Strategi Oracle Menghadapi Tren IT di Masa Mendatang

Sejak 18 Januari 2010 Uday Mathkar didapuk menjadi Country Managing Director untuk Oracle Indonesia. Ia bertanggung jawab untuk memantau keseluruhan operasi perusahaan di Indonesia termasuk pengembangan bisnis jangka panjang, layanan pelanggan, serta hubungan dengan pemerintah dan masyarakat untuk mengembangkan dan menumbuhkan kesempatan bisnis lokal.

Sebelum bergabung dengan Oracle Indonesia, Mathkar adalah Country Manager untuk PT SAS Institute Indonesia. Dalam kariernya tersebut, ia telah memegang berbagai peran sebagai Senior Manager di bidang penjualan, operasi, dan country management. Total, pria berkebangsaan India ini telah mendalami dunia IT selama 28 tahun dengan pengalaman di berbagai negara seperti India, Kenya, UAE, dan terakhir di Indonesia selama 13 tahun.

Dalam acara Oracle Media Roundtable yang diselenggarakan beberapa hari lalu, Sarjana Teknik dari Bombay University ini berbagi pandangan tentang tren IT yang akan terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang serta strategi Oracle dalam menghadapinya. Berikut ulasannya :

DSC_8099

Bagaimana Oracle melihat tren IT di indonesia nantinya?

Oracle sudah 18 tahun di Indonesia dengan berbagai produk dan solusi yang ditawarkan. Menurut kami, produk IT apapun itu yang dapat menangani data (menyimpan dan memprosesnya), di masa mendatang pasti akan semakin dibutuhkan. Selain itu, beberapa tren lainny antara lain teknologi data warehousing dan data analytics.

Strategi apa yang akan dilakukan Oracle di semua lini bisnis untuk menghadapi tren tersebut?

Kami menyiapkan beberapa produk yang akan datang: Exadata – engine system; Exalytics –solusi untuk menganalisa data; Exalogic- solusi untuk integrasi aplikasi; dan aplikasi big data (Big Data Appliances)

Bagaimana perkembangan big data di masa depan, khususnya untuk Asia Pasifik?

Saat ini, jumlah data tumbuh dengan sangat cepat, ditambah lagi dengan makin banyaknya produk yang tersedia yang dapat menumbuhkembangkan jumlah data. Bagaimana cara memanfaatkan data tersebut untuk meningkatkan keuntungan menjadi hal yang sangat menarik bagi perusahaan, karena itu big data akan semakin penting dan berkembang di kemudian hari.

Proactive selling adalah salah satu contoh penerapan big data di masa depan.

Produk apa yang paling relevan saat ini di industri IT?

Mengingat besarnya jumlah populasi di Indonesia, terutama generasi muda, yang menyebabkan besarnya jumlah tenaga kerja, Oracle memiliki beberapa produk yang relevan diantaranya :

Oracle Taleo untuk Human Resources Management (HR) dan Oracle Right Now untuk payroll management. Keduanya untuk Human Capital Management System (HCMS) perusahaan yang membutuhkan kemampuan dalam menangani jumlah data yang berhubungan dengan tenaga kerja yang sangat besar misalnya jamsostek dan bea cukai.

Lalu data management terbaru dengan nama Super Cluster, yang sudah diadopsi oleh beberapa perusahaan besar di indonesia.

Para pelanggan bagaikan raja yang memiliki kasta tertinggi. Kunci utama keberhasilan dalam bidang ini adalah intelligence untuk mengetahui dan menggali wawasan tentang apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh mereka.

Lalu Customer Relationship Management (CRM) mendapat permintaan yang tinggi dari beberapa sektor industri seperti telekomunikasi dan perbankan. Perusahaan-perusahaan di sektor industri ini membutuhkan business analytics yang dapat menganalisa data-data pelanggan dan data transaksi pelanggan untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)