Capital Market & Investment zkumparan

Musim Dividen, Sariguna Primatirta Tebar Rp 41,9 Miliar

Musim Dividen, Sariguna Primatirta Tebar Rp 41,9 Miliar
Direksi PT Sariguna Primatirta Tbk pada RUPST di Surabaya, 31 Mei 2022. (Foto : Istimewa)

PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) akan membagikan dividen sebesar Rp 41,9 miliar dari laba bersih tahun 2021 yang tercatat Rp 180,7 miliar. Dividen tersebut terbagi menjadi dividen tunai Rp 12,0 miliar dan Rp 29,9 miliar telah dilakukan pembayarannya pada 20 Desember 2021 sebagai dividen interim. Pembagian dividen ini telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar perseroan di Surabaya, Jawa Timur pada 31 Mei 2022.

Melisa Patricia, Wakil Direktur Utama CLEO mengatakan, perseroan bersyukur sepanjang 5 tahun terakhir bahkan hingga Kuartal I-2022 masih mencatatkan kinerja positif. Hal ini tidak terlepas dari dukungan dan kepercayaan yang didapat CLEO dari berbagai pihak sehingga CLEO dapat terus mempertahankan kinerja positifnya. “Oleh karena itu sebagai apresiasi CLEO kepada para pemegang saham, CLEO telah mendapat persetujuan untuk membagikan dividen sekitar 23,2% dari total laba bersih perseroan pada tahun 2021 lalu, sebagian telah kami bagikan di akhir 2021 dalam bentuk dividen interim,” tutur Melisa.

CLEO pada 2021 mencetak laba bersih Rp180,7 miliar atau naik 36,1% dibandingkan tahun sebelumnya, Penjualan bersih sebesar Rp 1,1 triliun atau naik 13,5% Pencapaian ini terus CLEO pertahankan hingga Kuartal I – 2022 dengan mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 29,7% atau senilai Rp 307,7 miliar dan laba bersih Rp 45,8 miliar atau naik 9,4%.

Peningkatan ini didorong oleh performa CLEO yang terus meningkat, baik dari segi kualitas produk maupun kualitas pelayanannya sehingga Perseroan mampu mempertahankan eksistensinya hingga saat ini. Untuk mempertahankan kinerja positif ini, CLEO terus melakukan berbagai upaya salah satunya adalah terus melanjutkan ekspansi pabriknya guna memperluas jaringan market CLEO.

CLEO telah memiliki 27 pabrik dengan total jaringan sebanyak 200 distributor internal dan 1.515 distributor eksternal. Perseroan terus memperluas jaringannya dengan membangun pabrik-pabrik dibeberapa wilayah, yaitu Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Hal ini dilakukan selain untuk memperluas jaringan, perluasan pabrik juga sebagai antisipasi perseroan atas lonjakan permintaan yang meningkat dan penghematan dalam biaya pengiriman.

Selain itu, wilayah yang dipilih perseroan pun termasuk wilayah yang strategis sehingga dalam proses distribusi dapat dilakukan lebih cepat dan tetap sasaran. “Ke depannya, perseroan akan terus mencari peluang dan terus melakukan ekspansi lainnya sehingga CLEO diharapkan mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja baik hingga akhir tahun ini. “Diharapkan dengan kembali pulihnya perekonomian Indonesia dan tingkat daya beli, serta kesadaran akan kesehatan masyarakat yang meningkat, CLEO optimis dapat mempertahankan kinerja baik tersebut dan dapat mencapai target yang telah ditentukan,” ucap Melisa.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved