Rating Belum Bagus, Saatnya Korporasi di Indonesia Berbenah

Meski Indonesia sudah masuk investment grade sejak tahun 2011, faktanya rata-rata rating korporasi di negeri ini masih tertinggal jika dibandingkan dengan rata-rata rating korporasi di negara-negara ASEAN seperti Thailand, Malaysia dan Singapura.

Fakta ini cukup memprihatinkan, jangankan untuk bersaing di luar negeri. Di dalam negeri saja perusahaan-perusahaan lokal harus mampu bersaing dengan perusahaan global yang melirik Indonesia sebagai gadis perawan yang cantik.

Saatnya perusahaan-perusahaan di Indonesia berbenah jika ingin menjadi tuan rumah di negeri sendiri, atau mungkin lebih jauh tampil di manca negara. “Ya, perusahaan-perusahaan di Indonesia ratingnya secara keseluruhan masih belum bagus jika dibandingkan negara-negara di ASEAN, hanya lebih bagus dari Filipina,” ujar Eddy Handali, Direktur Rating Fitch, di Jakarta, Senin (4/1).

Rating tertinggi dari Fitch yaitu BBB- untuk skala rating internasional dan AAA untuk skala nasional, paling banyak diberikan kepada perusahaan-perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik negara). BUMN yang dimaksud antara lain seperti Pertamina, Bank Mandiri, BRI dan BNI.

Sementara jika dilihat secara industri, perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang perbankan adalah yang paling banyak mendapat rating terbaik. “CAR perbankan di Indonesia masih sangat baik, regulasinya juga sangat ketat sehingga pertumbuhannya sehat, perbankan di Indonesia juga bergerak secara agresif yang didukung oleh fundamental ekonomi kita yang sangat baik,” katanya.

Hingga saat ini, Fitch yang berbasis di Amerika Serikat telah merating 55 perusahaan di Indonesia. Inisiatif rating datang berdasarkan permintaan perusahaan terkait atau karena adanya permintaan masyarakat. “Misalkan PLN, ratingnya kami terbitkan karena banyaknya permintaan dari masyarakat yang ingin memebeli obligasi mereka,” tambah Eddy.

Dalam waktu dekat, setidaknya Fitch akan merating 10 perusahaan lokal yang bergerak di sektor tambang, multifinance dan consumer finance. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)