CEO Interview

CEO CIMB Niaga: Fokuskan Octopay di Digital Banking

CEO CIMB Niaga: Fokuskan Octopay di Digital Banking
tigor

Menghadapi situasi ekonomi dan perbankan yang mengalami perlambatan, CIMB Niaga jeli mencari peluang di bidang lain. Kali ini, sasarannya adalah layanan virtual credit card dengan Tajuk Octopay. Octopay sendiri merupakan produk keluaran CIMB Niaga yang bekerj asama dengan Mastercard. Dalam Acara launching, SWAonline merangkum wawancara dengan Tigor Siahaan, Presiden Direktur CIMB Naga.

Apa yang membuat CIMB Niaga meluncurkan produk OctoPay?

Octopay merupakan inovasi dari digital banking yang dilakukan oleh CIMB Niaga, setelah produk berbasis digital banking lainnya seperti ATM Ponsel diterima masyarakat dengan baik. Selain itu, CIMB Niaga juga melihat peluang yang cukup besar dalam kegiatan transaksi e-commerce. Namun sayangnya, meningkatnya transaksi e commerce tidak diimbangi dengan pola pembayaran.

Hingga saat ini, pembayaran dalam e commerce hanya melalui kartu debit dan cash on delivery. Menurut kami ini tidak efektif karena tingkat kegagalannya cukup terbuka. Oleh sebab itu, OctoPay dibuat untuk mengatasi masalah masalah belanja online, termasuk mengenai pembayaran.

Konsep dari OctoPay seperti apa?

Octopay dapat dikatakan sebagai Virtual Credit Card. Gabungan dari debit dan credit card yang digabungkan menjadi satu. Pengguna Octopay dapat mengisi saldonya dengan menggunakan rekening CIMB Niaga.

Apa keunggulan Octopay dibandingkan cara transaksi online lainnya?

Selain untuk belanja online, OctoPay juga memiliki fitur lain yakni informasi rekening, transfer uang, pembelian dan isi ulang prabayar serta bayar tagihan. Dengan Virtual Credit Card, nasabah dapat berbelanja online di situs yang menerima pembayaran kartu kredit MasterCard dengan limit sampai dengan Rp10 juta.

Mengenai informasi rekening, fitur yang tersedia berupa ringkasan atas rekening tabungan, deposito, maupun kartu kredit. Untuk transfer uang, fitur OctoPay mempunyai pilihan lengkap, mulai dari transfer langsung tiba (real-time), transfer kliring (SKN), transfer RTGS hingga transfer ke luar negeri (remittance).

Facebookers juga dapat melakukan isi ulang nomor ponsel dan PLN prabayar. Dengan OctoPay, nasabah dapat membayar kartu kredit, PLN, dan beragam tagihan lainnya sembari browsing di Facebook.

Siapa sasaran dari Octopay?

Dari perjalanan yang dilakukan oleh CIMB Niaga, kami terus melakukan Inovasi. Banyak award yang kami terima atas Inovasi yang kami lakukan. Selama ini, CIMB menggaet para pelaku bisnis yang memang sudah memiliki tempat.

Namun seiring dengan perkembangan, kami mulai memperhatikan next customer kami, sehingga kami giat melakukan inovasi. Kami menempatkan perhatian pada future Indonesia, anak muda Indonesia.

Berapa target pengguna Octopay?

Tahun ini target kami sebanyak 50.000 nasabah menggunakan fitur layanan Octopay. Angka ini terdiri dari nasabah lama dan nasabah baru. Namun, tentu saja kami mengharapkan nilai yang lebih tinggi dari ini. Per tahunnya, kami menargetkan industri ini dapat mengalami pertumbuhan hingga double digit growth.

Bagaimana cara menjamin sistem keamanan dari Octopay?

Sistem keamanan tentu saja menjadi sesuatu yang harus kami perhatikan. Untuk Octopay, PIN didapat dengan SMS security karena sifatnya lebih personal karena hanya penerima sms yang bisa mengakses Octopay. Jadi tidak usah khawatir dengan masalah kemanan. Dengan demikian, Octopay dapat memudahkan transaksi ke seluruh aspek

Saat Ini CIMB Niaga dapat dikatakan fokus terhadap digital nanking, bagaimana perhatiannya terhadap traditional branches?

Saat ini memang digital banking lebih mengalami pertumbuhan di CIMB Niaga. Peningkatan pertumbuhan terjadi sebanyak 40% dengan jumlah total 16 juta transaksi. Proyeksi akhir tahun, kami menargetkan terjadi 18,5 juta transaksi. Oleh sebab itu, CIMB Niaga saat ini lebih intens di Digital Banking. Untuk Traditional Brances, tidak akan ditinggalkan. Tetap berjalan seperti biasa.

Apa rencana CIMB Niaga ke depannya?

Kami terus berupaya menjadi customer-centric yang memberikan customer experience bagi para nasabah. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk selalu menempatkan nasabah dan seluruh stakeholders sebagai fokus dalam memberikan produk, layanan, dan proses terbaik. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved