Strategi WIKA Beton Dukung Infrastruktur Melalui Dermaga Apung

 

Setelah sukses dengan struktur segmental box girder bentuk lengkung dengan bentang terpanjang hingga 80 meter tanpa tiang yang digunakan pada proyek Simpang Susun Semanggi Jakarta, PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WIKA Beton) kembali akan meluncurkan hasil inovasi terbarunya di industri beton pracetak.

Inovasi terbaru tersebut berupa dermaga apung beton pracetak yang baru pertama kali diaplikasikan di Indonesia. Setelah melalui serangkaian pengujian, pemasangan perdana untuk uji coba dilaksanakan pada sekitar akhir bulan September 2017 di Pantai Utara Jakarta, berdekatan dengan lokasi Proyek Pengaman Pantai Jakarta. “Ini bagian dari inovasi produk dari WIKA Beton di tahun ini. Kami ingin terus mendukung program pemerintah terkait infrastruktur,” ujar Hadian Pramudita, Presiden Direktur PT Wijaya Karya Beton Tbk.

Dermaga apung ini dapat digunakan oleh kapal-kapal kecil terutama kapal nelayan yang tersebar di hampir seluruh pesisir pantai Indonesia. Hal ini sekaligus memecahkan permasalahan penyediaan dermaga kecil karena terbatasnya pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki pantai terpanjang di dunia yang menjadi pasar potensial yang sangat besar bagi produk WIKA Beton ini di masa mendatang.

Dari hasil usaha hingga semester I/2017 ini WIKA Beton telah membukukan penjualan sebesar Rp 2 triliun dengan target tahun ini sebesar Rp 5,1 triliun. Kontribusi penjualan ke WIKA Group sebesar 24,1%, ditargetkan pada akhir tahun ini mencapai 30%, yang merupakan porsi paling tinggi. Bila menilik ke belakang, kontribusi WIKA Group pada kurun waktu tahun 2013 – 2016 hanya berada pada kisaran 6% – 14,6%. Capaian ini menunjukkan kemampuan WIKA Beton yang bertumbuh tidak tergantung pada induk perusahaan.

Kemampuan WIKA Beton ini didukung oleh 15 lokasi pabrik (2 di antaranya berada di pinggir pantai dan memiliki pelabuhan sendiri) yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga memberikan biaya distribusi yang kompetitif, dukungan kapasitas yang besar memberikan kemampuan untuk men-delivery produk secara tepat waktu, serta dukungan human capital yang kompeten dan berpengalaman sehingga mampu menghasilkan produk yang berkualitas.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)