Financial Report

Kuartal I 2021, Modernland Realty Bukukan Marketing Sales Rp341 Miliar

Kuartal I 2021, Modernland Realty Bukukan Marketing Sales Rp341 Miliar

Salah satu proyek PT Modernland Realty Tbk.

Di tengah pandemi Covid-19, sepanjang kuartal I 2021 pertumbuhan marketing sales di Jakarta Garden City sebesar Rp 162 miliar atau meningkat 86% dibanding periode yang sama tahun 2020. Menurut Investor Relations and Budgeting Director PT Modernland Realty Tbk. Bobby Heryunda, meski melonjak signifikan, hanya saja total marketing sales perusahaan ini sedikit terkoreksi pada kuartal I 2021, khususnya pada segmen residensial yang tercatat sebesar Rp 341 miliar atau turun 5% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp 359 miliar. Hal ini disebabkan oleh adanya penurunan penjualan pemasaran di beberapa proyek Modernland lainnya.

Ia menambahkan, pada segmen industrial, meskipun sentimen positif tampak meningkat di pasar, namun investor korporasi masih terus menunggu dan melihat perkembangan ekonomi dan pergerakan pasar. Akibatnya, sampai dengan Maret 2021, segmen industrial Perseroan hanya membukukan marketing sales Rp 15 miliar atau turun 95% dari Rp 290 miliar di kuartal I 2020. Sementara itu, segmen hospitality dan lainnya menyumbang penjualan sekitar Rp 29 miliar.

Dari sisi operasional, pendapatan Modernland Realty pada kuartal I 2021 tercatat meningkat 76,12% atau sebesar Rp 196,94 miliar dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 111,83 miliar.Kenaikan pendapatan terjadi pada segmen penjualan tanah dari nihil pada tahun sebelumnya menjadi Rp 38,67 miliar, rumah tinggal dan ruko meningkat dari Rp 78,99 miliar menjadi Rp 119,08 miliar, EPS dan wiremesh dari Rp 3,01 miliar menjadi Rp 4,58 miliar.

Adapun, pendapatan hotel dan sewa mengalami kenaikan dari Rp 18,36 miliar menjadi Rp 21,42 miliar serta pendapatan lapangan golf dan restoran club house meningkat dari Rp 11,36 miliar menjadi Rp 13,19 miliar.

Tak hanya itu, Modernland Realty juga terus membuktikan konsistensinya untuk meningkatkan kinerja pada sejumlah portofolionya meski di tengah kondisi yang kurang baik akibat pandemi Covid-19, termasuk memantau secara berkala terhadap dampak yang timbul dari sisi operasional maupun kinerja keuangan.

Kedepannya Perseroan juga tetap berkomitmen dalam menyelesaikan pembangunan sejumlah proyek yang sedang berlangsung dan memberikan berbagai penawaran menarik berupa diskon maupun cashback bagi konsumen Residential Segment seperti di area Jakarta Garden City (JGC), Kota Modern dan Bukit Modern (ModernHill).

Sejak tahun 2020, PT Modernland Realty Tbk. telah meluncurkan beberapa produk hunian maupun komersial di sejumlah kawasan hunian tersebut. Diantaranya, hunian dengan teknologi pracetak di Cluster New Shinano Precast dan Cluster La Seine Precast di Jakarta Garden City. Produk lain yang sedang dibangun yaitu New East yang terdiri atas 60 unit luxurious shophouse dan 13 ritel dengan harga mulai dari Rp4 miliar hingga Rp11 miliar.

Selain New East ada juga apartemen Cleon Park yang mulai dibangun pada akhir September tahun 2020 lalu. Apartemen Cleon Park terdiri atas 310 unit berbagai type dengan harga mulai dari Rp 600an juta hingga Rp 1,4 miliaran. Perseroan saat ini juga tengah memasarkan Ruko Golf Boulevard Commercial Park di kawasan Kota Modern yang merangkum 40 unit ruko berbagai type, mulai dari ruko 2 lantai dengan dengan type 112 m2/80 m2 seharga mulai dari Rp2 miliar, sedangkan ruko 3 lantai dengan type 160 m2/80 m2 seharga mulai dari Rp 2,6 miliar.

Selain itu yang kini tengah dipersiapkan adalah produk apartemen yang akan dibaangun di atas lahan seluas 3,4 hektar yang dikembangkan di lokasi premium dan terdepan dari kawasan Kota Modern bertajuk Fairway Place Golf Residence. Apartemen ini menyasar kalangan menengah atas.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved