Corporate Action

Reksadana First State Donasikan Rp 400 Juta untuk Seni Pertunjukan

 Reksadana First State Donasikan Rp 400 Juta untuk Seni Pertunjukan

First State Investment

First State IndoEquity Peka Fund (FSI Peka Fund) mendonasikan dana Rp 400 juta kepada Yayasan Kelola sebagai bentuk dukungan bagi seniman Indonesia yang bergerak di bidang seni tari, musik, dan teater. Donasi tersebut berasal dari 0,5% nilai investasi FSI Peka Fund.

FSI Peka Fund merupakan salah satu bentuk reksa dana pertama yang mengusung konsep tanggung jawab sosial di Indonesia. Produk ini dirintis oleh First State Investments Indonesia (FSI Indonesia) bersama dengan Citibank Indonesia. Citibank adalah distributor eksklusif untuk FSI Peka Fund, sekaligus sebagai bank kustodian.

FSI Indonesia dan Citibank berinisiatif untuk menetapkan biaya pengelolaan reksa dana FSI Peka Fund yang lebih rendah, agar para investor dapat berpartisipasi dalam mengembangkan seni dan budaya Indonesia, tanpa mempengaruhi kinerja reksa dana yang bersangkutan. Saat ini, dana dari FSI Peka Fund telah turut mendukung dan mempromosikan seniman-seniman Indonesia melalui Yayasan Kelola.

“Keanekaragaman seni dan budaya Indonesia kerap menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia. Untuk bisa mempertahankan hal ini adalah sebuah tantangan tersendiri. Banyak seniman Indonesia yang kreatif dan berbakat saat ini terkendala pendanaan untuk berkarya,” tutur Ketua Yayasan Kelola, Linda Hoemar Abidin. Yayasan Kelola akan mengelola dana tersebut melalui salah satu programnya yang bernama Program Hibah Seni Kelola. Program ini menawarkan bantuan dana untuk menciptakan karya seni agar dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Seniman dari bidang tari, musik, dan teater sangat disarankan untuk melamar. Seluruh proposal yang masuk akan diseleksi secara ketat oleh tim seleksi independen.

Sejak peluncurannya di awal tahun 2010, FSI Peka Fund terbukti diminati banyak investor. “Hanya dalam kurun waktu dua tahun sejak konsep berinvestasi dan berbagi melalui FSI Peka Fund ini diluncurkan, kami telah mampu mengelola dana lebih dari Rp 149 miliar per Februari 2012,” kata Presiden Direktur FSI Indonesia, Hario Soeprobo. Dengan proporsi 80-100% dana nasabah diinvestasikan dalam saham-saham yang dipilih berdasarkan kualitas, kapitalisasi dan nilainya, para investor pemegang FSI Peka Fund dapat mengharapkan tingkat imbal hasil tinggi yang tentunya sangat menarik bagi para investor jangka panjang.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved