Cara Meningkatkan Kekayaan Pemegang Saham

Pemegang saham selalu berharap nilai sahamnya meningkat dari tahun ke tahun, baik dari peningkatan harganya atau capital gain maupun dari deviden yang diterimannya. Bagaimana cara terbaik meningkatkan nilai kekayaan pemegang saham ini dari perspektif praktisi pasar modal? Martin Schwarz, praktisi pasar modal dari Stern Value Management, mengungkapkannya kepada Ferdi Julias Chandra dari SWA Online berikut ini.

Martin Schwarz

Apa faktor-faktor yang yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang ingin meningkatkan kekayaan pemegang sahamnya?

Satu-satunya cara untuk meningkatkan kekayaan pemegang saham adalah dengan berinvestasi dalam proyek-proyek yang akan memberikan tingkat pengembalian yang di atas biaya risiko yang disesuaikan dengan modal. Manajemen membutuhkan dua hal: memiliki kredibilitas sehingga ketika investasi tersebut disampaikan kepada para pemegang saham dan calon investor, harga saham akan meningkat. Kedua, memiliki disiplin untuk memastikan bahwa dalam pelaksanaan investasi ini, potensi mereka dapat terealisasi.

Bagaimana pengaruh kinerja konvensional seperti pencapaian revenue dan laba bersih terhadap peningkatan kekayaan para shareholder?Bagaimana cara mendongkrak revenue dan laba bersih ini?

Kinerja dari traditional metrics itu penting. Namun, mengejar mereka dalam isolasi dapat menyebabkan kehancuran nilai. Meningkatkan pendapatan dengan membayar lebih untuk akuisisi atau overspending pada investasi modal yang tidak memberikan return yang sesuai untuk risiko, akan menyebabkan penurunan harga saham. Hal yang sama berlaku untuk laba bersih. Oleh karena itu, penting untuk mengejar peningkatan pendapatan dan laba bersih.

Martin2

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)