30 Tahun Bersinergi, Garuda - Citibank Bahas Masalah Finansial

Garuda Indonesia memperingati kerja sama dengan Citibank selama lebih dari 30 tahun. Peringatan tersebut diselenggarakan dengan diskusi Garuda Indonesia Treasury Group – Citi Inaugural Roundtable. Diskusi ini mengangkat tema “Solutions to Improve Corporate Efficiency”.

Ketika persaingan usaha semakin kompetitif dan kondisi makroekonomi tidak menentu, maka efisiensi bisnis, visibilitas transaksi, kontrol atas proses operasional keuangan, dan optimasi sumber daya yang ada menjadi kunci untuk pengambilan keputusan strategis yang tepat guna. Oleh karena itu, dalam acara tersebut para bankir Citibank berbagi solusi mengenai cara-cara untuk meningkatkan efisiensi dan performa perusahaan.
“Sepuluh tahun yang lalu, Garuda dihadapkan pada situasi bisnis yang cukup menantang dengan kendala finansial dan persaingan usaha yang semakin kompetitif,” kenang Handrito Hardjono, EVP Finance Garuda Indonesia. Kini, Garuda telah berhasil melampaui masa-masa itu, salah satunya melalui kerja sama kami dengan Citibank yang membantu meningkatkan efisiensi usaha kami.

Kemitraan Garuda Indonesia dengan Citibank berawal tahun 1982 dan telah melalui tonggak-tonggak pencapaian penting. Di antara layanan dan produk Citibank yang diterapkan oleh Garuda antara lain: Global Cash Management Bank (2010), Internet Payment Gateway (2010), Treasury Vision (2012), serta perampungan CitiDirect Payment Integration untuk Garuda Indonesia Airways dan Garuda Maintenance Facility AeroAsia (2012). Citibank juga dipercaya menjadi salah satu bookrunner untuk penawaran umum saham perdana (IPO) Garuda tahun 2011 lalu.

"Banyak pencapaian dan kesuksesan yang telah kita raih bersama,” ujar Kunardy Lie, Global Banking Head, Citi Indonesia. Untuk itu, Citibank siap membawa kemitraan ini ke tahap selanjutnya.

Dalam diskusi ini para bankir Citibank mengulas secara mendalam implementasi solusi untuk efisiensi proses bisnis dalam perusahaan. Ulasan mereka diharapkan dapat membantu Garuda Indonesia dalam mengambil keputusan strategi bisnis yang tepat. Seluruh solusi baru yang ditawarkan bertujuan untuk mengintegrasikan pengelolaan keuangan dan rantai suplai dengan informasi dan analitik secara real-time sehingga dapat mendukung pengambilan keputusan bisnis yang cepat dan tepat.

Solusi-solusi yang ditawarkan meliputi cara-cara untuk memepercepat arus kas dan memastikan visibilitas transaksi dalam perusahaan, meningkatkan efisiensi dan performa bisnis melalui percepatan penerimaan yang terintegrasi (integrated collection scheme), perampingan proses pembayaran secara terintegrasi, serta peningkatan visibilitas dalam proses penerimaan dan pembayaran agar rekonsiliasi akun (account reconciliation) dapat dilakukan secara tepat, cepat, dan akurat. Selain itu, Citi juga menjelaskan mengenai solusi-solusi yang dapat meningkatkan visibilitas akun-akun perusahaan untuk manajemen likuiditas yang efektif (Treasury Vision), dan juga sistem terintegrasi untuk meningkatkan konektivitas dan efisiensi waktu dalam rantai suplai melalui Supplier Financing.

“Ketika perusahaan sedang mengalami masa krisis atau survival mode, maka umumnya perusahaan tersebut akan sangat fokus dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada. Akan tetapi, ketika sebuah perusahaan telah melalui masa krisisnya dan mulai memasuki fase pertumbuhan bisnis, maka seringkali mereka melupakan persoalan-persoalan kecil yang ada,” ungkap Sanjeev Jain, Head of Transaction Services Citi Indonesia, “Padahal efisiensi dalam operasional harian dan pengelolaan keuangan harian adalah kunci sukses dan dalam jangka waktu yang panjang dapat memberikan perubahan besar yang positif.” (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)