Fokus Mengembangkan Bisnis Pakan, Penjualan CP Prima Capai Rp7,4 Triliun

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun buku 2018 PT Central Proteina Prima Tbk (CPRO) mengumumkan peningkatan penjualan sebesar 12% yoy menjadi Rp 7,4 triliun dari Rp 6,6 triliun pada 2017. Laba bruto juga meningkat 6,3% menjadi Rp 1,23 triliun dari tahun sebelumnya Rp 1,16 triliun.

Walaupun mengalami peningkatan, menurut Sekretaris Perusahaan CPRO, Armand Ardika, tahun 2018, perseroan mengalami tantangan yang cukup berat, yaitu terkoreksinya nilai tukar US$ terhadap Rupiah yang kurs mencapai Rp15.000. Peningkatan harga bahan baku juga menyebabkan pencapaian EBITDA di semester 2 tidak optimal.

Meskipun demikian, kata Armand, secara keseluruhan perseroan masih mencapai pertumbuhan EBITDA sebesar 15,3% menjadi Rp 535,6 miliar dibanding 2017. Peningkatan ini menurut dia menunjukkan kinerja operasional perusahaaan semakin membaik.

“EBITDA 2018 merupakan pencapaian tertinggi dalam tiga tahun terakhir,” katanya dalam paparan publik di Jakarta, (24/06/2019).

CPRO juga mencatatkan peningkatan penjualan pakan ikan sebesar 10,4% dibandingkan tahun sebelumnya atau berkontribusi sekitar 54% dari total penjualan di tahun 2018 ini. Sebagai langkah untuk mengimbangi permintaan pasar, pada 2018 lalu menambah kapasitas produksi pakan ikan apung sebesar 40.000 ton per tahun, sehingga total kapasitas produksi pakan ikan Perseroan saat ini telah mencapai sekitar 660.000 ton.

Untuk makanan olahan, CPRO mengalami peningkatan sebesar 18,3% dari tahun sebelumnya, kenaikan ini disebabkan karena naiknya pasokan udang hasil panen dari sentra produksi menjadi bahan baku pabrik makanan olahan.

Penjualan benur juga ikut meningkat sebanyak 48% dibandingkan tahun 2017. Untuk pakan hewan kesayangan mengalami peningkatan sehingga mencapai penjualan 19.898 ton atau setara dengan peningkatan volume penjualan sebesar 66% dibandingkan tahun 2017.

Direktur Utama PT Central Proteina Prima Tbk, Irwan Tirtaritadi, mengatakan, pertumbuhan positif ini merupakan hasil dari berbagai strategi dan inisiatif perusahaan untuk mengembangkan usaha. Salah satu strateginya adalah, perusahaan lebih fokus dalam mengembangkan bisnis pakan dengan menerapkan pola budidaya mandiri di sentra-sentra produksi udang Perseroan pada 2016-2017.

Penerapan pola budidaya baru ini dinilai sudah menunjukkan hasil yang positif pada 2018, di mana tingkat hasil panen udang segar dan penjualan pakan di kedua sentra budidaya tersebut telah meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Saat ini untuk penjualan keseluruhan terbesar masih pada pakan ikan dan udang sebanyak 76%, ekspor 15%, food domestik 4%, dan 5% benur dan lainnya.

“Produksi udang kami sekitar 1.000 ton per bulannya. Faktor cuaca di awal tahun 2019 ini memang sangat memengaruhi budidaya udang, semoga saja ke depannya cuaca akan semakin baik lagi dan membuat hasil produksi udang meningkat,” ujarnya.

Hasil RUPS juga memutuskan untuk mengubah jajaran direksi. Perubahan yang dilakukan di antaranya mengangkat Fredy Robin Sumendap sebagai direktur yang sebelumnya menjabat Business Head Feed Production & Procurement. Fredy menggantikan Sidarta Sidik yang pindah ke perusahaan lain.

Ke depan CPRO memang akan lebih fokus ke bisnis pakan. Oleh karena itu, perusahaan menganggap Fredy sebagai orang yang tepat, ia dianggap kompeten di bidang pakan terutama pemilihan, pembelian bahan baku dan sumber harga yang kompetitif, juga fokus pada produksi.

Berikut susunan Dewan Komisaris dan Direksi CP Prima saat ini:

Komisaris Utama : Fachrul Razi
Wakil Komisaris Utama : K.R.T Franciscus Affandy
Komisaris Independen : Djoko Muhammad Basoeki
Komisaris Independen : Toto Winanto
Komisaris : Tobias Damek
Komisaris : Christopher Michael Nacson

Direktur Utama : Irawan Tirtaritadi
Wakil Direktur Utama : Saleh
Direktur : Fredy Robin Sumendap
Direktur : Aris Wijayanto
Direktur: Hendri Laiman
Direktur: Arianto Yohan

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)