Barisan Jawara Annual Report Award 2018

Guna mendorong penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) melalui keterbukaan infomarsi dan praktik-praktik GCG, Annual Report Awards (ARA) 2018 kembali digelar untuk ke-17 kalinya.

ARA 2018 terselenggara atas kerja sama tujuh instansi, yakni Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian BUMN, Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak-Kementerian Keuangan, Bursa Efek Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance serta Ikatan Akuntan Indonesia kembali menghelat ajang Annual Report Awards (ARA) 2018.

Bertemakan “Keakuratan Informasi untuk Kinerja Perusahaan Secara Berkelanjutan dengan Memenangkan Dukungan Stakeholders” penilaian ARA 2018 ini telah menggunakan aplikasi sehingga lebih efisien sehingga berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ketua ARA 2018, Mas Achmad Daniri, menyampaikan bahwa jumlah peserta tahun ini adalah 236 peserta terdiri dari 231 perusahaan dan 5 dana pensiun, diantaranya adalah 98 laporan emiten, 96 BUMN, 134 perusahaan non listed dan juga sebagian new comer.

Sementara proses penjurian melalui dua tahapan yaitu penilaian secara kuantitatif berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan dipublikasikan di website 7 (tujuh) institusi penyelanggara ARA dan tahap selanjutnya merupakan wawancara yang dilakukan untuk mendapatkan high level view dari pimpinan perusahaan mengenai praktik GCG tang diterapkan oleh perusahaan serta mengkonfirmasi hasil penilaian kuantitatif atas isi laporan tahunan. 

Kepala Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso yang turut hadir dalam perhelatan ARA mengatakan  kepada perusahaan bahwa mereka harus membangun GCG yang baik untuk meningkatkan kepercayaan stakeholders. "Yang terpenting adalah transparansi, ini merupakan komunikasi yang efektif kepada publik," ujarnya. 

Berikut adalah pemenang ARA 2018 untuk setiap kategori:

Juara Umum  :  PT. Aneka Tambang Tbk.

Kategori Apresiasi Dana Pensiun : Dana Pensiun Perkebunan
Kategori BUMD non Listed          : PT BPD Sumsel Babel
Kategori BUMD Listed                 : PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk

Kategori Private Non Keuangan Non Listed : PT Pembangkitan Jawa Bali
Kategori Private Non Keuangan Listed        : PT. Aneka Tambang Tbk
Kategori Private Keuangan Non Listed        : PT Bank Syariah Mandiri
Kategori Private Keuangan Listed               : PT. Bank CIMB Niaga Tbk

Kategori BUMN Non Keuangan Non Listed : PT Pelabuhan Indonesia II Persero
Kategori BUMN Non Keuangan Listed : PT Wijaya Karya Tbk
Kategori BUMN Keuangan Non Listed : PT Taspen Persero
Kategori BUMN Keuangan Listed        : Bank Mandiri Persero Tbk

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)