bicara tentang tempat wisata mainstream yang padat dan ramai, selain menguras tenaga tentunya juga menguras waktu karena harus berjam-jam mengantre dan berada di dalam kemacetan saat dalam perjalanan.

Jika mulai bosan dan lelah ke tempat wisata yang itu-itu saja, tak perlu khawatir kehabisan ide. Berikut adalah deretan tempat anti mainstream nan murah meriah yang bisa dikunjungi saat libur lebaran nanti.

 

 

  1. Leuwi Lieuk, Bogor

Foto: shutterstock

 

Ada satu surga tersembunyi yang wajib dikunjungi saat berada di sekitar Bogor. Namanya Curug Leuwi Lieuk. Tempat wisata yang satu ini telah menjadi primadona dan belum terlalu populer di berbagai kalangan wisatawan.

Lokasi curug ini tidak terlalu jauh dari Curug Leuwi Hejo, bahkan masih satu kawasan. Hanya saja butuh tenaga dan perjuangan ekstra untuk menuju Curug Leuwi Lieuk. Untuk mencapainya Anda perlu untuk mendaki bukit karena memang letaknya di dalam hutan di pegunungan Sentul Selatan.

Namun, di balik itu ada lanskap yang indah, yakni perpaduan air jernih yang memantulkan warna langit biru diapit oleh tebing bebatuan, dan pohon hijau di sekitarnya.

Harga tiket masuk Curug Leuwi Lieuk hanya sebesar Rp10.000 per orang. Sementara untuk biaya parkir motor dikenakan biaya sebesar Rp5000 dan mobil sebesar Rp10.000 dengan harga yang dapat berubah sewaktu-waktu. Cukup hemat untuk liburan keluarga.

 

  1. Kebun Teh Wonosari, Malang

Foto: shutterstock

 

Saat sudah penat dengan segala rutinitas sehari-hari, akan sangat nikmat ketika dihadapkan pada hamparan hijau dengan panorama yang indah. Hal itu bisa Anda rasakan ketika mengunjungi Kebun Teh Wonosari.

Memang, destinasi ini telah lama menjadi tempat wisata. Hanya saja, seiring dengan perkembangan tren traveling, seketika kebun teh ini jadi salah satu destinasi yang menarik.

Di Kebun Teh Wonosari, Anda tidak hanya bisa mengambil foto, tapi bisa juga melihat proses pengolahan daun teh. Terlebih pemandangan indah menjadi salah satu sajian yang juga tak kalah menarik. Anda dapat mengetahui proses pemetikan teh, pengolahan, hingga kemudian bisa Anda cicipi di tempat.

Tidak berhenti di situ, di sini Anda pun bisa menikmati pemandian air panas dan area outbond yang cocok sekali untuk wisata seluruh anggota keluarga.

Harga tiket masuk Kebun Teh Wonosari Rp8.000 hari Senin-Sabtu, dan Rp12.000 di hari Minggu dan libur nasional. Untuk parkir motor dikenakan biaya sebesar Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

 

  1. Pantai Tegal Wangi, Bali

Foto: shutterstock

 

Saat libur lebaran, rasanya sudah cukup penat jika membayangkan pantai di Bali yang ramai. Namun, Anda perlu tahu bahwa ada banyak surga tersembunyi di pulau Dewata. Salah satunya adalah Pantai Tegal Wangi.

Pantai yang dihiasi dengan tebing indah ini seolah mampu menyihir siapa pun yang memandangnya. Lokasinya terletak di areal Pura Segara Tegalwangi, Kabupaten Badung. Maka tidak heran apabila ada pura yang dibangun di atas tebing dan menghadap langsung ke laut.

Di sini Anda bisa menikmati tenangnya pantai dan sejenak menjauh dari keramaian. Terlebih ketika matahari mulai terbenam, Anda bisa menyaksikan kesibukan area Tuban dan Kuta yang ditandai dengan lampu-lampunya yang menyala. Tidak hanya itu, dari pantai ini juga bisa disaksikan aktivitas bandara I Gusti Ngurah Rai.

Untuk masuk ke Pantai Tegal Wangi tidak dikenakan biaya alias gratis.

 

  1. Stonehenge Merapi, Yogyakarta

Foto: shutterstock

 

Tidak perlu ke Inggris apabila Anda ingin berfoto dengan latar belakang Stonehenge. Cukup datang ke lereng Merapi, tepatnya di Dusun Petung, Kepuharjo, Kabupaten Sleman. Di sana ada replika Stonehenge yang tak kalah seru untuk mengambil foto.

Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 Anda sudah bisa menikmati suasana di sini. Disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari untuk hasil latar foto yang maksimal.

 

  1. Pantai Pasumpahan, Padang

Foto: shutterstock

 

Pantai ini terletak di Pulau Pasumpahan, Padang, Sumatera Barat. Panorama bukit tengah laut yang bisa dinikmati di sini sepertinya tidak kalah dengan tebing batu khas Raja Ampat, Krabi, dan Palawan.

Ada satu hal yang unik dari pantai ini, yakni antara pantai dan pulau seolah terbagi menjadi tiga bagian. Air yang paling dekat dengan pasir berwarna bening, lalu semakin mengarah ke laut berwarna kehijauan, setelah itu lebih ke tengah lagi warna air menjadi biru gelap sesuai dengan tingkat kedalamannya.

Pantai Pasumpahan dapat disebut sebagai salah satu surga tersembunyi di Sumatera Barat. Oleh karena itu, pantai ini pas sekali untuk dijadikan tempat pelarian.

 

Setelah melihat deretan tempat di atas, apakah Anda jadi semakin penasaran untuk mengunjunginya? Karenanya, saat mudik nanti sempatkan untuk mengunjungi tempat yang paling dekat dengan kampung halaman Anda.

Masih mencari tiket balik usai mudik? Jangan khawatir, Anda bisa dengan mudah pesan di Reservasi.com, situs booking tiket pesawat online yang menawarkan promo spesial dan tak kalah menarik.

 

Selamat berlibur!

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)