Aeon Mall BSD City Tanam 10 Ribu Pohon

Menjelang pembukaan Aeon Mall BSD City, pengembang dan operator pusat perbelanjaan terbesar di Jepang, Aeon Mall Co.Ltd., menggelar festival penanaman pohon bersama (Tree Planting Ceremony) di kawasan Aeon Mall BSD City, Serpong, Tangerang (19/4). Acara yang melibatkan komunitas lokal ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh 1.200 orang, serta dihadiri pula oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, wakil Kedutaan Jepang di Indonesia, Gubernur Provinsi Banten, Rano Karno serta Presiden and CEO Aeon Retail,Co. Ltd. Soichi Okazaki.

AEON-POHON

Acara yang diprakarsai oleh Aeon Enviromental Foundation ini menanam 10 ribu pohon yang terdiri dari 22 spesies tanaman asli Indonesia, mulai dari rambutan, mangga, melinjo hingga saga, di area seluas 3.000 m². Festival penanaman pohon bersama ini merupakan tradisi pendahuluan sebelum pembukaan (grand opening) Aeon Mall BSD City, dengan konsep mall bernuansa Jepang pertama di Indonesia yang akan resmi dibuka pada Sabtu, 30 Mei 2015 mendatang dan dipraktekkan oleh Aeon Mall di seluruh dunia.

Presiden Direktur Aeon Mall Japan Akio Yoshida dalam sambutannya mengungkapkan, ”Aeon Mall BSD City merupakan mall yang memperhatikan lingkungan hidup, dan melalui tradisi penanaman pohon bersama, kami memiliki niat yang tulus untuk membantu pelestarian alam serta memberi kontribusi positif bagi masyarakat lokal. Kami juga berharap aksi ini mampu mendorong seluruh aktivitas pelestarian alam dapat menyebar ke seluruh dunia.”

Kepedulian Aeon Mall terhadap pelestarian alam di Indonesia sendiri telah dilakukan sejak tahun 2011 lalu. Aeon Environmental Foundation sejauh ini telah menanam sekitar 63.000 pohon bakau di rawa-rawa pesisir di Indonesia selama periode tiga tahun sejak tahun 2011.

Penanaman pohon bakau ini tidak hanya bertujuan untuk melindungi daerah pemukiman dan mengatasi hambatan yang terletak di sepanjang pantai utara Jakarta dari banjir dan bencana lainnya, tetapi juga untuk merenovasi pantai dengan memberikan penghijauan di bibir pantai.

Aeon Enviromental Foundation didirikan pada tahun 1990, tidak hanya terlibat dalam berbagai kegiatan untuk melindungi lingkungan, namun juga memberikan dukungan dan bantuan kepada organisasi-organisasi lain yang memiliki tujuan yang sama. Selain di Indonesia, Aeon Enviromental Foundation telah melakukan kegiatan penanaman pohon di berbagai negara lain seperti di Jepang, Cina, Thailand, Malaysia, dan Kamboja.

Pusat Perbelanjaan Ramah Lingkungan

Aeon Mall memiliki program pelestarian lingkungan dengan menanam tanaman asli daerah setempat bertajuk Aeon Hometown Forest Creation. Program ini dimulai di Aeon Malaysia cabang Malacca pada tahun 1991, dan pertama kali dilakukan di Jepang di Jusco cabang Shin Hisai (Prefecture Mie) pada April 1992. Jumlah pohon yang telah ditanam oleh Aeon Environmental Foundation melalui program penanaman pohon (tee planting) ini pada tahun 2013 telah mencapai sebanyak 10 juta pohon.

Aeon Mall BSD City didesain dan dikembangkan ramah bagi lingkungan dan pengunjungnya. Mall yang bernuansa Jepang pertama di Indonesia ini mengusung konsep ‘For Your Smart Living’ yang berarti memberikan one stop service untuk memenuhi kebutuhan berbelanja lengkap bagi seluruh keluarga dan menawarkan beragam fasilitas serta pengalaman berbelanja yang menarik untuk mendukung kehidupan masyarakat yang berkualitas.

“Dalam pengembangannya, Aeon Mall BSD City bekerja sama dengan salah satu pengembang terbesar dan terpercaya di Asia Tenggara, yakni Sinar Mas Land atas nama PT AMSL Indonesia,” jelasnya.

Aeon Mall, pengembang pusat perbelanjaan dari Jepang, bertujuan untuk membangun komunitas masyarakat lokal dengan menyediakan pusat perbelanjaan yang mampu meningkatkan kualitas hidup, menstimulasi kegiatan ekonomi lokal dan berkontribusi pada perkembangan budaya, tidak hanya sekedar menghadirkan berbagai tenant.

Manajemen Aeon Mall mengoperasikan lebih dari 200 mall. Di Jepang sendiri, dari seluruh mall yang ada, 2/3 di antaranya dioperasikan oleh Aeon Mall. Di Indonesia, Aeon Mall menjalankan bisnisnya melalui PT AMSL Indonesia. Hingga tahun 2020, Aeon Mall berencana untuk membuka 20 mall terutama di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)