Demi Investasi, Cipaganti Lepas 40 Persen Saham

Perusahaan penyedia jasa transportasi terpadu dan penyewaan alat berat, PT Cipaganti Citra Graha Tbk (Cipaganti), memutuskan untuk melakukan penawaran umum saham perdana (IPO). Perusahaan berencana menawarkan kepada publik maksimal 40 persen saham, atau sebanyak-banyaknya 2 miliar lembar saham, yang terdiri dari 1.750.000.000 saham baru dan 250.000.000 saham lama milik PT Cipaganti Global Corporindo.

PT Cipaganti Citra Graha Tbk go public

“Harga penawaran saham adalah Rp 150-220 per lembar saham," sebut Iman Rachman, Managing Director Mandiri Sekuritas, di Jakarta, Rabu (5/6/2013).

Masa penawaran umum akan berlangsung selama tanggal 1-3 Juni 2013. Dan saham Cipaganti akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada 9 Juli.

Iman mengatakan, dana yang dihasilkan dari IPO tersebut akan digunakan sebagian besar (93,21 persen) untuk mendanai kegiatan investasi dalam bentuk penambahan unit baru kendaraan dan perangkat pendukung lainnya, peremajaan unit kendaraan, penambahan unit bis pariwisata, hingga menambah pool. Sisanya, sebanyak 6,79 persen, bakal dipakai untuk mendanai kebutuhan modal kerja perseroan, diantaranya untuk pengadaan suku cadang dan biaya operasional perseroan.

Robertus Setiawan, Direktur Keuangan PT Cipaganti Citra Graha Tbk, mengatakan, “Untuk bisnis shuttle dan travel kami akan menambah sekitar 500 kendaraan baru. Untuk rental kami akan tambah 500 unit, sedangkan untuk jasa taksi 900 unit kendaraan baru. Dan bis pariwisata sebanyak 50 kendaraan.”

“Sebenarnya hampir semua sudah kami pesan, tapi deliverynya diatur setelah IPO efektif,” lanjut dia. Selain itu, pengantaran kendaraan juga akan tergantung pada fabrikasi dan impor.

Selain menambah dan meremajakan armadanya, Robertus mengatakan, perusahaan juga bakal menambah sekitar lima pool baru di tiga kota, yakni Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Ia menyebutkan, lahan sudah tersedia dengan luasan lahan rata-rata sebesar 3-5 ribu meter persegi. Pool ini tidak hanya digunakan untuk taksi, melainkan campur dengan bisnis lainnya, demi efisiensi. “Pool baru campur, tapi utamanya untuk taksi," tandas Robertus. (EVA)

Leave a Reply

1 thought on “Demi Investasi, Cipaganti Lepas 40 Persen Saham”

ya semoga kalau investasi di koperasi cipaganti bisa lebih transparan laporan keuangannya,
by setyawan dewantara, 04 Nov 2013, 20:24

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)