Financial Report Capital Market & Investment zkumparan

Unilever Bukukan Penjualan Bersih Rp 42,9 Triliun

PT Unilever Indonesia Tbk mencatat penjualan bersih di 2019 sebesar Rp 42,9 triliun atau meningkat 4,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan ini didorong oleh pertumbuhan penjualan domestik yang meningkat 5,8%.

“Meskipun perekonomian dan pengeluaran konsumsi rumah tangga bertumbuh relatif datar, Kami berhasil meningkatkan penjualan, hal ni berkat berbagai inisiatif dan inovasi yang dilakukan Perseroan pada tahun 2019,” kata Sancoyo Antarikso, Direktur dan Sekretaris Perusahaan PT Unilever Indonesia Tbk.

Sancoyo menambahkan, jika dibandingkan secara langsung, pertumbuhan penjualan Perseroan pada 2019 memang terlihat meningkat sebesar 2,7%. Hal itu dikarenakan pada penjualan bersih 2018 masih mengandung penjualan kategori Spreads.

Untuk memperoleh perbandingan yang setara, maka angka penjualan kategori Spreads yang telah didivestasi Perseroan pada kuartal III 2018 harus dikeluarkan dari angka penjualan bersih tahun 2018, sehingga mendapatkan angka pertumbuhan penjualan bersih 2019 sebesar 4,8%.

Begitu pula dengan laba perseroan. Pada 2019 perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp 7,4 triliun. Jika dibandingkan secara langsung, laba Perseroan terlihat menurun dibanding tahun 2018 yang tercatat sebesar Rp 9,1 triliun. Hal ini dikarenakan pada 2018 Perseroan memperoleh keuntungan tidak reguler (once-off gain) dari divestasi kategori Spreads sebesar Rp 2,1 triliun dan masih terdapat laba dari kategori Spreads sebesar Rp 200 miliar.

“Jika laba tahun 2019 dibandingkan dengan laba tahun 2018 tanpa memperhitungkan keuntungan tersebut, maka laba bersih Perseroan meningkat sebesar 9,3%,” lanjut Sancoyo.

Untuk memberikan kinerja keuangan jangka panjang, menurut dia, pihaknya akan menciptakan keseimbangan yang baik antara pertumbuhan dan margin melalui model bisnis berkelanjutan. Unilever juga akan terus melakukan serangkaian inovasi dalam berbagai lini bisnisnya.

“Dengan begitu produk dan layanan kami akan selalu relevan bagi konsumen di masa depan. Upaya-upaya ini juga kami yakini akan mampu terus menunjang kinerja keuangan jangka panjang kami yang positif,” tuturnya.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved