CEO Interview

CEO Blanja.Com: Tahun 2015 Penjualan Kami Rp600 Miliar

CEO Blanja.Com: Tahun 2015 Penjualan Kami Rp600 Miliar

Memasuki tahun ke-dua, Blanja.com, e-commerce hasil joint venture antara Telkom Group dan e-Bay Inc ini memperlihatkan perkembangan cukup pesat. Bagaiman rencana pengembangan Blanja.com ke depan? Berikut wawancara SWA Online dengan Aulia E. Marinto, CEO Blanja.com.

blanja

Bagaimana perkembangan Blanja.com hingga saat ini, baik dari jumlah transaksi per bulan, jumlah tenant, dll?

Perkembangan bisnis Blanja.com sangat bagus dan kami optimis dapat menjadi pemain e-commerce nomor satu di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang. Dalam kurun waktu kurang dari 12 bulan sejak official launch pada 8 Desember 2014, kami mencatat perkembangan – perkembangan yang sangat positif melalui hasil yang dicapai, antara lain pencapaian total sales sebesar Rp600 miliar pada akhir 2015, pertumbuhan jumlah penjual lebih dari 7000 dan menjual berbagai produk.

Boleh diceritakan bagaimana awal mula didirikannya?

E-commerce merupakan bagian dari strategi Telkom Group yang berkomitmen untuk membangun ekonomi digital Indonesia. Didirikan sebagai hasil joint venture antara Telkom Group dan eBay.Inc dengan konsep mempertemukan penjual dan pembeli dalam satu platform, yang dikenal dengan istilah marketplace. Secara umum industri e-commerce Indonesia masih dalam tahapan awal yang secara otomatis memunculkan tantangan – tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh setiap pemain e-commerce, tak terkecuali Blanja.com.

Seperti apa tantangannya?

Kesadaran para pebinis ritel dalam memahami manfaat platform marketplace untuk mendukung perkembangan pertumbuhan bisnisnya yang belum sepenuhnya tumbuh secara masif, kesiapan infrastruktur logistik atau penghantaran barang yang belum sepenuhnya akurat, cepat dengan biaya yang murah ke seluruh Indonesia serta ketersediaan infrastruktur pembayaran online yang belum sepenuhnya memberikan fleksibilitas baik bagi penjual maupun pembeli.

Bagaimana kerja sama dengan e-Bay?

eBay.Inc telah mengambil peran aktif dalam Blanja.com sejak awal dan akan terus melakukannya. Mereka cukup senang dengan kemajuan kami dan bermitra dengan Telkom.

eBay.Inc berharap kami akan terus tumbuh dan berkembang. Misi kami adalah mendukung penjual lokal untuk memperluas bisnisnya ke pasar internasional melalui situs global eBay.Inc. Operasional CBT eBay.Inc di Indonesia akan ditempatkan dengan baik untuk membantu kami mencapai rencana tersebut.

Boleh dijelaskan mengenai konsep marketplace yang ditawarkan?

Konsep marketplace kami menawarkan ekosistem yang lengkap, aman dan mudah bagi penjual dan pembeli. Penjual dari berbagai jenis dan tipe (UKM, prinsipal, distributor, reseller, individu maupun entitas) dapat dengan mudah dan nyaman memasarkan produknya (branded maupun non-branded produk) melalui Blanja.com.

Sedangkan bagi pembeli dapat berbelanja kapan pun dan dimana pun ditempat yang lengkap, aman dan mudah. Hal-hal tersebut dicapai dan akan terus dikembangkan melalui pengembangan penguatan lima pondasi bisnis blanja.com yaitu talent, category management, teknologi, marketing, dan operation.

Bagaimana cara tenant bergabung? Apa saja syaratnya?

Jika penjual berbadan usaha, syaratnya cukup mempunyai SIUP/TDP, NPWP dan rekening bank. Sedangkan untuk Penjual perseorangan, harus mempunyai KTP/SIM/paspor dan rekening bank. Para penjual boleh menjual apapun kecuali barang palsu, barang bekas dan segala barang yang dilarang oleh hukum negara Indonesia.

Mengapa memilih UKM untuk diajak bergabung?

UKM merupakan pilar pertahanan ekonomi Indonesia, baik saat ini maupun di masa depan. Oleh karenanya kami berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan UKM Indonesia khususnya dalam hal mensolusikan kebutuhan akses pemasaran yang selama ini menjadi salah satu kendala terbesar UKM Indonesia.

Berbagai jenis UKM telah bergabung di blanja.com melalui pendekatan langsung maupun bekerja sama dengan pihak ketiga. Ke depannya, kami akan terus mengedukasi dan mensosialisasikan manfaat e-commerce marketplace secara lebih luas lagi.

Bagaimana strategi untuk terus mengembangkan bisnis e-commerce? Program apa saja yang dilakukan?

Kami akan memanfaatkan penuh kekuatan dan keahlian dari 2 shareholder yaitu Telkom Grup dan eBay.inc melalui implementasi program – program sinergi di area marketing, teknologi dan pengelolaan bisnis

Apa target tahun 2016?

Target 2016 masih kami fokuskan pada penguatan lima pondasi bisnis Blanja.com yaitu talent, category management, teknologi, marketing ,dan operation. Strategi ini untuk dampak marathon dan jangka panjang. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved