Kamadjaja Logistics Bangun PLB Baru

Ivy Kamadjaja menjelaskan fasilitas PLB di K-Log Park kepada Jokowi Ivy Kamadjaja menjelaskan fasilitas PLB di K-Log Park kepada Jokowi

 

Industri logistik Indonesia kini sedang menjadi ladang subur, selain mulai banyak pemain masuk, pemain lama pun mulai melakukan berbagai inovasi. Salah satunya adalah Kamdjaja Logistic yang menyiapkan K-Log Park Cibitung sebagai Pusat Logistik Berikat (PLB).

PLB yang berdiri di lahan seluas 18 hektar ini menjadi pusat logistik yang modern dengan menyediakan berbagai solusi logistik yang lengkap mulai dari warehousing & distribution, domestik & international freight forwarding, land transport, toll manufacturing and value added service dalam satu atap.

Nantinya, PLB ini akan menjadi suatu tambahan layanan baru yang akan diberikan dalam kompleks logistik ini. “Seluruh sarana dan prasarana kami memang sudah memenuhi syarat menjadi pusat logistik berikat”, ujar Ivy Kamadjaja, Deputy CEO Kamadjaja Logistics.

PLB diresmikan baru-baru ini dan dalam tahapan pertama, lahan tertutup seluas 32 ribu meter persegi ini sebagiannya telah disiapkan untuk area PLB. Perusahaan yang berdiri sejak 48 tahun lalu ini telah memiliki komitmen dalam pengelolaan fasilitas Pusat Logistik Berikat tersebut.

Hal ini karena komitmen Kamadjaja untuk mendukung program kebijakan ekonomi pemerintah. Ada 3 keunggulan utama dari fasilitas PLB di K-Log Park Cibitung. Pertama, lokasi sangat strategis dan mudah diakses dari 3 jalan tol utama (JORR 1, JORR2, Cikampek).

Kedua, memiliki Kamadjaja memiliki warehouse yang dilengkapi dengan dukungan IT-based service paperless, yang dapat diakses langsung oleh pihak bea cukai. Selain itu, Kamadjaja juga memiliki 24 distribution center,  yang tersebar  di 17 kota utama di Indonesia dan  355 destination points.

PLB ini juga terletak di kawasan industri yang bebas banjir, sehingga proses dan aktifitas pun bisa berjalan lancar. Hingga saat ini, Kamadjaja memiliki 3 K-Log Park sebagai kompleks fasilitas logistik terpadu, yakni K-Log Park Cibitung (Jawa Barat), ditambah K-Log Park Medan (Sumatera Utara), dan K-Log Park Surabaya (Jawa Timur).

Menurut Ivy, PLB merupakan bagian dari paket kebijakan ekonomi pemerintah untuk meningkatkan daya saing produk Indonesia. Fasilitas PLB akan memperlancar arus barang secara efektif dan efisien sehingga dapat mengurangi dwelling time dan menjamin kebutuhan bahan baku bagi industri dalam negeri.

Perusahaan yang menggunakan fasilitas PLB akan mendapat beberapa manfaat. Beberapa contohnya adalah mendapatkan fasilitas penangguhan bea masuk dan pajak saat masuk area PLB, penundaan pembayaran bea masuk dan pajak saat pengeluaran.

Selain itu, bisa mendapatkan kecepatan layanan karena didukung IT servis, priority clearance dan dokumen pengeluaran berkala.  “Saya yakin, fasilitas ini akan menjadikan Indonesia sebagai pusat distribusi (hub) di kawasan Asia Pasifik,” tutup Ivy. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)