CSR Corner zkumparan

AHM Mendidik Wirausaha Milenial Sejak SMA

Semangat berwirausaha secara kreatif sedang menjadi tren saat ini, termasuk di kalangan generasi milenial. PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menyeleksi dan mengukuhkan 26 siswa setingkat SMA sebagai wirausaha muda cerdas, kreatif dan berbakat melalui rangkaian grand final AHM Best Student (AHMBS) 2018.

Seleksi final terhadap para wirausaha muda milenial peserta AHMBS 2018 diselenggarakan di Jakarta. Mereka mewakili generasi milenial berprestasi di Indonesia yang melewati proses kompetisi ketat secara berjenjang yang diikuti sebanyak 353 siswa kelas XII SMA/SMK/Madrasah Aliyah dari 241 sekolah di seluruh Indonesia. Dibantu jaringan main dealer sepeda motor Honda, para pebisnis milenial ini beradu kreativitas bisnis di tengah komitmen mereka menimba berbagai ilmu sekolah masing-masing.

Memasuki tahun pelaksanaan ke-16, AHMBS 2018 mengusung tema “The Millenial Race of Young Entrepreneur”. Identitas ini menegaskan AHMBS sebagai kegiatan yang sangat kompetitif dengan peserta terbaik, yakni wirausaha kreatif yang lahir dari generasi milenial dan memiliki karakter khas, yaitu kreatif, percaya diri, serta akrab dengan teknologi khususnya media sosial.

Dalam proses penjurian final di Jakarta, karya 26 siswa terbaik diverifikasi tim AHM bersama PPM School of Management. Semua siswa wajib melakukan presentasi di hadapan dewan juri. Penilaian juri meliputi beragam aspek, yaitu kreativitas bisnis, kinerja bisnis, pemanfaatan media sosial, prospek bisnis, kegigihan dalam mengembangkan usaha bisnis, dan kemampuan memaparkan bisnisnya hadapan dewan juri.

Dari hasil presentasi 26 wirausaha muda AHMBS, dipilih enam finalis juara, yaitu 5 siswa terbaik hasil dari seleksi dan satu siswa yang berhasil meraih Golden Ticket. Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini AHMBS memberi apresiasi khusus bagi siswa yang banyak mempromosikan usahanya melalui media sosial. Peserta dengan like terbanyak, serta penilaian kualitas dan kreativitas video terbaik mendapatkan Golden Ticket yang berhak langsung mengikuti babak seleksi finalis, tanpa mengikuti tahapan seleksi presentasi.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, mengatakan, semangat generasi muda merupakan aset bangsa yang harus cerdas dan kreatif, sehingga dapat berkontribusi signifikan terhadap kemajuan bangsa. Oleh karena itu, AHMBS tahun ini semakin fokus mendukung kreativitas siswa SMA yang menjalankan bisnis dengan manfaat luas untuk masyarakat sekitarnya. ”Kami ingin berkontribusi agar bangsa ini dapat melahirkan jutaan pengusaha muda kreatif dan mandiri yang akan menopang perekonomian nasional dari sektor informal. Kami harap karya siswa peserta AHMBS ini akan mendorong lahirnya wirausaha muda kreatif sekaligus menumbuhkan semangat enterprenuer di kalangan generasi muda,” ujarnya.

AHM memberikan pembekalan lanjutan bagi para peserta. Bukan hanya dalam proses penjurian final, namun AHM juga memberikan pengayaan ilmu wirausaha untuk mendukung pengembangan bisnis para siswa kedepannya. Kali ini, dihadirkan pengusaha muda yang pernah menjuarai AHMBS periode sebelumnya yaitu Muhammad Assad yang banyak memanfaatkan media sosial dalam mengembangkan usahanya. Jawara AHMBS ini berbagi cerita yang diharapkan dapat menginspirasi para peserta AHMBS 2018.

Untuk menciptakan fondasi network yang kokoh antar peserta AHMBS di masa mendatang, AHM mengemas program ini dengan mengajak anak-anak muda milenial ini menaklukkan tantangan kelompok yang dikemas dalam aktivitas AHMBS Amazing Race di Sentul, Bogor. Kegiatan ini bertujuan melatih kerja sama, kemampuan memecahkan masalah, dan kreativitas bisnis.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved