Kamadjaja Logistics Resmikan K-Log Park Cibitung

 

Manajemen PT Kamadjaja Logistics pada hari Kamis 9 April 2015 secara resmi mengoperasikan K-Log Park Cibitung. K-Log Park Cibitung merupakan K-Log Park ketiga yang dibangun oleh PT Kamadjaja Logistics setelah K-Log Park Medan dan Surabaya, dan merupakan K-Log Park terbesar . Dibangun dilahan seluas 180.000 meter persegi dan nilai investasi lebih dari Rp 500 miliar, K-Log Park Cibitung terletak di daerah strategis dan dapat diakses melalui tiga tol, taitu tol JORR 1, JORR 2, dan tol Cikampek sehingga dapat mempersingkat jarak dari pelabuhan Tanjung Priuk. Proses pembanguna K-Log Park Cibitung memakan waktu setahun yang pembangunannya di mulai di akhir 2013 lalu.

Ivan KamadjajaK-Log Park Cibitung menyediakan solusi logistik yang lengkap dan terintigrasi mulai dari warehousing & distribution, domestic&international freight forwarding, land transport, container yard, toll manufacturing and value added service dalam satu atap. Peresmian ini dihadiri oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Rahmat Gobel, disaksikan oleh pendiri PT Kamadjadja Logistics Hura Kamadjadja, CEO PT Kamadjadja Logistics, Ivan Kamadjaja, Deputi CEO PT Kamadjaja Logistics Ivy Kamadjadja, dan para mitra bisnis.

Ivan mengatakan, biaya logistik di Indonesia mencapai 22-27% dari GDP. “Kamadjaja berkomitmen untuk membantu menurunkan biaya logistik dengan memberikan solusi yang berintigrasi,” kata Irvan. Bagaimana cara Kamadjaja Logistics membantu menurunkan biaya logistik? Pertama, lokasi K-Log Park Cibitung ini sangat strategis, sehingga dapat menghemat biaya transportasi. Kedua, dengan mengoptimalkan lokasi. Di K-Log Park Cibitung, proses warehousing & distribution, domestic&international freight forwarding, land transport, container yard, toll manufacturing and value added service dapat dilakukan dalam satu atap, sehingga dapat menurunkan biaya operasional.

Ketiga, dengan mengoptimalkan produktivitas. Di K-Log Park Cibitung, terdapat banyak pintu dock yang expandable, sehingga proses bongkar muat dari kontainer ke warehouse dapat menghemat waktu hingga 50%. “Di tempat lain proses bongkar muat memakan waktu 6 jam, di sini proses bongkar muat hanya memakan waktu 2,5 jam saja. Sehingga lebih hemat waktu 50%,” Ivan menerangkan.Keempat, K-Log Park Cibitung memakai teknologi yang terbaru. Seperti penggunaan barcode. Sehingga mempercepat proses administrasi sebanyak 20%. Kelima, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Seperti cahaya matahari, sehingga di siang hari tidak perlu membutuhkan cahaya yang banyak.IMG_0636

Sementara itu, Ivy Kamadjaja mengungkapkan, K-Log Park lahir berkat kejelian pihaknya menggali kebutuhan dan  keinginan kliennya melalui sistem customer relationship management (CRM) dan voice of customer (VoC). Bahkan, Kamadjaja sampai menugaskan tim khusus yang rutin menjalin hubungan dan meminta masukan dari klien. "Dari situ kami lalu melakukan technical assessment business analysis and financial analysis, yang menghasilkan ide brand: Optimalization Integrated Logistic Solution, yang kami sebut dengan K-Log Park, Beyond Logistics," ujar Ivy.

Kehadiran K-Log Park ini mampu memacu pertumbuhan bisnis Kamadjaja Logistics. Jimmy Sudirgo, GM Strategy & Initiative Management Office Kamadjaja, menjelaskan, sebelum ada K-Log Park pertumbuhan bisnis perusahaan logistik ini berkisar 14%-20% per tahun. Setelah K-Log Park di Medan dan Surabaya beroperasi, menurutnya, bisnis Kamadjaja mampu 26% di tahun 2011, 29% tahun 2012 dan 36% di tahun 2013. Tentu saja, setelah K-Log Park Cibitung, diharapkan pertumbuhan bisnisnya makin cepat. Sebab, K-Log Park Cibitung ini terbesar dibandingkan yang di Medan dan Surabaya, sehingga akan memberikan kontribusi lebih besar bagi pertumbuhan Kamadjaja Logistics.

“Pemerintah sangat mengapresiasi komitmen Kamadjaja Logistics untuk menekan biaya logistik. Kami dari pemerintah akan berusaha sebaik-baiknya untuk memperbaiki infrastuktur di Indonesia untuk membantu perusahaan logistik lainnya,” kata Rahmat Gobel. Menurut Ivan, era Masyarakat Ekonomi Asean menjadi kesempatan yang baik bagi PT Kamadjaja Logistics untuk memperluas jangkauan pemasaran, karena hambatan perdagangan makin berkuran dan nyaris tidak ada. Saat ini PT Kamadjadja Logistics mempunyai 22 distribution center yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan rencanya dekat-dekat ini akan di bangun K-Log Park di beberapa daerah di Indonesia. Selain itu, PT Kamadjaja Logistics ingin menjadi leader di bidang logistic, oleh karena itu kedepannya akan dibangun Kamdjadja Akademi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)