Dukung Bisnis Perhotelannya, Metland Mendirikan Sekolah Pariwisata

Sebagai wujud partisipasi dalam memajukan pendidikan di Indonesia, PT Metropolitan Land Tbk (Metland) melalui Yayasan Pendidikan Metland (YPM) mengembangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata Metland School dan pendidikan tinggi setingkat diploma 3 dan diploma 4 melalui Metland Tourism Politeknik di Metland Transyogi Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Menurut Wahyu Sulistio Ketua Yayasan Pendidikan Metland,  kehadiran Metland School bertujuan untuk melahirkan leader masa depan dengan meyiapkan membentuk pemimpin di dunia pariwisata yang berkarakter unggul dan berjiwa entrepreneur.

Acara seremoni pemancangan tiang pertama Metland School (15/1) di lokasi proyek Meltand itu, dihadiri oleh kepala dinas pendidikan kabupaten Bogor, ketua sekolah tinggi pariwisata Bandung/NHI, Presiden Direktur Dompet Dhuafa Corporat , dan Nanda Widya selaku Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk serta jajaran Direksi Metland.

Pandu Gunandito (kemeja hijau), Direktur Metland. Pandu Gunandito (kemeja hijau), Direktur Metland.

“Ini merupakan sekolah kedua yang didirikan oleh YPM setelah sebelumnya membangun dan mengoperasikan Sekolah Dasar (SD) Tunas Metropolitan dan SMP Metland School yang berlokasi di Metland Puri, " jelas Wahyu yang juga menjabat sebagai Vice Director HRD GA & Corporate Communications PT Metropolitan Land Tbk.

Para siswa yang belajar di Metland School, nantinya akan dapat melakukan kerja praktek di hotel-hotel yang dimiliki oleh Metland. Wahyu juga menambahkan, alasan Metland memilih mengembangkan pendidikan kepariwisataan, agar sejalan dengan lini bisnis perusahaan yang salah satunya bergerak di bidang perhotelan. Tentunya, dengan pengalaman Metland dalam dunia industri perhotelan menjadi nilai lebih bagi sekolah yang dikembangkan.

Dalam mengembangkan pendidikan Kepariwisataan, YPM bekerja sama dengan berbagai pihak. Di antarnaya kerja sama strategis dengan Dompet Dhuafa. Sinergi ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada lapisan masyarakat kurang mampu agar dapat bersekolah dan cepat bekerja pada bidang industri perhotelan di Nusantara hingga mancanegara, khususnya di Timur Tengah. Selain itu, membuka pula kesempatan bagi 40 siswa untuk sekolah di SMK Pariwisata Metland School melalui program beasiswa. Dompet Dhuafa dalam hal ini memberikan dukungannya dalam mencari siswa yang perlu dibantu.

Selain Dompet Dhuafa, Metland School juga berkerj asama dengan STPB/NHI Bandung dalam mengembangkan pendidikan tinggi setingkat Diploma 3 dan 4 untuk program studi manajemen bisnis perhotelan, food & beverages business management dan room divison management.

“Kerja sama strategis ini akan melahirkan Metland Tourism Politeknik, yang akan di dukung oleh perguruan tinggi kepariwisataan di luar negeri yang telah bermitra sebelumnya dengan STPB/NHI sepert IMI Luzern University di Swiss, Leeds Metropolitan University di Inggris dan beberapa university lainnya yang ada di Australia, New Zaeland dan Perancis,” tambah Wahyu

Di atas lahan seluas lebih dari 6000 M2, Metland School berkomitmen untuk melahirkan insan pariwisata yang handal untuk mendukung perkembangan kepariwisataan di Indonesia. Pembangunan akan dilakukan secara bertahap untuk mengakomodir kebutuhan kelas bagi siswa. Pada tahap pertama akan dibangun 1 lantai yang akan terdiri dari 3 ruang kelas dan 1 ruang praktikum kulineri berstandar industri hotel berbintang. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)