Totalindo Catatkan Saham Perdana di BEI

PT Totalindo Eka Persada (TOP) mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (16/6/2017) ini. Perseroan menjadi emiten ke-546 yang tercatat di BEI. Pada pencatatan perdananya, saham TOP langsung menguat 154 poin atau 49,68% dari harga penawaran awal Rp310 ke level Rp 464. Di awal pembukaan saham berhasil ditransaksiskan sebanyak 49.473 lot saham dengan nilai Rp 1,81 miliar dengan jumlah frekuensi 117 kali.

Dalam proses penawaran umum saham perdana (IPO) ini, perseroan melepas sebanyak 1.666.000.000 saham baru dengan nominal Rp 100 setiap saham , yang mewakili 24,99% saham dari modal yang ditempatkan atau disetor penuh perseroan. Jumlah tersebut termasuk saham yang akan dialokasikan untuk program Employe Stock Allocation (ESA).

Perusahaan dengan kode saham TOPS ini akan meraup dana segar Rp516,46 miliar‎. Rencananya sekitar 60% dari dana tersebut akan digunnakan untuk kebutuhan modal kerja Perseroan, 35% akan digunakan untuk pembayaran utang, dan sisasnya sekitar 5% akan digunakan untuk pengembangan bisnis di bidang konstruksi melalui pembelian mesin, alat berat dan peralatan konstruksi.

“Kami berharap saham TOPS menjadi salah satu pilihan saham yang akan diminati investor, khususnya untuk saham di bidang industri,” ujar Direktur Utama PT Totalindo Eka Persada Tbk, Donald Sihombing.

Tahun ini, perusahaan menargetkan nilai kontrak baru sebesar Rp 3 triliun. Donald mengatakan, hingga pertengahan Juni 2017, pihaknya telah membukukan nilai kontrak baru sebesar Rp 1,5 triliun yang di antaranya sekitar 52,4% berasal dari proyek Pemerintah dan 47,6% berasal dari proyek swasta.

“Kami akan menyasar proyek pemerintah dengan membuat rumah susun murah di Jakarta. Selain itu kami juga akan menyasar apartemen kelas menengah, kelas bawah dan kelas high end untuk perkantoran disekitar Sudirman-Thamrin,” jelasnya.

Perusahaan sudah menunjuk tiga penjamin emisi yaitu PT Bahana Sekuritas, PT CLSA Sekuritas Indonesia, dan PT Indo Premier Sekuritas Indonesia selaku penjamin pelaksana emisi efek (lead underwriter).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)