Capital Market & Investment

Konsumen di Luar Negeri Bergeser ke Produk Selamat Sempurna

Konsumen di Luar Negeri Bergeser ke Produk Selamat Sempurna

Kinerja ekspor perusahaan komponen otomotif masih kinclong walau perekonomian global masih belum pulih dari krisis ekonomi. Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan ekspor yang dibukukan PT Selamat Sempurna Tbk., selama kuartal III/2015. Bagi perseroan, perlambatan ekonomi global memberikan peluang bisnis yang dimanfaatkan perseroan untuk meningkatkan kinerja ekspornya. Perusahaan gencar mempromosikan produknya di negara-negara tujuan ekspor, seperti Jepang. Hasilnya menggembirakan karena konsumen perlahan-lahan mulai beralih ke suku cadang bikinan Selamat Sempurna.

Lidiana Widjojo, Sekretaris Perusahaan Selamat Sempurna, menyebutkan, konsumen mencari suku cadang berkualitas dengan harga terjangkau untuk mengganti suku cadang yang harganya premium. “Konsumen beralih ke produk kami bukan berarti produk kami murah. Produk kami berkualitas dengan harga terjangkau. Jadi, Perubahan perilaku konsumen di saat krisis memberikan peluang kepada bisnis perusahaan,” kata Lidiana di Jakarta. Penjualan Selamat Sempurna pada kuartal III tahun ini tumbuh 5,58%, ke Rp 2,04 triliun dari 1,93 triliun di periode yang sama tahun sebelumnya.

selamat sempurna

Ang Andri Pribadi, Direktur Keuangan Selamat Sempurna

Untuk segmen penjualannya, penjualan produknya di pasar domestik sepanjang Januari-September tahun ini naik 7,21%, atau menjadi Rp 647,34 miliar dari Rp 603,79 miliar. Sedangkan nilai penjualan ekspornya sebesar Rp 1,39 triliun. Pencapaian itu lebih tinggi 5,30% daripada tahun sebelumnya Rp 1,32 triliun. Nilai ekspor ini memberikan kontribusi tertingg terhadap total Selamat Sempurna.

Penjualan produk-produk perseroan ke Asia menjadi yang tertinggi diantara empat kawasan lainnya yang menjadi pasar ekspor perseroan. Ekspor ke Asia meningkat sebesar 13,79%, atau menjadi Rp 570,08 miliar dari 500,95 miliar. Angka itu lebih tinggi dibandingkan nilai penjualan ke Amerika yang naik 9,3% menjadi Rp 424,42 miliar dari 388,02 miliar. Ekspor ke Afrika juga melonjak 9,53% ke Rp 30,11 miliar dari 27,49 miliar.

Liliana mengatakan strategi perseroan adalah menjaga performa ekspornya di negara-negara yang sudah menjadi langanan produknya. “Porsi penjualan ke Asia memang paling tinggi. Bagi kami, hal yang paling penting adalah menjaga pasar yang sudah eksis, seperti Jepang, Thailand, Singapura, dan China,” jelas Lidiana.

Dia menambahkan perusahaanya bermitra dengan distributor-distributor di luar negeri, selaku pihak ketiga yang menjual produknya. “Kami aktif mengikuti kegiatan promosi yang dilakukan oleh distributor. Cara ini sekaligus menjadi upaya kami meningkatkan branding awareness produk Selamat Sempurna,” ungkap Lidiana. Perseroan menjual suku cadang otomotif untuk pasar after market. Penjualan produk perseroan ke Jepang, kata Lidiana, tumbuh 72% atau paling tinggi peningkatannya di pasar Asia. Kemudian, pertumbuhan penjualan di Thailand 48%, China 15%, dan Singapura 2%,.

Dia optimistis kinerja ekspornya tetap konsisten hingga akhir tahun ini. Untuk kawasan Amerika, penjualan di negara-negara Amerika Latin melampaui Amerika Serikat. “Penjualan di Ekuador tumbuh 28%, sedangkan Amerika Serikat hanya 10%,” ucapnya. Adapun, pasar Eropa loyo lantaran penjualan perseroan tercatat minus 14,54% ke Rp 237,26 miliar dari Rp 277,63 miliar. Sedangkan Australia menyusut 14,54% ke Rp 132,69 miliar dari 135,12 miliar.

Selamat Sempurna memproduksi filter dan radiator dengan merk Sakura. Saat ini perseroan memiliki empat buah pabrik. Kapasitas pabrik filter perseroan mencapai 96 juta unit per tahun. Sedangkan kapasitas produksi di pabrik radiator hampir mencapai 2 juta unit per tahun dan pabrik karoseri 10 ribu serta pabrik komponen karet berkapasitas 165 juta unit per tahunnya.

Sebelumnya, Ang Andri Pribadi, Direktur Keuangan Selamat Sempurna, mengemukakan pihaknya mengantispasi ekspor dengan menjalankan sejumlah program pemasaran, penjualan dengan konsumen, “Program yang kami lakukan sangat beragam, mulai dari program discount, voucher, program akhir tahun, gathering, promosi, dan lain-lain,” kata Ang Andri.

Strategi perseroan dalam menghadapi persaingan adalah menjaga kualita sproduk, varian produknya lengkap, harganya kompetitif dan efisiensi di setiap sektor. “Untuk pasar baru, kami menjaga kelancaran jalur distribusinya dan menemukan mitra kerja yang tepat di negara baru itu,” ujar Ang Andri.

Pada Oktober tahun, ini Selamat Sempurna mengumumkan penyertaan modal kepada anak usaha PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna (TRSS) demi memperkuat permodalan untuk pengembangan bisnis usaha perseroan. Perusahaan meningkatkan modal ditempatkan dan disetor penuh kepada TRSS senilai Rp 33,2 miliar, yang terbagi atas 33.200 saham masing-masing saham bernilai Rp 1 juta. (***)

Reportase : Putri Wahyuni


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved