Solusi Solar Energy Berkualitas

Perhatian dunia terhadap sumber energi sedang mengarah ke bisnis energi terbarukan/renewable energy. Pemerintahan di berbagai belahan dunia ramai-ramai mendorong pengembangan industri ini. Betapa tidak, energi adalah salah satu dari tiga hal (selain pangan dan air) yang menjadi kekhawatiran mondial karena faktor ketersediaan yang semakin langka (shortage).

Kelangkaan energi terjadi lantaran kian menipisnya sumber energi fosil seperti batu bara, minyak bumi dan gas alam. Energi ini tidak bisa diperbaharui, dan belakangan biaya untuk eksplorasi dan eksploitasinya juga tidak sedikit. Ini berbeda dengan energi terbarukan. Prospek energi terbarukan sangat menjanjikan dalam jangka panjang. Terlebih energi ini diyakini tidak merusak lingkungan, sehingga dapat menjadi solusi yang paling rasional.

Solusi Solar Energy Solusi Solar Energy

Indonesia memiliki potensi yang luar biasa terhadap energi terbarukan. Sebagai negeri tropis, Indonesia tidak pernah habis diselimuti sinar matahari. Hal ini menjadi bekal yang baik untuk menggunakan energi terbarukan berbasis surya. Menurut laporan International Energy Agency (IEA) tahun 2015, Indonesia mempunyai potensi energi matahari sekitar 1.200 GW. Dengan kata lain pemanfaatan energi matahari ini cocok untuk digunakan di Indonesia. Pemanfaatan energi surya secara aktif adalah melalui penggunaan panel fotovoltaik dan panel penyerap panas.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Surya Utama Nuansa (SUN), perusahaan start-up yang bergerak di bidang energi tebarukan dengan mengupayakan akses yang mudah ke energi terbarukan. SUN melayani solusi energi terbarukan salah satunya melalui solar energy dengan teknologi terbaru dan sistem manajemen yang menyesuaikan situasi konsumen. Dengan mengusung #gowithSUN, SUN berkomitmen menyediakan produk yang terjangkau dan memiliki dampak sosial.

Penyediaan untuk Perumahan, Industri, dan Pemerintahan

SUN menyediakan solusi bagi tiga konsumen utama yaitu untuk residentialindustrial, dan government. Bagi konsumen residential, SUN memiliki 3 layanan unggulan, yakni Pay-as-you-go (PAYG) yang memungkinkan sewa produk dengan cara yang aman, Kios Solar untuk menghasilkan listrik bagi pedesaan off-grid untuk berbagai keperluan, dan Solar Smart Home yang memungkinkan konsumen mengontrol dan memonitor penggunaan energi rumah dari manapun selama terhubung internet.

Bagi konsumer industri, SUN siap menangani berbagai proyek untuk sistem penerangan jalan, penerangan kota urban, dan ruang terbuka publik. Sistem penerangan SUN meminimalkan biaya teknis dan operasional yang ada; memberikan intensitas cahaya yang lebih baik, konsumsi listrik yang lebih rendah, daya tahan baterai lebih lama dan kemudahan pemeliharaan melalui sistem pemantauan jarak jauh. Serta telah menggunakan teknologi terbaru dengan sertifikasi SNI. Tak ketinggalan SUN menyediakan sistem manajemen energi yang holistik.

Sistem panel surya SUN juga telah tersebar di beberapa area di Indonesia dalam rangka mendukung pemerintah menyediakan pasokan listrik untuk meingkatkan perekonomian lokal. Dengan menggunakan sistem Solar PV Power Plant sebagai material semikonduktor yang dapat menkonversikan sinar matahari langsung menjadi listrik

Kampanye 365WithSUN

Tidak hanya aktif di sisi bisnis saja, SUN juga mengajak masyarakat untuk semakin akrab dengan energi terbarukan, melalui kampanye #365WithSUN.Sebuah kampanye tahunan yang diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran solusi energi terbarukan. 365 merupakan singkatan dari jumlah hari dalam setahun, meskipun kampanye sosial ini tidak akan berhenti hanya setelah satu tahun.

Selain memberikan informasi yang lebih menyeluruh tentang energi terbarukan, juga mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam menciptakan Indonesia yang lebih baik dengan energi bersih dan distribusi listrik yang merata. Di bawah pohon besar 365withSUN, ada berbagai macam kampanye yang lebih kecil untuk mencapai tujuan utamanya, yang terbagi ke dalam 3 pilar.

1) SUN Berbagi. Mengajak untuk berkontribusi dana untuk gerakan ini. Perusahaan bisa berkontribusi dengan mengintegrasikan CSR-nya ke kampanye ini untuk memberik pasokan listrik ke daerah yang ingin dituju. 2) SUN Patriot. Mengkontribusi diri sendiri, dengan memberi informasi yang terkait energi terbarukan di sekitar lingkungan. 3) SUN Ambassador. Mengontribusikan jaringan dan pengaruh yang dimiliki untuk meningkatkan kepedulian.

SUN berharap melalui penyediaan produk yang berkualitas dan menyebarkan pemahaman tentang energi terbarukan, tercipta perubahan ke arah sustainable energy yang berdampak baik bagi kehidupan. Selain bisa menghemat biaya, juga menjaga lingkungan dari kerusakan, serta yang paling utama menciptakan dunia yang lebih baik bagi anak dan cucu.

Berkarier Bersama SUN

SUN membuka kesempatan bagi anda yang ingin berkarier di bidang energi terbarukan melalui program magang: 1) Business Analyst Internship (business/finance/management background), 2) Engineering Internship (engineering background), 3) Venture Builder. Kirimkan aplikasi dengan persyaratan umum: GPA min 3.20/4.00, mahasiswa tingkat akhir atau freshgraduate, memiliki analytical skill yang tinggi, dan berkenan untuk mengikuti program selama 3 bulan. Lamaran dapat dikirim ke dina.monalisa@lifewithsun.com dengan subjek INTERNSHIP_YOURNAME_YOURMAJOR. Dengan bergabung bersama SUN anda akan mendapat banyak pengetahuan di bidang bisnis energi terbarukan, kesempatan bekerja sama dengan pebisnis ternama, pengalaman bekerja bersama tim SUN, dan sertifikat di akhir program.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)