Capital Market & Investment zkumparan

Emiten Pakan Ternak Incar Ekspor Produk Halal

Emiten Pakan Ternak Incar Ekspor Produk Halal
Japfa Comfeed mengikuti pameran Malaysia International Halal Showcase di Kuala Lumpur,

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), emiten pakan ternak terpadu, membidik peluang mengekspor produk halal ke berbagai negara dengan mengikuti Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) di Kuala Lumpur, yang digelar pada pada 3-6 April 2019.

Rachmat Indrajaya, Direktur Corporate Affairs Japfa, menyampaikan, kegiatan ini merupakan peluang bagi perseroan untuk memperkenalkan rangkaian produk halal kepada dunia usaha internasional. “Seluruh produk Japfa telah mendapat sertifikasi halal dengan kualitas mutu yang diakui di mancanegara,” ujar Rachmat dalam keterangan tertulis di Kuala Lumpur, Kamis (4/4/2019).

Saat ini, perseroan mengekspor produk halal ke berbagai negara, di antaranya adalah Amerika Serikat, Belanda, Uni Emirat Arab, Filipina, Inggris, Jepang, Malaysia, Myanmar, Oman, Arab Saudi, Singapura dan Thailand. Partisipasi perseran mengikuti MIHAS itu merupakan bagian dari komitmen Japfa mendukung target ekspor nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yakni sebesar 7,5%.

MIHAS adalah pameran dagang berskala internasional yang menjadi ajang pertemuan bagi para importir dan eksportir dari berbagai negara ini, dikhususkan untuk mempromosikan produk dan jasa halal dari berbagai sektor. Oleh karena itu, para peserta yang berpartisipasi adalah para pelaku usaha yang mampu menyediakan produk-produk halal terbaik yang berstandar internasional.

Berdasarkan laporan State of Global Islamic Economy pada 2018/19, potensi industri halal secara global mencapai US$ 2,1 triliun pada 2017 dengan 1,8 juta penduduk dunia yang membutuhkan produk dan jasa halal. Kategori makanan dan minuman halal menjadi potensi terbesar dengan nilai belanja mencapai US$ 1,3 triliun. Dengan pengeluaran masyarakat untuk makanan dan minuman halal tumbuh sebesar 6,1 persen dan diperkiran mencapai US$ 1,9 triliun pada tahun 2023, maka terdapat peluang signifikan untuk investasi dan penciptaan merek makanan halal global.

Rangkaian produk Japfa dipasarkan ke mancanegara dengan merek Tokusen untuk daging sapi wagyu, Ichi No Ji untuk rangkaian produk unagi yang terbuat dari sidat, Japfa Prime Seafood untuk produk ikan nila dan udang olahan, Omayo untuk produk mayonnaise, serta Pazar untuk rangkaian bumbu dapur.

Saat ini, pengawasan regulasi terhadap produk makanan dan minuman halal terus meningkat. Salah satunya adalah memastikan praktik yang sesuai dengan Syariah/ketentuan halal, mulai dari peternakan hingga produk tersebut dikonsumsi oleh masyarakat. Rachmat menuturkan selama ini Japfa telah menerapkan peraturan mengenai produk halal mulai dari pakan yang diberikan kepada hewan ternak, proses pemotongan, pengolahan, pengemasan hingga distribusi produk. “Melalui kegiatan ini, kami ingin memperkenalkan, memberikan pemahaman akan rangkaian produk halal Japfa, dan membuka peluang kerja sama dengan mitra negara lainnya,” ujar Rachmat.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved