Thailand Week 2015 untuk Tingkatkan Hubungan Bisnis Indonesia-Thailand

Thai Trade Center (TTC) di Indonesia mewakili Departemen of Promosi Perdagangan Internasional / Department International Trade Promotion (DITP), Kementrian Perdagangan, Pemerintah Kerajaan Thailand, bertanggung jawab dalam mempromosikan perdagangan dan pelayanan antara Thailand dan Indonesia.

Kali ini TTC  akan menghadirkan industri-industri menarik Thailand di Jakarta melalui acara“Thailand Week 2015” di mana acara ini terbagi menjadi dua acara inti yaitu Business Forum and Networking bertema “Indonesia-Thailand towards AEC 2015” danThailand Inspiration @Emporium Pluit Mall.

Thailand

“Thailand Week menawarkan banyak peluang dalam hal perdagangan, investasi, dan pariwisata antara Indonesia dan Thailand terutama tahun 2015 ini di  mana seluruh negara-negara ASEAN akan menjadi pasar tunggal. Kami tidak hanya menggelar forum bisnis yang bertujuan mengupdate informasi, akan tetapi kami juga menggelar business networking di mana lebih dari 40 perusahaan Thailand akan turut serta sehingga kami berharap akan menciptakan lebih banyak peluang kerjasama perdagangan antara kedua negara,” ujar Vilasinee Nonsrichai, Direktur Thai Trade Center, Jakarta.

TTC Jakarta telah menggelar acara Business Forum and Networking sejak 2012 dan tahun ini merupakan kali kedua yang dimaksudkan untuk memberikan informasi-informasi terbaru dalam hal perdagangan, investasidan pariwisata antara kedua negara. Dalam forum tersebut akan dihadiri oleh 5 pembicara dari Thailand dan 6pembicara dari Indonesia yang berasal dari sektor swasta, perbankan, dan pemerintah.

Thailand akan diwakili oleh Vilasinee Nonsrichai selaku Direktur Thai Trade Center – Jakarta, Achana Limpaitoon selaku President of Thai Autoparts Manufacturers Association, Hirunya Suchnai selaku Senior Executive Investment Advisor (acting Secretary General) of Board of Investment Thailand, Nithee Seeprae selaku Direktur Tourism Authority Thailand-Jakarta, dan Dr. Nattachai Charusilawong selaku Ekonom dari Kasikorn Bank’s Research Center.

Sementara itu Indonesia akan diwakili oleh Suryo Bambang Sulistio selaku Ketua Umum KADIN, Franky Sibarani selaku Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Hamdani Dzulkarnaen Salim selaku Presiden Direktur Astra Autoparts, Eddy Kuntadiselaku Ketua Umum KADIN Jakarta, Nus Nuzulia Ishak selaku Direktur Jendral Pengembangan  Ekspor Kemendag, dan Hasiyanna S Ashadi selaku Ketua Umum Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA).

Melalui forum tersebut, TTC berharap dapat meningkatkan perdagangan dan investasi di ASEAN dan menghilangkan segala penghalang perdagangan danhambatan Non-Tariff antaranegara-negara ASEAN. Demi kesuksesan kerjasama antara kedua negara, tahun ini Thai Trade Center, Jakarta berencana menandatangani MOU dengan KADIN Jakarta dalam hal kerjasama perdagangan dan investasi.

Selama forum berlangsung, industri suku cadang kendaraan akan menjadi topik utama yang akan dibahas mengingat industri ini diminati oleh kedua negara. Pada  2014, nilai ekpsor kendaraan Thailand, suku cadang dan aksesori kendaraan ke seluruh dunia mencapai US$ 24,548 miliar. Industri manufaktur mobil Thailand dan Indonesia menikmati kepercayaan dari investor dari merek terkemuka Jepang dan Barat, meskipun model kendaraan yang diproduksi di masing-masing negara mungkin berbeda. Hal ini memperlihatkan bahwa sektor otomotif kedua negara saling melengkapi.

“Industri otomotif Indonesia merupakan salah satu industri utamayang akan menggerakkan perekonomian seiring rencana Pemerintah Indonesia yang akan meningkatkan ekspor mobil dansuku cadang ke pasar internasional. Apalagi Indonesia berkeinginan segera menjadi pusat industri otomotif di ASEAN, di mana saat ini posisi tersebut masih dipegang oleh Thailand,” ujar Vilasinee.

Di samping berbagai peluang bisnis yang bisa didapatkan dari acara Business Forum and Networking, Thailand Week juga menggelar pameran bertajuk “Thailand Inspiration @Emporium Pluit Mall”. Pameran tersebut akan menghadirkan industri-industri menarik Thailand yang meliputifashion, aksesoris, perhiasan, OTOP, gift dan dekoratif, makanan dan minuman, serta restoran-restoran Thailand.Produk-produk dari Thailand Queen’s project (SACICT) yang mengetengahkan produk-produk kerajinan tangan karya para ahli juga dapat ditemukan di pameran ini.

Thailand Week diharapkan menjadi ajang tepat bagi perusahaan-perusahaan Thailand mendapatkan rekanan distribitor di Indonesia mengingat lebih dari 40 perusahaan Thailandmemamerkanproduk dan jasa mereka kepada lebih dari 3.000 pengunjung selama 4 hari pameran tersebut. Bahkan produk-produk baru Thailand akan dihadirkan untuk pertama kalinya di Indonesia untuk menjajaki pasar.

Thailand Week juga menampilkan berbagai pertunjukan budaya Thailand, mini fashion shows dan demonstrasi memasak guna menciptakan cita rasa kekayaan budaya Thailand.

Vilasinee menyampaikan keyakinannya terhadap penyelenggaraan acara bisnis ini. “Thailand Week akan menjadi platform yang baik bagi pengusaha Indonesia dan Thailand untuk menjalin hubungandanmembangun kerjasama bisnis. Terlebih sehubungan dengan integrasi ekonomi ASEAN yang akan secara efektif berlaku akhir tahun ini, kami mengharapkan hasil yang lebih baik lagi," ujarnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)