Corporate Action

Kolaborasi Philips – WASM Tingkatkan Kesadaran Pengaruh Tidur

 Kolaborasi Philips – WASM Tingkatkan Kesadaran Pengaruh Tidur

Philips

Royal Philips Electronics mengumumkan kerja sama global dengan World Association of Sleep Medicine (WASM) dan menjadi sponsor resmi dari World Sleep Day 2012 yang diperingati di seluruh dunia pada tanggal 16 Maret. Kerja sama ini merupakan komitmen Philips untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pengaruh kualitas tidur terhadap kesehatan dan kesejahteraan setiap harinya.

Tema untuk World Sleep Day tahun ini adalah “Breathe Easily, Sleep Well” (“Bernafas Lancar, Tidur Nyenyak”), yang menunjukkan pentingnya masyarakat untuk mengetahui bahwa gejala gangguan pernafasan dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

“Menurut Philips Health and Wellbeing index, sebuah analisis komprehensif yang dilakukan Philips tahun 2010 dengan total lebih dari 31 ribu responden di seluruh dunia, termasuk Indonesia mengenai status kesehatan dan kesejahteraan, menemukan bahwa 20 persen dari responden di Indonesia mengakui kesulitan dalam mendapatkan tidur yang nyenyak,” kata Teguh Purwanto, General Manager Healthcare Philips Indonesia. Meski banyak penyebab bagi gangguan tidur, Obstructive Sleep Apnea (OSA) ditengarai sebagai penyebab yang sering terjadi di masyarakat.

OSA adalah jenis gangguan tidur yang mempengaruhi pernapasan. Penderita OSA berhenti bernapas secara berkali – kali selama tidur. Tiap jeda napas berlangsung selama lebih dari 10 detik dan mengakibatkan menurunnya pasokan oksigen. OSA menjadi serius ketika kejadian ini muncul lebih dari lima kali per sejam tidur. Namun, beberapa penderita OSA dapat mengalami henti napas ratusan kali dalam semalam. OSA dapat berakibat pada kecelakaan di jalan dan tempat kerja. OSA juga menyebabkan hipertensi, diabetes, serangan jantung dan stroke. Pasien OSA 2 kali lebih besar risiko mendapat stroke atau meninggal dunia dibandingkan tanpa OSA,” ujar Dr. Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT.

Di Asia, Philips memperkenalkan program dana riset mikro yang merupakan kerja sama dengan organisasi Sleep Society lokal – termasuk Sleep and Snoring Clinic, Rumah Sakti Medistra – untuk meningkatkan riset klinis pada OSA sekaligus memberikan beasiswa kepada mahasiswa kedokteran yang mendalami studi seputar gangguan tidur. Program dana riset mikro ini akan berjalan hingga tahun 2014 dan bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai hubungan antara OSA dan penyakit yang ditimbulkannya, serta pengaruh ekonomi dari kecelakaan yang ditimbulkan oleh OSA. Untuk program dana riset mikro ini, Philips akan mengevaluasi setiap proposal yang masuk dan mengajak mahasiswa yang tertarik untuk mendaftar bagi beasiswa tersebut.

“Philips bangga karena dapat bekerja sama dengan World Association of Sleep Medicine dalam World Sleep Day 2012 untuk meningkatkan kesadaran dan pengertian seputar gangguan-gangguan yang mempengaruhi kualitas tidur, termasuk Obstructive Sleep Apnea,” ujar Dr. David White, Chief Medical Officer for Philips Home Healthcare Solutions and Professor of sleep medicine at Harvard Medical School.

l


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved