CSR Corner Corporate Action

Unilever Edukasi Air Bersih pada Komunitas Ibu Bercahaya

Unilever Edukasi Air Bersih pada Komunitas Ibu Bercahaya

Unilever Indonesia menggalang Komunitas Ibu Bercahaya (Bersih, Cermat, Ramah, dan Berdaya). Komunitas ini merupakan gerakan kolektif bentukan Unilever yang bertujuan untuk peduli lingkungan rumah dan sekitarnya lebih baik. Komunitas ini terdiri dari kader agen perubahan yang dinilai mampu memberikan inspirasi bagi sekitarnya untuk menerapkan hidup bersih dan ramah lingkungan. Sementara itu, anggota yang sudah terekrut merupakan hasil dari rekomendasi LSM, akses melalui Suara Konsumen Unilever, dan situs www.ibubercahaya.com bebas pungutan biaya.

Dalam menjalankan tugasnya, Komunitas Ibu Bercahaya dibekali dengan rangkaian produk home care dari Unilever di samping pelatihan-pelatihan ilmu sebagai sumber wawasan untuk menerapkan misinya. Pada pelatihan pertama, kader-kader Ibu Bercahaya diedukasi mengenai pentingnya pengelolaan air guna menjamin ketersediaan air bersih. Dalam agenda tersebut mereka diajarkan tentang cara pembuatan sumur resapan, biopori, manajemen air kotor, penanaman pohon di sekitar rumah, serta penghematan kebutuhan air sehari-hari.

Sebagai insentif atas aktivitas yang telah dicanangkan tersebut, Unilever memberikan penghargaan bagi kelompok kader yang sanggup merealisasikan perilaku hidup bersih dan ramah lingkungan secara berkelanjutan. Ibu Bercahaya yang dinilai berprestasi inilah yang nantinya diberikan kesempatan untuk tampil dalam Program Eat Bulaga di salah satu televisi nasional.

Kader angkatan pertama ini juga akan dilibatkan dalam serangkaian program berkaitan dengan perayaan Hari Air Sedunia pada 21-22 Maret 2013 mendatang. Rencananya, program yang akan diadakan di sekitar Kali Ciliwung ini akan memberikan sejumlah edukasi kepada masyarakat bantaran sungai. Melalui Produk Molto dan Pure It, kegiatan akan difokuskan untuk memperdalam pengetahuan mengenai solusi air bersih yang layak minum, hemat, serta ramah lingkungan.

“Bersama Komunitas Ibu Bercahaya, Unilever telah mencanangkan program pembuatan 1 juta biopori, serta bersama Molto, diharapkan akan ada program penghematan air sebesar 1 miliar liter dalam setahun. Semoga komunitas ini turut berkontribusi dalam mewujudkan lingkungan yang lebih baik lagi bagi keluarga Indonesia, “ kata Maria Dewantini Dwianto, Corporate Communications Head PT Unilever Indonesia. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved