Capital Market & Investment zkumparan

Emiten Tekstil Genjot Penjualan Domestik

PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), emiten penyedia kain, seragam, dan fashion berkualitas, memacu penjualan di dalam negeri yang menangani pemesanan kustomisasi (customized order) dan berinovasi membuat diversifikasi produk yang dibutuhkan konsumen, antara lain kain dengan fitur khusus hingga berbagai pakaian untuk menunjang di masa pandemi.

R. Nurwulan Kusumawati, Sekretaris Perusahaan BELL, mengatakan BELL sepanjang tahun 2020 itu gencar memasarkan produk di dalam negeri dengan kontribusi per Desember 2020 penjualan lokal sebesar 97,3% yang mengalami sedikit kenaikan dari tahun 2019. “Pada 2021 ini seiring dengan pulihnya pandemi Covid-19, BELL akan terus menambah peluang pasar di dalam negeri, serta ekspor,” ujar Nurwulan di Jakarta, Selasa (20/4/2021).

Kontribusi penjualan di dalam negeri ini didorong oleh inovasi-inovasi produk. BELL berinisiatif dengan membuat produk Kain Sehat, yaitu kain dengan fitur khusus anti mikroba, anti air, dan breathable, memproduksi alat pelindung diri (APD) berupa baju hazmat dan masker non-medis. Kemudian, menyambut masa new normal, BELL juga berinovasi dengan membuat produk Jaket Sehat yang tentunya menjadi salah satu kontribusi penjualan dalam negeri.

Diversifikasi produk-produk baru tersebut, BELL yang berpengalaman lebih dari 50 tahun ini, gencar memperluas basis konsumen di pasar lokal. “Salah satu produk kami adalah seragam yang sudah banyak dipesan oleh customer kami mulai dari pemerintah hingga swasta. Maka memasuki masa new normal kami berinisiasi membuat Kain Sehat yang produknya juga dapat dijadikan berbagai jenis garmen termasuk seragam,” ucap Nurwulan.

Penjualan BELL pada 2020 sebesar Rp 538 Miliar atau terkoreksi 24,6% dibandingkan tahun sebelumnya. Penjualan dan pemasaran tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya lantaran yang diberlakukannya PSBB/PPKM serta lockdown di banyak negara pada masa pandemi,. “Diharapkan seiring dengan sudah adanya vaksinasi pada tahun 2021 ini dan kondisi perekonomian yang mulai pulih, BELL optimis ke depan akan mendapatkan kinerja yang lebih baik. Terutama dengan inovasi-inovasi produk dan keahlian yang kami miliki, kami percaya kondisi akan normal kembali. BELL akan terus berinovasi membuat produk berkualitas dan menggali pasar dalam negeri yang masih luas, serta peluang untuk ekspor,” tutur Nurwulan.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved