Komitmen Bank CIMB Niaga di Usia 60 Tahun

Perjalanan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) di Indonesia di tahun ini sudah lebih dari setengah abad. Bank CIMB Niaga pada 26 September 2015 berumur 60 tahun. Emiten yang berkode BNGA ini berkomitmen untuk berperan dalam kancah perbankan nasional. “Upaya ini kami wujudkan melalui pengembangan produk-produk dan layanan perbankan konvensional dan syariah yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan dunia usaha,” kata Presiden Direktur Bank CIMB Niaga Tigor M. Siahaan dalam rilisnya di perayaan 60 Tahun Sasti Raya CIMB Niaga di Jakarta, Kamis  (1/10).

Menurut Tigor, pihaknya sangat bersyukur atas pencapaian yang telah diraih CIMB Niaga saat ini. “Kecuali mungkin bagi para pencetusnya, tak seorang pun menyangka bahwa aktivitas di garasi sebuah rumah di Jalan Roa Malaka Selatan Nomor 5 Jakarta, enam puluh tahun yang lampau, kini menghasilkan sebuah bank papan atas dan terkemuka di Indonesia,” paparnya.

HUT ke-60 CIMB Niaga 2

Selain menempati posisi bank terbesar kelima dari sisi aset di Tanah Air, CIMB Niaga juga kini mencatatkan dirinya sebagai bank terbesar kelima dalam hal penyaluran kredit, penghimpunan dana pihak ketiga, jumlah kantor cabang maupun ATM. Perseroan juga terus melebarkan cakupan operasionalnya dengan menjangkau wilayah Nangroe Aceh Darussalam hingga Jayapura, Papua melalui 919 jaringan kantor per 30 Juni 2015. Jaringan kantor secara nasional ini didukung oleh 3.325 Automated Teller Machines (ATM), 713 Cash Deposit Machines (CDM), 215 Self Service Terminals (SST) dan 21 Digital Lounge.

Beragam penghargaan bertaraf nasional dan internasional telah pula dianugerahkan kepada CIMB Niaga dalam berbagai bidang seperti kinerja keuangan, tata kelola perusahaan, tanggung-jawab sosial, pengelolaan sumber daya manusia dan inovasi teknologi informasi.

Pencapaian tersebut, lanjut Tigor, tak lepas dari konsistensi CIMB Niaga melihat peluang dan potensi yang ada. Salah satunya, dengan terus berinovasi. Di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif dan situasi ekonomi yang menantang, CIMB Niaga harus terus mengedepankan pendekatan customer centricity untuk memantapkan posisinya dalam industri perbankan Tanah Air. Oleh karenanya, CIMB Niaga telah memperkenalkan brand positioning ‘Inovasi dari Hati’.

“Kami selalu menempatkan nasabah baik internal dan eksternal dalam hati maupun pikiran kami, sehingga dapat memberikan solusi tepat guna berupa produk, layanan, dan proses yang lebih baik melalui inovasi,” ujar Tigor.

Hasil inovasi tersebut tercermin dalam berbagai tonggak sejarah perjalanan enam dekade CIMB Niaga mengabdi untuk negeri, diantaranya bank pertama di Indonesia yang menawarkan ATM (1987), bank pertama di Indonesia yang memberikan nasabahnya layanan perbankan secara online (1991), dan bank pertama di Asia yang meluncurkan rekening bank di dalam hand phone, atau yang dikenal dengan Rekening Ponsel (2013).

Ke depan, CIMB Niaga akan terus melangkah dengan optimis memanfaatkan pertumbuhan ekonomi, populasi maupun basis nasabah. CIMB Niaga juga akan melanjutkan strategi mencapai tujuan menjadi bank digital terdepan di Tanah Air. Di samping itu, jaringan CIMB Group yang kuat di tingkat ASEAN akan sepenuhnya dimanfaatkan untuk dapat merealisasikan peluang bisnis dengan nasabah maupun debitur di negara-negara ASEAN lainnya.

Tigor mengapresiasi para pemangku kepentingan atas atas kepercayaan, dukungan, dan loyalitas yang diberikan kepada CIMB Niaga. Tak lupa, Tigor memberi ucapan terimakasih untuk dedikasi rekan-rekan CIMB Niaga yang tersebar di berbagai penjuru nusantara.

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 97,9% saham Bank CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. Bank ini menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun syariah, melalui 919 jaringan kantor per 30 Juni 2015, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 563, Mikro Laju sebanyak 271 (tidak termasuk 18 outlet yang menyatu di kantor cabang), kantor kas dan payment point sebanyak 65 unit (termasuk 21 digital lounge yang tercatat), dan kas mobil sebanyak 20 unit. CIMB Niaga memiliki 15.078 karyawan per 30 Juni 2015.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan syariah, pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 9 dari 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar dan Laos).

Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, Bahrain, India, Sri Lanka, Taiwan, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea. Saham CIMB Group tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Per 30 Juni 2015, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD46,4 miliar dan jumlah karyawan sekitar 44.000 orang yang tersebar di 17 negara. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)