VIVA Bayar US$ 61,54 Untuk Sepak Bola

Ingin tahu berapa duit yang harus dirogoh PT Visi Media Asia Tbk. (VIVA) untuk membeli hak siar Piala Dunia (World Cup) 2014 di Brazil? Nilainya cukup fantastis yakni US$ 61,54 juta.

Dalam keterbukaan informasi VIVA, Selasa (3/7), dikatakan bahwa perusahaan milik Grup Bakrie ini telah mencapai kesepakatan dengan pemegang ekslusif hak media World Cup 2014, PT Inter Sports Marketing (ISM). PT ISM menandatangani perjanjian perizinan dengan tiga anak usaha VIVA, yakni PT Cakrawala Andalas Televisi, PT Lativi Medikarya, dan PT Digital Media Asia (DMA).

Ke-3 anak usaha VIVA tadi harus membayar biaya hak siar US$ 54,1 juta kepada Federasi Sepakbola Internasional (FIFA). Selain itu tiga anak usaha tersebut juga harus mengganti biaya-biaya yang dikeluarkan oleh ISM sehubungan dengan proses persiapan, negoisasi dan eksekusi perjanjian perizinan sebesar US$ 4,44 juta dan membayar biaya konsultasi sebesar US$ 3 juta.

Sekretaris Perusahaan VIVA, Neil R Tobing, menyebutkan, perseroan telah memperoleh fasilitas garansi bank (bank guarantee) senilai US$ 10,8 juta sebagai syarat menjadi official broadcaster dari Media Rights World Cup 2014.

Penerbitan garansi bank ini merupakan syarat agar perseroan dan anak usahanya dapat ditunjuk menjadi sub-lisensi atau official broadcaster dari Media Rights World Cup 2014 berdasarkan perjanjian yang ditandatangani FIFA dan ISM tersebut.

Sementara itu, Presiden Direktur Visi Media Asia, Erick Thohir, beberapa waktu lalu mengatakan, perseroan menargetkan pendapatan Rp 1 triliun dari penyiaran PD 2014. Perjanjian yang diperoleh VIVA dengan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) ini adalah pertama kalinya menggunakan perjanjian menyeluruh. Sebelumnya, perjanjian yang dilakukan biasanya hanya sebatas hak siar untuk televisi.

Selain hak siar televisi, pada perjanjian kerja sama kali ini, VIVA memegang hak siar untuk radio, online, koran, dan lainnya. "Pertama kali beli rights menyeluruh, baik radio, new media, semuanya," ungkapnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)