Laba Merosot, Amazon.com Terbantu Portofolio Servis

Ritel online Amazon.com Inc baru-baru ini mengumumkan kinerja keuangannya selama kuartal kedua 2012. Net income Amazon merosot 96% dari periode yang sama tahun lalu. Amazon.com memperoleh net income US$ 191 juta pada Q2 2011. Triwulan ini Amazon.com hanya meraup US$ 7 juta atau US$ 1 sen per saham terdilusi.

Angka ini sesuai dengan prediksi analis yang dikumpulkan FactSheet walaupun profit Amazon.com terpukul akuisisi Kiva Systems sebesar US$ 65 juta seperti dikutip Guardian. Sementara itu revenue tumbuh 29% ke angka US$ 12,83 miliar dibanding kuartal pertama $9,91 miliar. Bila dampak pertukaran mata uang asing US$ 272 juta tidak dihitung, pertumbuhannya sekitar 32% dibanding Q2 2011.

Berita baiknya, product revenue perusahaan termasuk bisnis ritel online tradisional tumbuh 25% menjadi US$ 10,79 miliar. Dari servis bahkan naik 57% jadi US$ 2,04 miliar termasuk online marketplace pihak ketiga dan bisnis cloud computing Amazon Web Service.

Nampaknya bisnis baru Amazon ini lebih menguntungkan dari ritelnya. Tak heran bila profit marginnya meningkat. Menurut Scott Tilghman, analis Caris & Co., kuartal kedua profit margin Amazon.com 26,1% atau naik 24,1% dari tahun sebelumnya.

“Ada pertumbuhan yang luar biasa pada margin Amazon dari portofolio servis,” kata Tlighman seperti dikutip Reuters, “Saya bahkan tidak pernah mendapati margin lebih dari 26% seperti ini selama sembilan tahun terakhir di Amazon.” (Reuters/Tika Widyaningtyas)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)