Financial Report

Laba Generali Indonesia Tumbuh Tiga kali Lipat

Laba Generali Indonesia Tumbuh Tiga kali Lipat
Jajaran eksekutif Generali Indonesia. (Foto : Ist).

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) mencatat laba setelah pajak tahun 2018 sebesar Rp 179,5 miliar atau naik tiga kali lipat dari tahun sebelumnya. Selain pertumbuhan laba yang signifikan, total aset Generali Indonesia juga bertumbuh mencapai hampir Rp 7 triliun.

Edy Tuhirman, CEO Generali Indonesia, mengatakan, pertumbuhan bisnis Generali di tahun 2018 ini didukung oleh penguatan bisnis melalui inovasi berkesinambungan baik dari sisi produk maupun layanan. Meskipun persaingan industri asuransi jiwa saat ini sangat ketat, hal ini tidak menyurutkan ambisi Generali untuk terus bertumbuh.

“Melalui produk-produk inovatif yang mampu mengoptimalkan investasi dan rangkaian perlindungan kesehatan di tahun 2018, kami terus fokus untuk menjawab kebutuhan nasabah dan melakukan diferensiasi produk sebagai kunci sukses dan faktor pembeda di pasar asuransi,” Edy menuturkan di Jakarta.

Sepanjang tahun 2019 ini, Generali Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan solusi terbaik untuk nasabah. Setelah kehadiran Generali I-Signature dengan layanan kesehatan DNA Journal untuk nasabah prioritas dan Robo Arms yang mampu mengendalikan otomatis unit link nasabah, pihaknya juga akan memperhatikan segmen anak muda milenial dengan menghadirkan produk Cemerlang yang kami luncurkan hari ini.

“Kami percaya dengan fokus pada kebutuhan di masing-masing segmen pasar, ini akan semakin memperkuat posisi Generali di industri asuransi jiwa Tanah Air,” Edy menjabarkan.

Selain mencatatkan laba setelah pajak sebesar tiga kali lipat, Generali menutup tahun 2018 dengan pertumbuhan premi lanjutan sebesar 26 persen yang membuktikan tumbuhnya tingkat kepercayaan nasabah terhadap perlindungan Generali.

Dana kelolaan Generali sepanjang 5 tahun terakhir selalu menunjukkan pertumbuhan yang baik dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 31 persen dengan dana kelolaan (unit link) sebesar 4,1 triliun di tahun 2018.

Dengan total perolehan premi bruto sebesar Rp 2,8 triliun pada tahun 2018 dan rasio solvabilitas berada di posisi 314 persen atau 2,6 kali lipat dibanding minimum 120 persen yang ditetapkan pemerintah, Generali terus akan memperkuat jalur distribusi di segala lini, baik melalui bank rekanan (bancassurance), keagenan, maupun bisnis kumpulan (group business).

Di tahun lalu, jalur keagenan masih memberikan kontribusi terbesar yakni sebesar 55 persen, disusul bancassurance 32 persen, dan bisnis kumpulan sebesar 13 persen. Sedangkan dalam hal pemberian hak nasabah di tahun 2018, Generali mencatatkan pembayaran dana klaim kesehatan dan meninggal dunia sebesar Rp 627 miliar, atau meningkat 16 persen dari tahun sebelumnya.

Inovasi telah menjadi DNA Generali sejak hadir di Indonesia. Dengan fokus pada kebutuhan nasabah dengan tetap melihat perkembangan dan peluang pasar, Generali berupaya untuk selalu menghadirkan ragam produk yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat, yang salah satunya melalui pengembangan produk untuk keluarga muda Indonesia.

Untuk itu, Generali menghadirkan Cemerlang, sebuah produk yang memberikan perlindungan asuransi lebih dari 1.000 kali premi bulanan apabila terjadi risiko dan menjamin 110 persen premi yang dibayarkan nasabah kembali di akhir masa pertanggungan. Melalui ragam produk dan fitur baru yang telah hadir dan akan disusul dengan produk dan fitur lainnya di semester kedua mendatang.

Generali Indonesia merupakan bagian dari Generali Group yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 2009 dan mengembangkan bisnis melalui jalur multi distribusi yaitu asuransi kesehatan grup, keagenan dan bancassurance yang tersebar pada lebih dari 40 kota di Indonesia Generali Indonesia juga telah melindungi ratusan ribu nasabah melalui solusi-solusi yang inovatif. Generali Indonesia menghadirkan Robo Arms, yaitu layanan terbaru dalam mengelola otomatis unit link tanpa rasa khawatir terhadap kondisi pasar yang tak menentu, sehingga proteksi dapat terjaga untuk jangka panjang.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved