ACT Akan Salurkan Bantuan Pangan Ramadhan ke Masyarakat

Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Beri Ramadhan Terbaik untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Program ini merupakan aksi filantropi yang akan dibuka selama bulan puasa. Dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan untuk membantu masyaraka yang membutuhkan di wilayah Indonesia dan korban krisis kemanusiaan global.

Rini Maryani, Vice President ACT, mengungkapkan, program-program Ramadhan yang dilakukan akan menyasar msyarakat pra sejahtera di Indonesia, dan akan menjangkau para korban krisis kemanusian global, utamanya di daerah konflik. “ Mayoritas program yang kami selenggarakan akan fokus pada kebutuhan pangan selama Ramadhan dan Idul Fitri,” ujarnya.

Di dalam negeri, ACT akan menyelenggarakan program Humanity Food Truck (HFT), yakni layanan truk makanan gratis untuk warga yang membutuhkan. Nantinya, food truck ini akan berkeliling ke wilayah Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat. HFT juga akan menyediakan makanan untuk berbuka puasa gratis untuk masyarakat pra sejahtera. Selain itu, akan ada pula Humanity Food Van, yakni miniatur HFT yang juga akan hadir di 14 kota di Indonesia selama Ramadhan.

Program lainnya, ACT juga mengagas Kapal Ramadhan. Kapal ini akan berlayar ke seluruh pelosok negeri dari Barat hingga Timur Indonesia. “Dalam momentum Ramadhan ini, Insya Allah Kapal Ramadhan akan merangkul mereka yang berada di tepian negeri, untuk mengantarkan paket pangan, berbagai kebaikan, dan menikmati berbuka puasa bersama,” ujarnya menambahkan.

Dia juga menegaskan, kapal ini nantinya akan hadir di titik-titik tepian negeri yang paling membutuhkan. “Kami tidak melihat agama, suku, dan preferensi politik apapun. Kita akan membuktikan Indonesia mampu menyatu, melebur, di antara ramadhan yang penuh kebaikan,” kata dia menegaskan. Untuk program yang diadakan di luar negeri, khususnya di negara yang terdampak krisis kemanusiaan. ACT uga akan menyulai kebutuhan pangan mereka selama Ramadhan. Kebutuhan itu meliputi paket pangan ramadhan, paket iftar, serta paket pangan Idul Fitri.

Menurut Rini, para korban ini hidup dalam keterbatasan tiap harinya. Apalagi bulan Ramadhan ini, kebutuhan  mereka akan semakin mendesak untuk dipenuhi.  ACT akan menyalurkan amanah masyarakat untuk membahagiakan para korban konflik, yang umumnya adalah pengungsi selama Ramadhan,  Rencananya akan ada 8 negara yang disambangi, yakni Palestina, Suriah, Yaman, Somalia, Kashmir, Mongolia, Bangladesh (Rohingya), dan Myanmar.

“Bulan Ramadhan ini, kami akan berikhtiar  untuk meluaskan kebaikan kepada sesame. Untuk itu, kami mengajak masyarakat untuk bersama beri Ramadhan terbaik, baik melalui program Ramadhan kami maupun program reguler lainnya seperti wakaf, zakat, kurban, dan sedekah,” kata dia.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!