Super Indo

Super Indo Tetap Melayani Sepenuh Hati di Tengah Pandemi

Super Indo Tetap Melayani Sepenuh Hati di Tengah Pandemi

Super Indo telah lama dikenal sebagai supermarket bagi para weekly shopper yang mencari produk segar berkualitas, khususnya untuk konsumsi rumah tangga, dengan harga hemat. Super Indo juga terkenal karena lokasi gerai yang strategis, mudah diakses, serta memiliki pengaturan rak-rak barang yang tertata apik di dalamnya, sehingga belanja menjadi mudah dan menyenangkan.

Karyawan Super Indo menggunakan APD lengkap sebagai upaya menjalankan protokol kesehatan dan keamanan di dalam gerai.

Namun, bukan hanya faktor itu yang berhasil membawa Super Indo masuk ke dalam Brand of Choice in the Pandemic Era. Sejak pandemi Covid-19 melanda, Super Indo segera melihat adanya perubahan sikap masyarakat yang kini menjadi lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan, termasuk pada produk-produk yang dibeli. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan baru dalam berbelanja yaitu melihat kehigienisan produk ini, Super Indo memastikan penanganan dan pendistribusian produk-produk yang disediakan di dalam gerai telah sesuai dengan protokol kesehatan dan standar keamanan pangan yang ditetapkan oleh pemerintah. Selain itu Super Indo telah menerapkan berbagai protokol kesehatan dan keamanan yang dianjurkan Pemerintah baik di pusat, daerah, maupun yang direkomendasi oleh World Health Organization di seluruh gerai untuk memutus rantai penularan virus Covid-19. Dengan penerapan protokol tersebut konsumen menjadi percaya dan merasa aman berbelanja di Super Indo.

Inilah faktor-faktor yang diperhatikan Super Indo dalam menjalankan aktivitas bisnisnya saat ini. Mereka meningkatkan kualitas layanan dengan tidak semata menonjolkan unsur fresh tetapi juga higienitas dan keamanan.

Super Indo menyediakan tisu khusus jika pelanggan ingin membersihkan kembali keranjang belanja yang ingin digunakan. Serta Hand Sanitizer yang dapat digunakan sebelum dan sesudah berbelanja

Johan Boeijenga, CEO Super Indo, mengatakan, sebagai supermarket yang menyediakan kebutuhan konsumsi rumah tangga, di tengah pandemi ini mereka menjaga produk-produk yang ada di gerainya seperti sayur, daging, dan buah agar selalu segar dan telah memenuhi standar keamanan pangan. “Terpilihnya Super Indo sebagai “Brand of Choice in the Pandemic Era” membuktikan bahwa masyarakat percaya dan merasa aman berbelanja di gerai Super Indo. Kami rasa ini juga merupakan hasil dari upaya kami yang telah menerapkan berbagai protokol kesehatan dan keamanan yang dianjurkan Pemerintah dan WHO selama pandemi di seluruh gerai kami,” kata Johan

Apalagi di tengah kondisi pandemi ini, supermarket termasuk fasilitas yang tetap ramai dikunjungi, bahkan aktivitas berbelanja konsumen meningkat. Untuk itu, Johan menjelaskan, Super Indo berupaya keras menjaga ketersediaan barang dengan melakukan koordinasi secara intens dengan para pemasok serta memastikan proses product handling di distribution center dan semua gerai Super Indo memenuhi standar kesehatan dan keamananan pangan.

Johan Boedenga – CEO SUPER INDO

Selain itu, kondisi masyarakat yang lebih banyak beraktivitas di rumah sehingga meningkatkan kebiasaan memasak sendiri juga ditangkap oleh Super Indo. Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Affairs & Sustainability, menjelaskan, saat ini kami mendapati pelanggan kami lebih sering berbelanja di gerai kami, untuk memilih produk segar dan bahan memasak di rumah secara langsung. Namun tentunya ada juga kebutuhan untuk berbelanja secara online, dan untuk layanan tersebut pelanggan Super Indo dapat berbelanja melalui partner online shopping kami yaitu HappyFresh.

“Super Indo juga memberikan promo spesial produk-produk yang banyak dicari dan dibutuhkan pelanggan selama masa pendemi ini, misalnya frozen food, sayur, buah, daging, serta bumbu masak instan,” kata Yuvlinda. Dia menambahkan, kemampuan untuk secara konsisten memenuhi suplai barang-barang yang dibutuhkan di masa pandemi dan menjaga kestabilan harga juga berperan penting dalam membentuk persepsi positif pelanggan dan masyarakat.

Di samping meningkatkan kualitas layanan, Super Indo juga ikut berpartisipasi dalam upaya percepatan penanganan Covid-19. Mereka mengambil bagian dalam memberikan dukungan dalam bentuk pemberian ambulans khusus infeksi Covid-19, alat pelindung diri (APD), dan sembako yang telah dan akan disalurkan kepada pemerintah dan masyarakat melalui berbagai program kemitraan, termasuk dengan institusi kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dan organisasi lainnya seperti Yayasan BenihBaik. Sementara, untuk melindungi seluruh karyawan beserta keluarganya, Super Indo telah melakukan langkah-langkah preventif yang lebih tegas. Salah satunya adalah pemberlakuan kebijakan Work-from-Home (kerja di rumah) bagi para karyawan yang bekerja di kantor. Bagi karyawan di toko dan Distribution Center yang masih bekerja, perusahaan menerapkan standar keamanan yang ketat, dengan begitu pelanggan bisa tetap merasakan pelayanan dengan rasa aman. Dalam kondisi yang sulit ini, Super Indo tetap memastikan bahwa kesejahteraan karyawan terlindungi, karenanya Perusahaan memastikan pendapatkan karyawan diberikan secara penuh, bahkan memberikan THR dan tambahan insentif khusus bagi karyawan di toko dan distribution center.

Supermarket yang memiliki total 180 gerai ini mencatat peningkatan penjualan sejak awal 2020. “Ini mencerminkan ekspektasi untuk pertumbuhan yang konsisten sepanjang tahun,” ujar Yuvlinda. (*)

Author : Yosa Maulana & Andi Hana


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved