Kerugian Item Khusus Mengakibatkan Turunnya Pendapatan General Motors

GM Q3 Business Result

General Motors Co.mengumumkan pendapatan bersih pada kuartal ketiga tahun 2014 untuk pemegang saham biasa senilai U$S 1,4 miliar atau U$S 0,81 per lembar saham. Kerugian bersih dari item khusus telah menurunkan pendapatan bersih sebesar U$S 0,3 miliar atau U$S 0,16 nilai per lembar saham. Hal tersebut berkaitan dengan perbaikan kerusakan akibat banjir di GM Technical Center di Michigan dan penurunan nilai aktiva jangka panjang di Rusia.

Mary Barra, CEO General Motors, mengatakan, “Penjualan global yang kuat dan pertumbuhan besaran margin di Amerika Utara dan Tiongkok menopang GM dalam menghasilkan pendapatan yang kuat pada kuartal ketiga. Selain tantangan industri di Rusia dan Amerika Selatan, pendapatan kami telah sesuai dengan kelanjutan rencana untuk memperkuat strategi yang berfokus kepada konsumen.”

Pada kuartal ketiga tahun 2013, pendapatan bersih GM untuk pemegang saham biasa mencapai U$S 0,7 miliar atau U$S 0,45 nilai per lembar saham, yang mencakup kerugian bersih dari hal khusus yang telah menyusutkan pendapatan bersih untuk pemegang saham biasa senilai U$S 0,9 miliar atau U$S 0,51 nilai per lembar saham.

Pendapatan bersih pada kuartal ketiga tahun 2014 mencapai U$S 39,3 miliar, naik dibandingkan tahun 2013 sebesar U$S 39 miliar. Dalam sembilan bulan terakhir, pendapatan GM melonjak hingga USD 116,3 miliar, naik dari periode yang sama tahun lalu sebesar U$S 114,9 miliar.

GM Amerika Utara mencatat pendapatan sebelum bunga dan pajak sebesar U$S 2,5 miliar, naik dari periode yang sama tahun lalu sebesar U$S 2,2 miliar.

GM Financial mencatat pertumbuhan pendapatan sebelum bunga dan pajak sebesar U$S 0,2 miliar, sama besarnya dengan periode yang sama tahun lalu. Pada kuartal ketiga tahun 2014, arus kas otomotif dari aktivitas operasi mencapai U$S 0,7 miliar dan aliran kas bebas otomotif yang disesuaikan mencapai U$S 0,8 miliar, turun dari tahun lalu sebesar U$S 1,3 miliar.

Penurunan pada arus kas bebas yang telah disesuaikan utamanya disebabkan oleh satu tambahan siklus pembayaran mingguan kepada pemasok pada kuartal tersebut dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu dan pembayaran kas yang berhubungan dengan perbaikan kendaraan (recall), termasuk biaya untuk mempercepat pengiriman suku cadang ke diler.

GM mengakhiri kuartal ketiga tahun ini dengan total likuiditas otomotif sebesar U$S 36,6 miliar. Kas otomotif dan surat berharga sebesar U$S 26,1 miliar, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar U$S 28,4 miliar.

Sementara itu Chuck Stevens, GM Executive Vice President and Chief Financial Officer mengatakan, “Pertumbuhan yang kuat di Amerika Utara, dimana GM memperoleh margin 9,5 persen, memberikan hasil positif pada keseluruhan hasil. Kami fokus pada peluncuran kendaraan-kendaraan unggulan kami dalam beberapa bulan ke depan, sembari memberikan pengalaman positif kepada para pelanggan".(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)