Financial Report

2021, WOM Finance Targetkan Pembiayaan Rp 5,3 Triliun

Dampak pandemi Covid-19 dirasakan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance). Dalam acara Public Expose ?kinerja WOM Finance Kuartal III-2020, pandemi Covid-19 membuat kinerja keuangan Kuartal III/2020 terkoreksinya dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Namun Kuartal III-2020, WOM Finance, tetap dapat mencatatkan laba sebelum pajak sebesar Rp 86 miliar dan telah menyalurkan pembiayaan kendaraan bermotor sekitar 98 ribu unit, tentunya akan semakin bertambah hingga akhir tahun 2020.

Menurut Zacharia Susantadiredja, Direktur Keuangan WOM Finance, terkoreksinya kinerja Perseroan dipengaruhi oleh pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang cukup ketat di sejumlah wilayah di Indonesia pada Kuartal II-2020, sehingga mempengaruhi aktivitas masyarakat. Namun untuk keluar dari keterpurukan, WOM Finance telah menyiapkan strategi-strategi yang implementasinya akan dimaksimalkan hingga menutup tahun 2020.

Presiden Direktur WOM Finance Djaja Suryanto Sutandar mengakui, dalam kurun sembilan bulan berjalan tahun ini, WOM Finance telah memberikan kinerja yang cukup baik meski dihadapkan pada kondisi bisnis yang menantang serta adanya pandemi yang tentunya berdampak terhadap penurunan daya beli masyarakat.

Manajemen WOM Finance pun harus merevisi target pembiayai tahun ini, bila sebelumnya menargetkan sekitar Rp 6,5 triliun, dan kini merevisi targetnya menjadi Rp 2,6 triliun. “Kami optimis hingga Desember tahun target tersebut tercapai, dan tahun 2021 WOM Finance menargetkan pembiayaan sekitar Rp 5,3 miliar,” kata Zacharia dalam pubic expose secara virtual (5/11).

Menurut Zacharia, pembiayaan sebesar Rp 1,8 triliun, kontribusi terbesarnya untuk pembiayaan multiguna jasa MotorKu dan MobilKu sebesar Rp 1,1 triliun dan pembiayaan multiguna barang motor baru dan bekas sebesar Rp 658 miliar.

Djaja menambahkan, dalam menyongsong tahun 2021, WOM Finance telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengoptimalkan peluang pertumbuhan, antara lain meningkatkan penyaluran pembiayaan konsumen dengan mengembangkan program promosi yang menarik serta tetap menjaga kualitas portofolio perusahaan, menerapkan perbaikan proses bisnis melalui digitalisasi proses akuisisi, pembayaran digital dan pengembangan aplikasi kawan serta meningkatkan produktivitas dan efektivitas dari tenaga pemasaran dan penagihan untuk menghasilkan kualitas portofolio yang semakin bertumbuh dan sehat.

Di tengah dampak pandemi Covid-19 ini, WOM Finance telah mengimplementasikan pembaharuan teknologi informasi dan pelayanan digital untuk mendukung efektivitas dan efisiensi operasional serta memberikan kemudahan bagi karyawan dan konsumen untuk melakukan kegiatan operasional dan bertransaksi.

WOM Finance dalam melakukan akselerasi digital telah menghadirkan solusi melalui beragam layanan pembayaran digital yang didukung oleh beragam ?marketplace ?dan digital ?platform yang kuat. Untuk itu, secara terus menerus mengembangkan kerjasamanya untuk mempermudah layanan kepada konsumen dan efisiensi operasional bagi karyawan.

Perubahan besar yang terjadi saat ini seakan memaksa masyarakat untuk mulai beradaptasi dengan kegiatan digital. “Kami berharap dengan kemudahan akses digital yang kami berikan dapat menghadirkan solusi kemudahan untuk konsumen melakukan transaksi pembayaran dan kegiatan operasional lebih cepat dan efisien,” ujar Djaja.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved