Corporate Action Corporate Action

Honda Ekspansi Dealer dan Layanan Baru

Honda Ekspansi Dealer dan Layanan Baru

Honda makin mengukuhkan diri sebagai merek mobil yang tangguh. Lihat saja, kendati pasar otomotif di Indonesia secara umum mengalami penurunan, tapi Honda justru berhasil mencatat pertumbuhan penjualan dibanding periode yang sama di tahun lalu. Pada periode Januari – Mei 2015 penjualan ritel mobil Honda tumbuh 119%, dengan total penjualan yang telah mencapai 69.709 unit di seluruh Indonesia. Honda juga merupakan satu-satunya yang mencapai pertumbuhan penjualan di antara 5 besar merek otomotif di Indonesia.

Selain mencatat pertumbuhan angka penjualan, pangsa pasar Honda juga meningkat dari 11,7% di periode Januari – Mei tahun lalu menjadi 16,1% pada periode Januari – Mei tahun ini. Penyumbang penjualan terbesar terhadap penjualan Honda di periode Januari – Mei 2015 datang dari produk terbaru Honda yang baru diluncurkan pada tahun ini, Honda HR-V 1.5 L di tahun 2015 ini telah tercatat sebesar 14.118 unit dengan pangsa pasar sebesar 43% di kelas LSUV. Sementara HR-V 1.8 L telah meraih total penjualan sebesar 3.329 unit di sepanjang tahun 2015 dengan pangsa pasar sebesar 13% di SUV.

Setelah Honda HR-V, sumbangan terbesar terhadap penjualan mobil Honda pada periode Januari – Mei 2015 datang dari Honda Mobilio yang mencatat total penjualan sebesar 20.426 unit dengan pangsa pasar 18% di kelas LMPV, dan Honda Brio Satya dengan penjualan mencapai 11.390 unit dengan pangsa pasar 18% di kelas LCGC.

jonfis

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Sementara itu, produk-produk lainnya turut berkontribusi positif terhadap penjualan Honda di sepanjang tahun 2015 ini. New Honda Brio terjual 4.332 unit dengan pangsa pasar sebesar 29% di kelas city car, Honda CR-V terjual 4.544 unit dengan pangsa pasar sebesar 18% di kelas SUV, Honda Jazz terjual 7.939 unit dengan pangsa pasar 40% di kelas hatchback, Honda Freed terjual sebanyak 2.012 unit dengan pangsa pasar 8% di kelas MPV, dan Honda Odyssey terjual sebanyak 161 unit dengan pangsa pasar 5% di kelas Upper MPV.

Dari segmen sedan, Honda City terjual sebanyak 756 unit dengan pangsa pasar 54% di kelas mini sedan, Honda Civic meraih total penjualan 395 unit dengan pangsa pasar 39% di kelas small sedan, Honda Accord terjual sebanyak 253 unit dengan pangsa pasar 12% di kelas medium sedan, dan Honda CR-Z terjual sebanyak 54 unit dengan pangsa pasar mencapai 45% di kelas sports.

“Penjualan Honda di periode Januari – Mei 2015 menunjukkan pertumbuhan angka penjualan retail yang cukup signifikan, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan angka penjualan wholesale di periode yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa stock level Honda di periode ini dapat terkontrol dengan baik. Pertumbuhan penjualan ini tentu saja akan kami dukung dengan ekspansi jumlah dealer serta berbagai program purna jual untuk konsumen,“ tandas Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Untuk mengimbangi peningkatan penjualan yang dicapai Honda tersebut, Honda juga terus memperluas jaringan diler di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk meningkatkan layanan purna jual, melakukan berbagai aktivitas untuk konsumen, serta memperkenalkan produk-produk baru di Indonesia.

Sepanjang tahun 2015 sendiri, Honda telah meresmikan sebanyak 5 dealer di berbagai wilayah Indonesia yang meliputi Honda Perdana Sukabumi, Honda Eiyu Indramayu, Honda Istana Banyuwangi, Honda Megah Cinere, Honda Sumber Cilacap.

Hingga akhir Juni 2015, Honda sudah diperkuat oleh 107 dealer dengan fasilitas 3S (Sales, Service, Spare Parts) yang tersebar di hampir seluruh kota besar di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut juga didukung sebanyak 34 Authorized Test Market (ATM) yang tersebar di sebanyak 33 kota di seluruh Indonesia. Menurut rencana, Honda akan menambah jumlah dealernya menjadi 200 dealer hingga tahun 2016. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved