Corporate Action Corporate Action

Menimba Ilmu di Internet Retailing Expo

Oleh Dibi
Suasana pameran di Internet Retail Expo hari pertama

Suasana pameran di Internet Retail Expo hari pertama

Bagi para penggiat e-commerce dan pebisnis berbasis Internet, mengunjungi Internet Retailing Expo Indonesia akan menjadi pengalaman yang bermanfaat. Pasalnya, acara yang dimotori oleh Clarion Events ini menghadirkan pembicara-pembicara dari berbagai latar belakang disiplin dan profesi. Pada hari pertama (19/1) acara tersebut yang bertajuk “Getting Started”, beberapa CEO dan jajaran direksi hadir untuk berbagi ilmu baik dalam diskusi panel maupun presentasi. Beberapa yang hadir di antaranya adalah Anthony Fung, Hadi Wenas, dan Ashwath Ramesh yang masing-masing merupakan CEO dari Zalora Indonesia, MatahariMall.com, dan Lazada Indonesia.

Materi-materi yang disampaikan oleh para bintang bisnis ini terlalu menarik untuk diabaikan. Sebagai contoh, dalam diskusi panel yang salah satunya membahas mengenai marketplace, Anthony Fung menjelaskan bagaimana sistem kerja sama marketplace berbeda dengan sistem kerja sama consignment dalam bisnis e-commerce.

Selain acara pemberian materi yang dilakukan di dua ruang terpisah, acara ini juga menyelenggarakan pameran yang booth-nya diisi oleh para pemain e-commerce, apps, dan logistik yang relatif baru maupun yang sudah berpengalaman di pasar Indonesia.

Daylin Limonte, Senior Marketing Manager Clarion Events, mengatakan, acara ini memang didesain supaya para pengunjung bisa belajar dari para pelaku bisnis terbaik tentang bagaimana menghasilkan hubungan yang profitable dengan konsumen.”Materi yang diberikan skalanya luas, mulai dari kesalahan-kesalahan yang biasanya dilakukan dalam bisnis, pandangan-pandangan para ahli bisnis, hingga membahas best practice dalam berbagai bisnis,” ujar Daylin.

Daylin juga menjelaskan bahwa Internet Retailing Expo Indonesia yang pertama kali diselenggarakan ini bertujuan untuk menjadi katalis bisnis online Indonesia karena menurutnya, potensi consumer market dan online market negeri ini sudah siap untuk meroket lebih tinggi lagi dari kondisinya sekarang.

Acara tersebut diadakan di Hotel Pullman Jakarta Central Park dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Daylin mengaku ada niatan untuk menjadikan acara ini sebagai acara tahunan di Indonesia, mengikuti event Internet Retailing Expo di Birmingham, Inggris, yang diadakan setiap tahun di bulan Maret.

Acara ini diadakan hanya 2 hari dan dinilai dari bobot materi yang disajikan, rasanya sangat sayang jika kita tidak menyempatkan diri untuk berkunjung. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved