Astra Bagi Dividen Tunai Rp 8 Triliun

PT Astra International Tbk. (ASII) membagikan dividen tunai sekitar Rp 8 triliun dari laba bersihnya. Hal itu diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Four Season Hotel, Jakarta, Jumat (27/4). Dalam rapat itu juga disepakati stock split saham dengan rasio 1: 10.

Pembagian dividen kepada pemegang saham itu setelah ASII berhasil membukukan laba bersih sekitar Rp 17,78 triliun pada tahun buku 2011 lalu. Total dividen yang akan dibagikan sekitar Rp 8 triliun, rinciannya adalah Rp 1.980 per lembar saham. Untuk dividen interim Rp 600 per lembar saham yang telah dibayarkan pada tanggal 14 November 2011. Sedangkan sisanya Rp 1.380 dibayar pada 6 Juni 2012.

"Sisa laba bersih sekitar Rp 9,7 triliun akan dibukukan sebagai laba ditahan perseroan," ujar Presiden Direktur PT Astra Internasional, Prijono Sugiarto.

RUPSLB juga menetapkan seluruh anggota Dewan Komisiaris Perseroan menerima pemberian honorarium sejumlah Rp 1 miliar gross per bulan yang dibayarkan sebanyak 13 kali dalam setahun, mulai 1 Mei 2012 hingga RUPST 2013.

Rapat pun memberikan wewenang kepada Presiden Komisaris untuk membagi jumlah honorarium tersebut di antara para anggota Dewan Komisaris Perseroan.

Sementara itu, untuk stock split saham ASII disetujui dengan rasio 1: 10 yang rencananya akan dilakukan pada Juni mendatang. (Lila Intana/EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)