Kemendagri Gandeng 6 Lembaga Kerja Sama Pemanfaatan NIK

2015-07-07 14.24.25_resized_2

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan & Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) menjalin kerja sama beberapa bank dan perusahaan terkaik dengan penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dalam layanan lingkup tugas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 20 Februari 2014.

Perjanjian kerja sama ini dilakukan antara Direktur Jenderal Kependudukan Sipil dan Kementerian Dalam Negeri dengan Direktur Utama Bank Sinarmas, Direktur Utama Bank Permata, Direktur Utama Bank Danamon, Direktur Utama Bank Syariah Mandiri, Direktur Utama Bank BTPN dan Direktur Utama PT Pelindo.

Kerja sama ini bertujuan untuk dijadikan dasar perbankan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan pengembangan cakupan bisnis. Selain itu dengan adanya perjanjian kerjasama ini bisa memberikan gambaran bahwa Pengguna Data Kependudukan berkomitmen memanfaatkan KTP Elektronik dan Database Kependudukan berbasiskan NIK dalam perencanaan pembangunan dan pelayanan publik kedepan. Namun, perjanjian kerja sama ini masih akan dilanjutkan oleh kementerian/lembaga lain seperti Ditjen Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM.

“Kemendagri menargetkan tahun 2018 seluruh warga negara Indonesia berhak memiliki E-KTP, sehingga bisa mengidentifikasi bila ada kejahatan bisa segera ditangkap,” ujar Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri.

Perjanjian kerja sama tentang pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan, dan KTP Elektronik, merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman (MoU) antara Menteri Dalam Negeri dengan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 20 Februari 2014 nomor: 471.12/963/SJ dan nomor: PRJ-21/D.01/2014.

Kerja sama ini ditandatangani oleh Direktur Utama Bank Sinarmas, Direktur Utama Bank Permata, Direktur Utama Bank Danamon, Direktur Utama Bank Syariah Mandiri, Direktur Utama Bank BTPN dan Direktur Utama PT Pefindo ini merupakan lembaga pengguna yang ke 59. Selain itu sudah ada beberapa lembaga yang juga sudah mendatangani kerja sama pemanfaatan NIK, Data Kependudukan dan E-KTP antara lain KPU, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bank BCA, Bank BRI, Bank BNI, PT Taspen dan lainnya.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)