Kolaborasi IWAPI dan Facebook untuk Wanita Pengusaha

Facebook iwapi

Bertepatan dengan lahirnya Kartini, secara sengaja IWAPI dan Facebook menjalin kerja sama untuk para pengusaha UKM yang banyak didominasi oleh wanita. Kerja sama tersebut akan dilakukan lewat program #SheMeansBusiness.

Facebook mengajak IWAPI untuk mengembangkan bisnis di 30 ribu anggota IWAPI yang tersebar di 32 provinsi. Menurut Nita Yudi, Ketua Umum IWAPI, banyak dari wanita yang lebih aktif menggunakan Facebook, termasuk pengusaha UKM wanita yang baru, penetrasinya meningkat tiga kali lipat dalam kurun waktu 2014-2015.

"Ada 54,5 juta pengusaha di Indonesia. 49,5 nya adalah pengusaha mikro dan kecil. Dan 60%nya adalah pengusaha wanita. Lewat kerjasama ini, kami ingin wanita pengusaha lebih meningkat lagi," jelas Nita di depan awak media di Jakarta (21/4).

Sementara itu Clair Deevy, Head of Economic Growth Initiatives APAC Fecebook, menjelaskan bentuk kerja sama program 'she means business' tersebut berupa pelatihan mengenai cara membuat konten menarik di Facebook, kemudian pelatihan pemasaran produk dan cara mengukur iklan di Facebook agar tepat sasaran.

Perlu diketahui, saat ini jumlah pelaku UKM se Asia Pasifik yang memakai jasa iklan di fanpage Facebook berjumlah 3 juta. Pertumbuhan tercepat berada di kawasan Asia Tenggara dan Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang iklan terbesar untuk fanpage Facebook di Asia Tenggara.

Nadia Tan, Head of SMB for Southeast Asia Facebook, menambahkan, tugas utama Facebook adalah menyambung bisnis (connenting business) UKM di Indonesia dan membantu para pebisnis pemula untuk menjangkau bisnis mereka kepada 1,59 miliar pengguna facebook secara global.

"Tidak ada target spesifik jumlah pengiklan yang akan kami kejar dari kerja sama ini. Namun yang pasti lewat kerjasama ini kami ingin memberikan edukasi lewat berbagai workshop dengan jaringan IWAPI di seluruh Indonesia," terang Nadia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)