Konsep Baru, GTB 2012 Diluncurkan

Sebagai bentuk apresiasi dan meningkatkan relationship dengan nasabah yang setia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar program Gebyar Tahapan BCA (GTB) 2012. Program ini mengusung tema “Kini Kesempatan Anda Makin Berlipat Ganda” dan berlangsung dari periode Mei hingga September 2012. Tanpa terasa, komitmen BCA menggelar GTB 2012 ini sudah memasuki usia ke-23 tahun.

Konsep GTB 2012 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Yaitu memberikan apresiasi yang terintegrasi dimana tidak hanya dari saldo saja. Namun, nasabah juga berkesempatan mendapatkan hadiah atas transaksi pembayaran (seperti tagihan, pembelian pulsa atau tiket) dan belanja lewat e-banking BCA melalui mekanisme kupon. Alhasil, akan meningkatkan kemudahan dan kesempatan nasabah untuk mendapatkan hadiah serta diharapkan akan meningkatkan engagement serta relationship BCA dengan nasabah.

Melalui program GTB 2012, nasabah berkesempatan mendapatkan Grand Prize 1 unit Mercedes-Benz S-Class yang akan ditarik pada akhir periode. Tidak hanya itu, nasabah juga berkesempatan mendapatkan hadiah I berupa 20 unit Mercedes-Benz C-Class dan hadiah II berupa 2.000 unit motor Honda dan Yamaha yang masing-masing akan ditarik sebanyak 2 unit dan 200 unit pada setiap kali penarikan hadiah. Penarikan motor Honda akan dilakukan pada Mei - Juli 2012 sedangkan Yamaha pada bulan Agustus – September 2012. Penarikan hadiah dilakukan setiap 2 minggu pada acara Gebyar BCA pada Sabtu malam.

Bagaimana caranya untuk mendapatkan kupon? Ada tiga langkah mudah. Pertama, mempunyai saldo rata-rata per bulan Rp 1 juta, akan mendapatkan 1 kupon. Kedua, melakukan transaksi pembayaran di ATM sebanyak 1 kali, akan mendapatkan 1 kupon. Atau jika transaksi menggunakan internet banking klikBCA, mobile banking m-BCA, serta SMS banking SMS BCA akan mendapatkan 2 kupon. Ketiga, belanja menggunakan Debit BCA senilai Rp 100 ribu secara akumulatif per bulan akan mendapatkan 1 kupon.

Selanjutnya, informasi kupon yang dimiliki dapat diperoleh melalui klikBCA Individu, m-BCA, BCA mobile, SMS BCA atau Halo BCA.

Dengan kupon yang dimiliki, nasabah berkesempatan mendapatkan hadiah-hadiah menarik. Untuk mendapatkan hadiah II syaratnya cukup memiliki kupon yang berlaku bagi semua nasabah. Sementara itu, hadiah II dengan 3 syarat: memiliki saldo rata-rata per bulan Rp 10 juta; melakukan transaksi pembayaran/pembelian sebanyak 4 kali tiap bulan; melakukan belanja menggunakan Debit BCA Rp 1 juta per bulan (akumulatif).

Untuk mendapatkan hadiah Grand Prize, ada tiga kriteria yang harus dipenuhi: mempunyai saldo rata-rata per bulan Rp 10 juta selama periode program; melakukan transaksi pembayaran/pembelian sebanyak 4 kali tiap bulan selama periode program; melakukan belanja menggunakan Debit BCA Rp 1 juta per bulan (akumulatif) selama periode program.

Nasabah dapat mengetahui informasi penerima hadiah pada saat acara Gebyar BCA berlangsung, website www.bca.co.id, media cetak dan Kantor Cabang BCA. Para pemenang akan dihubungi BCA melalui surat atau telepon,” jelas Suwignyo Budiman, Direktur BCA.

Pada Triwulan I 2012, Dana Pihak Ketiga BCA tumbuh 21,5% YoY menjadi Rp 335,2 triliun. Tabungan, sebagai salah satu produk jasa keuangan dari BCA telah menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam hal pengelolaan dan transaksi keuangannya. Hal ini terbukti dari meningkatnya dana tabungan maupun jumlah nasabah dari tahun ke tahun yaitu dana tabungan tumbuh 21,8% YoY menjadi Rp 177,4 triliun sedangkan jumlah rekening pada akhir Maret 2012 mencapai lebih dari 10 juta rekening atau meningkat lebih dari 1 juta rekening dibanding Maret 2011. Hal ini didukung oleh beragam produk dan layanan serta kenyamanan bertransaksi melalui penyediaan jaringan distribusi yang aman.

Penyelenggaraan GTB mampu memberikan kontribusi signifikan terhadapi pertumbuhan dana murah. "Pertumbuhan Tahapan BCA tahun lalu 18 persen, tahun ini antara 12-15 persen," tambah Suwignyo. BCA menargetkan pertumbuhan tabungan Rp 193,76–198,95 triliun, atau naik 12–15%, dibandingkan tahun sebelumnya Rp 173 triliun.

Menurut Suwignyo, target pertumbuhan 15–20% merupakan rencana bisnis, bukan berarti target pertumbuhannya lebih rendah dari tahun 2010. Dia menilai, biasanya realisasinya akan lebih tinggi dari yang diperkirakan. Yang jelas, kini terdapat sekitar 9,5 juta nasabah perorangan yang memiliki rekening tahapan BCA, sementara rekening perusahaan terdapat sekitar 100.000- 110.000 perusahaan yang memiliki rekening BCA, khususnya giro atau pinjaman.

Sementara itu, total transaksi per hari BCA yang terjadi di e-channel melalui ATM mencapai 2,5- 3 juta transaksi, electronic banking sebanyak 1 juta transaksi per hari, dan klikBCA 2 juta transaksi. “Jadi, kita mendorong nasabah terbiasa bertransaksi. Kita harapkan meningkat 5–10% dan itu terus berlanjut,” tambah Ina Suwandhi, GM Pengembangan Dana dan Jasa BCA. Adapun, nilai rata-rata transaksi di ATM BCA per bulan mencapai Rp5–6 triliun. Ina mengakui interkoneksi dengan Mandiri menambah volume transaksi di ATM 10% dibandingkan sebelum terkoneksi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)