IG Live - SWA Business Leader Talk : Kiat Berinvestasi Logam Mulia di Tengah Pandemi Bagi Investor Pemula

Iwan Dahlan, VP of Precious Metals Sales and Marketing PT Aneka Tambang Tbk (bawah)

Hingga saat ini, investasi emas masih digemari oleh masyarakat karena sifatnya yang likuid atau mudah dicairkan jika ada kebutuhan yang mendesak. Data PT Aneka Tambang (Antam) Tbk, membuktikan dibandingkan pada 2013, penjualan Antam tahun 2019 meningkat 3,5 kali lipat dalam capaian penjualan emas. Logam mulia juga dikenal sebagai salah satu instrumen investasi yang menguntungkan, pasalnya emas bisa menjaga nilai kekayaan sehingga minim risiko.

Lalu, bagaimana kiat berinvestasi logam mulia di tengah pandemi? Berikut cuplikan bincang-bincang SWA dengan Iwan Dahlan,VP of Precious Metals Sales and Marketing PT Aneka Tambang Tbk dalam acara IG Live – SWA Business Leader Talk & Kiat Berinvestasi Logam Mulia di Tengah Pandemi Bagi Investor Pemula.

Apa tujuan dari berinvestasi logam mulia?

Tujuan dari berinvestasi logam mulai yaitu untuk menjaga nilai kekayaan supaya aman dari risiko investasi atau aman dari risiko gonjang-ganjing ekonomi baik dunia maupun domestik.

Apa bedanya investasi perhiasan dan logam mulia?

Semua emas bisa diinvestasikan, namun perhiasan kadar emasnya kecil sehingga ketika dijual kembali harganya akan jatuh. Sementara untuk logam mulia kadar emasnya murni, sehingga ketika dijual kembali harganya tidak jatuh bahkan bisa menguntungkan.

Apakah model logam mulia di Antam bervariasi?

Untuk emas batangan mulai dari 0,5 gram hingga 1 kilogram. Selain itu kami juga memiliki varian lain yaitu emas tematik.

Apa kelebihan dari logam mulia di Antam dan bagaimana legalitasnya?

PT Antam Tbk memiliki tambang dan pabrik sendiri, sehingga asal usul produk dapat dipertanggungjawabkan. Saat ini UBPP Logam Mulia memiliki 15 Butik Emas Logam Mulia (BELM) di 11 kota besar di Indonesia. UBPP Logam Mulia memproduksi satu-satunya produk emas yang memiliki sertifikasi LBMA (London Bullion Market Association) di Indonesia, yang berarti produk emas Antam ini diakui secara internasional, tidak terpapar pencucian uang, tidak terlibat dalam terorisme, tidak mempekerjakan anak dibawah umur. Pelanggan produk emas Antam adalah seluruh lapisan masyarakat indonesia.

Apakah bisa mencicil emas di Antam?

Kalau di Antam tidak mempunyai program mencicil, namun masyarakat bisa membeli logam mulia kemudian disimpan melalui brankas emas di Antam.

Apakah ini peluang yang tepat untuk melakukan investasi emas?

Saat ini masyarakat sudah banyak yang sadar akan investasi emas sehingga biasanya mereka menyisihkan uang tabungannya untuk berinvestasi emas. Sebenarnya tren emas itu selalu naik sehingga sudah banyak yang merasakan ketika tabungannya dikonversi dengan emas contohnya pada bulan Januari harga emas sekitar Rp770.000 dan saat ini sudah meningkat hingga Rp1.030.000.

Bagaimana cara membeli emas di Antam?

Pertama, bisa mendatangi butik Antam namun ketika pandemi covid ini masyarakat bisa membeli emas melalui online www.logammulia.com. Konsumen bisa langsung daftar dan klik mana saja yang mau dibeli. Kemudian, pilih lokasinya. Emas akan dikirimkan melalui logistik partner kami. Selain itu bisa melakukan pembelian melalui WhatsApp untuk pembelian di atas Rp 20 juta, sehingga ini akan memudahkan konsumen untuk membeli emas. Untuk pengiriman emas melalui logistik sudah include asuransi sehingga pengantaran emas sehingga konsumen dijamin aman.

Bagaimana dengan target pasarnya?

Saat ini sudah sekitar 50% dari pembeli kami berasal dari generasi milenial, dan mereka biasanya bertransaksi melalui online ataupun datang langsung ke butik kami.

Bagaimana cara memiliki brankas emas di Antam?

Caranya mudah, pelanggan bisa langsung datang ke butik Antam kemudian menjadi member. Selain itu bisa membeli secara online sesuai kepingan yang kami punya kemudian disimpan dulu di brankas. Adapun biaya brankasnya mulai dari Rp 100 ribu/tahun. Sementara untuk memiliki brankas sudah bisa mulai dari 1 gram emas.

Berapa persen investor harus menyisihkan pendapatannya untuk berinvestasi emas dan apakah saat ini timing yang tepat untuk membeli emas?

Sekitar 10% dari total pendapatan, berinvestasi emas ini bisa meraup keuntungan bukan hanya menjaga nilai saja. Untuk membeli emas kami menyarankan untuk membeli emas kapan saja ketika sudah mempunyai tabungan bisa langsung dikonversi ke emas. Pasalnya emas ini merupakan investasi jangka panjang.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)