Financial Report Capital Market & Investment zkumparan

Incar Revenue Rp500 Miliar, Ini Strategi Sepeda Bersama Indonesia

Incar Revenue Rp500 Miliar, Ini Strategi Sepeda Bersama Indonesia
Hingga kini, distrubutor merek Genio Bike, United Bike, dan Avand ini telah memiliki 684 dealer yang tersebar di lebih dari 28 provinsi di Indonesia

PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (BIKE), perusahaan yang bergerak di perdagangan grosir dan distribusi sepeda, menargetkan revenue tahun 2023 sebesar Rp 500 miliar, sedangkan laba diproyeksikan Rp 40 miliar. Hal ini disampaikan oleh Andrew Mulyadi, Presiden Direktur BIKE, dalam acara paparan publik di Jakarta pada Rabu, 9 November 2022.

Andrew menyatakan pihaknya sudah mempersiapkan rencana strategis untuk mencapai target bisnisnya itu. Di antaranya mempersiapkan dan menawarkan berbagai macam produk dan harga yang kompetitif yang didukung oleh layanan terintegrasi, meningkatkan kualitas produk dengan pengendalian mutu serta memperhatikan masukan pelanggan, dan selalu berusaha memahami kebutuhan target konsumen dengan cara selalu memerhatikan kondisi pasar.

Kemudian, pihaknya juga membangun hubungan dengan para dealer dan pelanggan untuk menjaga pangsa pasar. Perseroan juga melanjutkan ekspansi jaringan outlet-nya di seluruh wilayah Indonesia, dan mengoptimalkan lagi profitabilitas toko melalui perbaikan toko dan segmentasi pasar.

Adapun hingga saat ini, distrubutor merek Genio Bike, United Bike, dan Avand ini telah memiliki 684 dealer yang tersebar di lebih dari 28 provinsi di Indonesia.

“Pengembangan area pemasaran yang progresif juga salah satu kunci strategi yang dijalankan. Dengan berbagai strategi yang komprehensif, perseroan memiliki optimisme tinggi untuk memenangkan persaingan usaha di pasar Indonesia yang luas,” ujar Andrew.

Pada kesempatan itu, BIKE juga mengumumkan sebuah langkah baru, yakni kerja sama distribusi dengan PT Terang Dunia Internusa yang merupakan pabrikan lokal dari produk United E-Motor (motor listrik). Melalui kerja sama ini, Andrew mengatakan, pihaknya memprediksi akan mendapatkan dampak yang signifikan terhadap penjualan di tahun depan.

“Kami memperkirakan kerjasama ini akan memberikan dampak signifikan, minumum 2 kali lipat dari pernjualan tahun 2022,” ucapnya.

Sementara itu terkait kondisi finansial, aset perseroan meningkat 46,3% (CAGR) dan ekuitas melonjak hingga 235,8% (CAGR) selama periode tahun 2018 hingga kuartal ketiga tahun 2022. Dari sisi produk, e-moped atau sepeda listrik menjadi produk yang penjualannya meningkat signifikan. Andrew mengatakan, akan ada 12 ribu unit kendaraan listrik United yang akan dijual di tahun depan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved