300 Kampung Berseri Astra Menuju Desa Sejahtera

Kampung Berseri Astra Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI Boediarso Teguh Widodo (kanan) dan Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah (kedua kanan) menyaksikan pemakaian rompi oleh Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa PDTT RI Taufik Madjid (ketiga kanan) kepada salah satu fasilitator Kampung Berseri Astra dalam acara kick off Kampung Berseri Astra menuju Desa Sejahtera di Jakarta (20/4).

Selama 61 tahun berdiri, PT Astra International Tbk bercita-cita untuk Sejahtera Bersama Bangsa. Komitmen ini senantiasa diwujudkan dalam bentuk program tanggung jawab sosial (CSR) yang proaktif, terstruktur, dan berkesinambungan. Program CSR Astra menekankan pada bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kewirausahaan.

Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk pengentasan kemiskinan melalui percepatan pembangunan desa, Astra mencanangkan program Kampung Berseri Astra menuju Desa Sejahtera. Program ini fokus pada peningkatan ekonomi berbasis masyarakat dengan mengoptimalkan potensi lokal yang dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat desa melalui pengembangan Prukades (Produk Unggulan Kawasan Pedesaan) sesuai daerahnya masing-masing.

Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah (kiri) menyaksikan penandatanganan perjanjan kerjasama pendampingan pesantren dalam acara kick off Kampung Berseri Astra menuju Desa Sejahtera di Jakarta (20/4).

Hadir dalam acara ini Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI Boediarso Teguh Widodo, Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa PDTT RI Taufik Madjid, perwakilan pemerintah kawasan terdepan, terluar dan tertinggal (3T), perwakilan pesantren, penerima & finalis apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards serta eksekutif Grup Astra.

Dalam sambutannya Dirjen Boediarso mengatakan bahwa program ini hanya dapat tercapai dengan sinergi aktif berbagai pemangku kepentingan. “Seluruh pihak harus bekerjasama, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat desa itu sendiri. Semoga angka desa tertinggal/sangat tertinggal dapat berkurang secara signifikan,” ujar Boediarso.

Dirjen Taufik mengapresiasi hal yang dilakukan oleh Astra. “Astra telah membantu pekerjaan kementerian kami. Harapannya program ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan mengurangi angka pengangguran,” tambah Taufik.

Astra bersama anak perusahaan dan yayasannya akan mengembangkan 300 Kampung Berseri Astra menuju Desa Sejahtera yang tersebar di 100 kabupaten se-Indonesia. Mitra desa binaan Astra ini mencakup 76 Desa di daerah 3T (Kabupaten Mahakam Ulu, Morotai, Biak Numfor, Maluku Tenggara Barat, Rote Ndao, dan Buru), 49 Desa di wilayah pesantren, 16 Desa di wilayah pemenang Satu Indonesia Awards, dan 159 Desa di wilayah operasional Grup Astra dan Yayasan.

Dalam jangka panjang, ketika desa-desa yang sudah dibina dalam pilar kewirausahaan ini dapat menunjukkan prestasi terbaiknya, maka desa ini akan diperkuat juga dengan program pendidikan, lingkungan dan kesehatan dalam skema Kampung Berseri Astra untuk mewujudkan masyarakat desa yang bersih, sehat, cerdas dan produktif.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)