GAC Gallery Dorong Masyarakat Berburu Investasi Lukisan

Jimmy Sutopo, pengusaha ritel yang mendirikan dan memiliki GAC Gallery dengan background lukisan emas seharga Rp1 miliar karya Kim Il Tae dari Korsel (Foto by: Eva/SWA)

Karya lukis tidak hanya memiliki nilai seni yang tinggi, tapi juga bernilai investasi. Bagi, kolektor lukisan, akan menikmati dua keuntungan ganda, yaitu menikmati keindahan goresan kuas sang pelukis di atas kanvas sekaligus berpotensi meraup untung besar dari penjualan lukisan tadi di kemudian hari bila dibeli oleh kolektor lukisan yang lain.

Biasanya lukisan-lukisan yang berpeluang memiliki harga jual kembali tinggi adalah karya para pelukis kesohor, maestro, atau yang sudah almarhum. Nah, di Indonesia tak asing lagi kita kenal nama-nama Affandi, S. Sudjojono, Basuki Abdullah, Hendra Gunawan, Raden Saleh dan lainnya yang tidak kalah dengan pelukis mancanegara legendaris Leonardo da Vinci.

Ya, investasi lukisan berpotensi besar di Indonesia. Lihat saja dengan jumlah penduduk 270 juta jiwa dan pertumbuhan ekonomii terbaik berdasarkan survei Bank Dunia, menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan investasi global saat ini. Mempertimbangkan hal ini, GAC Gallery --- yang didirikan dan dimiliki oleh pengusaha Jimmy Sutopo --- meyakini potensi menggiurkan dari sisi investasi karya lukis.

Untuk itu, GAC Gallery aktif mendorong masyarakat untuk berburu lukisan sebagai wahana investasi. Daripada uang hanya disimpan di bawah bantal atau cuma deposito yang bunganya rendah, tidak ada salahnya melirik alternatif investasi lain, yakni lukisan. Di GAC Gallery, tidak hanya memamerkan karya lukis dari luar negeri saja, tapi juga banyak pelukis karya anak bangsa.

“GAC Gallery ingin mengangkat karya-karya pelukis Indonesia. Jika kami mendatangkan karya lukis asing adalah sebagai referensi pelukis kita untuk memacu lebih produktif dan berkarya lebih bagus lagi. Pada prinsipnya kami ingin membantu seniman Tanah Air, khususnya karya lukis,” jelas Jimmy saat ditemui di Ciputra Artpreneur, Lotte Avenue Jakarta Selatan.

Saat ini, GAC Gallery kali mendapat kepercayaan dari pelukis kesohor asal Korea Selatan, yaitu Kim Il Tae untuk memboyong 22 lukisan dari materi emas cair 24 karat ke Indonesia melalui pameran “Korean Gold Painting 2017” di Gallery Ciputra Artpreneur. Lukisan-lukisan emas milik Kim Il Tae ini berhasil tampil di Galeri Saachi, London, sehingga kehormatan bagi GAC Gallery mewakili Indonesia. Sebelumnya, GAC Gallery pernah menjadi sponsor utama dalam perhelatan Art Shine Jakarta 2017 pada tanggal 2-4 November 2017 bekerja sama dengan Jakarta Ilustration Visual Art (JIVA) serta Bravass Consultant.

Lukisan-lukisan emas Kim Il Tae ini dibanderol mulai US$ 800 ribu - 1,2 juta. Motif lukisan bervariasi, antara lain bergambar bunga matahari, naga, seorang ibu, pekarangan bunga, dan sebagainya. Lukisan Kim Il Tae pun sudah dikoleksi oleh Bill Gates, Oprah Winfrey,Eric Schmidt, dan Kerajaan Inggris, pengusaha serta selebritas dunia.

Menurut Jimmy, pada dasarnya GAC Gallery tidak meninggalkan karya seni klasik yang memiliki marketnya sendiri. Namun, melihat adanya pergeseran tren lukisan yang “kekinian”, pihaknya ingin melakukan penyegaran dengan menampilkan karya seni kontemporer seperti karya Kim Il Tae ini, yang dibuat dari bahan dasar emas yang dicairkan.

“Kami melihat bahwa seni lukis sudah menjadi tren di dunia sebagai salah satu investasi bisnis yang menguntungkan, mengingat harga karya seni sebagian besar akan terus meningkat dan tidak pernah menyusut,” jelas Jimmy yang sehari-hari menggeluti bisnis ritel ini. Setelah ditampilkan di GAC Gallery, karya lukis Kim Il Tae akan dipajang di galeri pribadi milik Jimmy bersama dengan karya-karya seni berkelas koleksinya.

Jimmy mengungkapkan, sejatinya GAC Gallery tidak hanya menampilkan karya-karya seni berbagai aliran saja, namun juga tidak tertutup kemungkinan bekerja sama dengan para seniman Indonesia maupun luar negeri lainnya dalam penyelenggaraan eksebisi atau pameran. “Kmai tidak hanya menampilkan, tapi juga bantu memasarkan atau menjual,” ungkap pria berkulit putih ini. (***)

 

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)